7 Cara Optimasi SEO di Instagram

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Optimasi SEO di instagram dikenal sebagai cara untuk meningkatkan peringkat mesin pencari Anda dan meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda. Tapi tahukah Anda bahwa teknik SEO juga bisa diterapkan pada media sosial Instagram?

Dengan teknik SEO ke Instagram dapat membantu Anda mengembangkan akun Instagram brand Anda, meningkatkan jangkauan dan peluang audiens Anda untuk terlibat dengan brand Anda. Menerapkan optimasi SEO di Instagram akan membantu Instagram Anda muncul di peringkat teratas mesin pencari Instagram. Oleh karena itu, Instagram bisnis mudah ditemukan oleh pengikut jika mereka terkait dengan bisnis Anda.

Tertarik dengan 7 cara optimasi SEO di Instagram? Tenang saja, di artikel ini kami akan menjelaskannya secara lengkap. Yuk, simak saja artikel ini sampai habis!

Apa itu Instagram SEO?

Instagram SEO adalah proses mengoptimalkan konten Instagram. Tujuannya adalah untuk meningkatkan peringkat profil Instagram Anda di hasil mesin pencari Instagram.

Menerapkan Instagram SEO memudahkan calon pengikut menemukan konten Anda. Semakin mudah ditemukan profil Instagram Anda, semakin banyak manfaat yang Anda dapatkan. Dari meningkatkan brand awareness hingga pengikut yang berkembang hingga keterlibatan konten yang meroket.

Tentu saja, dalam bisnis, followers ini adalah yang membawa Anda ke pelanggan Anda. Ada banyak manfaat dari SEO Instagram, bukan?

7 cara optimasi SEO di Instagram

Optimalkan profil Instagram

Langkah pertama dalam menerapkan teknik SEO Instagram adalah mengoptimalkan profil Instagram Anda. Ini dasar dan harus dilakukan untuk lebih meningkatkan pengalaman pengguna terhubung dengan brand Anda.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengoptimalkan profil Instagram Anda.

  • Jadikan profil Anda public.
  • Pilih gambar profil yang berwarna namun sesuai dengan brand Anda.
  • Buat nama username yang mudah dikenali dan dicari.
  • Daftarkan akun Instagram Business.
  • Tautan yang dapat diverifikasi ke profil Anda.

Sertakan kata kunci utama pada username dan display

Coba masukkan kata kunci utama atau prioritas dari merek atau bisnis Anda di username dan display name akun Instagram Anda.

Alasannya karena Instagram memiliki fitur pencarian yang bekerja seperti mesin pencari Google. Saat pengguna mencari sesuatu dalam fungsi tersebut, akun pertama yang ditampilkan adalah akun dengan kata kunci target di username atau display name akun Instagram.

Misalnya, jika Anda memasukkan kata kunci “travel” ke dalam fungsi pencarian Instagram, Instagram akan menyarankan akun dengan kata kunci “travel” di nama pengguna atau nama tampilannya.

Optimalkan bio akun Instagram Anda untuk mesin pencari

Teknik SEO Instagram selanjutnya adalah mengoptimalkan bio akun Instagram Anda untuk hasil pencarian. Caranya adalah dengan meletakkan kata kunci turunan di bio akun Instagram Anda.

Perhatikan juga panjang bio Anda. Mirip dengan deskripsi meta description Google, bio Instagram memiliki batasan karakter.

Gunakan alt text

Instagram telah menerapkan fitur alt text di aplikasinya, yang memungkinkan pengguna menambahkan alt text ke gambar yang mereka unggah. Seperti teknik SEO umum, menambahkan alt text ke postingan gambar adalah cara lain untuk mengoptimalkan Instagram.

Menambahkan alt text ke foto Instagram memiliki beberapa fitur seperti:

  • Misalnya, ini membantu pengguna memahami apa itu foto ketika Instagram gagal memuat foto atau pengguna tidak dapat melihat foto karena alasan penglihatan.
  • membantu algoritme Instagram memahami tentang apa foto Anda. Instagram menggunakan teknologi pengenalan gambar untuk melihat apa yang ada di dalam foto dan menunjukkannya kepada orang-orang yang menyukai jenis konten tersebut.
  • membantu Anda memastikan foto yang Anda unggah ke Instagram dapat ditemukan di mesin pencari di luar Instagram.

Anda dapat menemukan opsi  alt text dengan mengklik bagian advanced setting di bagian bawah layar sebelum Anda membagikan foto Anda.

Gunakan kata kunci pada hashtag

Perlu diingat bahwa pada dasarnya tidak semua audiens melihat langsung ke Instagram Anda. Mereka mungkin menemukan Instagram Anda melalui tagar yang muncul di postingan tertentu.

Inilah mengapa salah satu teknik SEO Instagram lainnya adalah dengan mengoptimalkan penggunaan hashtag di setiap postingan Instagram. Perlakukan hashtag ini seperti kata kunci yang biasa Anda gunakan untuk optimasi SEO

Tambahkan tagar khusus yang dibuat berdasarkan nilai dan citra merek Anda, serta tagar lain yang terkait dengan gambar Anda. Dengan cara ini, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk menarik audiens yang lebih luas dan lebih beragam.

Sertakan kata kunci pada caption

Bahkan jika Anda memasukkan kata kunci ke dalam hashtag, jangan lupa untuk menyertakan kata kunci turunan atau terkait dalam caption text posting Instagram Anda.

Ini diperlukan karena area caption Instagram bertindak seperti judul artikel dalam teknik SEO. Jadi daripada hanya fokus membuat caption yang menarik, sebaiknya Anda juga menyertakan beberapa kata kunci untuk hasil optimasi yang maksimal.

selalu pantau dengan analitik

Sama seperti menerapkan teknik SEO ke situs web Anda, Anda juga harus melacak kinerja akun Instagram Anda dengan strategi media sosial yang Anda rancang.

Analisis peforma akun Instagram Anda untuk menyusun strategi pengoptimalan konten Instagram Anda di masa mendatang. Untuk melakukan ini, gunakan kemampuan analitik platform dan alat lain seperti Hootsuite, Sprout Social, dan lainnya.

Selain beberapa tips teknik SEO Instagram di atas, berhati-hatilah untuk menggunakan teknik yang tidak melanggar peraturan yang ada ya, karena Instagram dapat menindak akun yang mencoba melakukannya. Hal-hal yang harus dihindari termasuk mencuri konten, menggunakan bot, mengikuti terlalu banyak akun terlalu cepat, membeli pengikut, dan mengetikkan terlalu banyak kata kunci.

Jika Anda sudah familiar dengan tips dan trik SEO Instagram di atas, sekarang saatnya untuk Anda mempraktikkannya.