Dengan pesatnya perkembangan teknologi, para pelaku bisnis kini berinteraksi dengan pelanggannya tidak hanya secara langsung(visual) saja, tetapi juga melalui berbagai akun pada media sosial. Hubungan antara pelaku dengan pelanggan umumnya disebut dengan customer engagement (customer retention). Sayangnya, tidak semua pelaku bisnis mengerti tentang pengertian dan cara meningkatkan customer engagement. Apabila Anda ingin memahami lebih lanjut tentang dunia bisnis, terutama pada customer engagement ini, yuk simak pernyataan di bawah ini!
Pengertian customer engagement
Customer engagement merupakan ikatan emosional yang terdapat di antara pelanggan dan brand. Ikatan ini berawal dari percakapan yang dimiliki oleh pelanggan dengan brand melewati bermacam-macam saluran, misalnya media sosial, forum komunitas, website, dan lain-lain. Customer engagement biasanya dipakai untuk menampilkan ikatan yang berkelanjutan yang telah dimiliki suatu brand pada tiap-tiap pelanggan. ikatan yang kuat bisa menciptakan loyalitas pelanggan, kepercayaan, dan beberapa peningkatan yang lainnya dalam waktu jangka panjang.
7 Cara meningkatkan customer engagement
- Tambahkan pelanggan ke jaringan Anda.
Setelah Anda memastikan media sosial Anda aktif dan Anda dapat menjangkau pelanggan Anda, cukup tambahkan mereka ke jaringan Anda. Pelanggan dapat ditambahkan ke grup resmi menggunakan Whatsapp, Line, atau Telegram. Dari sana, Anda dapat memberikan pembaruan tentang produk terbaru, promosi harga, atau program diskon untuk hari tertentu. Oleh karena itu, pengelolaan pelanggan yang cermat merupakan salah satu ciri untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.
- Meningkatkan kualitas konten.
Tentu saja, melihat aktivitas media sosial bisnis Anda akan membuat pelanggan Anda berharap untuk menerima konten berkualitas setiap hari. Jangan jatuh untuk informasi produk atau kampanye pengurangan harga. Anda juga bisa menawarkan kuis, tebakan, atau hadiah. Anda dapat memilih kapan unggahan Anda dipublikasikan ke media sosial. Selain itu, Anda bisa mengukur apakah konten tersebut diterima dengan baik atau hanya biasa-biasa saja. Sehingga Anda bisa mengetahui perilaku pelanggan Anda.
- Bagikan konten terbaru di media sosial.
Jika “target pasar” perusahaan Anda adalah generasi Milenial, mengunggah konten baru dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan. Sebagai aturan, anak-anak milenial sangat up-to-date dengan berita dan topik viral yang sedang dibahas, dan konten lain yang terkait dengan gaya hidup mereka.
- Sediakan wadah bagi pelanggan untuk merekomendasikan produk.
Salah satu sub dimensi Customer Engagement adalah dengan menyediakan platform bagi pelanggan untuk mengunggah testimonial tentang produk yang mereka gunakan yang secara tidak langsung terlihat menghargai suara pelanggan. Selain itu, program testimonial dan peringkat memungkinkan pelanggan untuk berbagi pengalaman produk mereka sambil membangun kepercayaan pada calon pelanggan baru untuk segera mencoba produk tersebut.
- Mintalah umpan balik pelanggan secara teratur.
Tidak ada produk atau layanan yang sempurna. Jika Anda ingin membuat pelanggan Anda senang, jangan ragu untuk meminta pendapat mereka dan beri mereka kesempatan untuk memberikan pendapat mereka. Semakin banyak masukan yang Anda terapkan ke dalam produk atau layanan Anda, semakin banyak pelanggan yang secara alami akan menjadi loyal kepada Anda.
- Fokus pada pengalaman pelanggan.
Keterlibatan pelanggan meningkatkan pengalaman positif pelanggan. Pengalaman positif meningkatkan kepuasan pelanggan. Inilah sebabnya mengapa cara meningkatkan customer engagement, perusahaan harus fokus pada kepuasan pelanggan agar berhasil. Tentu saja, semakin tinggi nilai kepuasan pelanggan, semakin lama kerja sama dengan pelanggan.
- Pertimbangkan konsep psikologi pemasaran.
Terapkan prinsip-prinsip psikologi pemasaran untuk menarik lebih banyak pelanggan. Psikologi pemasaran adalah cabang ilmu untuk memahami psikologi pelanggan dalam memandang suatu produk yang ditawarkan hingga akhirnya mereka memutuskan untuk membelinya. Konsep psikologi pemasaran dapat diterapkan pada strategi pemasaran dan promosi produk melalui website, media sosial, dan lainnya. Menerapkan psikologi pemasaran memudahkan merek untuk memahami perilaku, preferensi, kebiasaan, sifat, dll. yang diminati pelanggan sebelum mereka dengan percaya diri membeli suatu produk.
Dari penjelasan di atas, Anda dapat mengetahui dan memahami bahwa customer engagement merupakan ikatan yang terjalin dari komunikasi antara brand dengan para pelanggan. customer engagement tidak hanya dianggap penting untuk meningkatkan ikatan antar pelanggan, tetapi juga bisa meningkatkan loyalitas dan meningkatkan penjualan. Terdapat beberapa hal yang bisa Anda terapkan dalam meningkatkan customer engagement. Salah satunya yaitu dengan menerapkan 7 cara di atas. Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai artikel diatas Anda bisa mengunjungi akun media sosial kami.