7 Alasan Pentingnya Memakai Hashtag

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Apakah kalian sering menggunakan hashtag dalam sosial media? Hastag berupa frasa yang diawali dengan tagar (#) ditulis tanpa menggunakan spasi, seperti #holiday. Hashtag biasanya digunakan di platform, seperti Instagram dan Twitter. Tak dipungkiri hashtag ini  sangat berguna dan menjadi hal yang krusial untuk mengembangkan ketertarikan dari platform sosial media kalian. Namun, tagar ini tidak sembarangan karena untuk menarik orang bisa membuat tagar yang mudah diingat orang. Hal ini juga dapat membantu kalian dalam mempromosikan suatu produk atau layanan yang sedang kalian buat. Jadi, masih ingin tahu alasan pentingnya penggunaan hashtag ? simak berikut ini:

Memudahkan User untuk Mencari

Orang – Orang sering menggunakan hashtag ini pastinya untuk memudahkan mencri sesuatu. Jadi, hashtag ibarat ndeks layaknya kata kunci di media sosial. Misalnya, kalau kalian mencari kaos berwarna hitam , kemudian kalian bisa mengetik “#kaoshitam. Kemudian kalian bisa mencari yang sesuai dan menemukan beberapa toko online. 

Jadi, hashtag ini membuat user mudah untuk hal tersebut. Di sisi lain, para penjual menggunakan hashtag untuk memasarkan produk kalian sebagai penjual. 

 

Tagar Membantu Pengguna Memahami Posting Kalian

Sosial media mungkin tempat yang berisi banyak pengguna dan banyak postingan. Membuat orang menghabiskan waktu membaca atau melihat postingan kalian secara mendetail tidaklah mudah. Pengguna biasanya memindai feed dan mencari posting yang paling relevan bagi mereka pada titik waktu tertentu. Menggunakan tagar yang tepat dapat membantu pengguna dengan cepat memahami tentang apa postingan mengenai kalian. Terkadang, ini bisa berarti perbedaan antara seseorang yang berhenti untuk membaca posting milik kalian (& berpotensi mengklik untuk mempelajari lebih lanjut) & seseorang yang hanya menggulir melewatinya tanpa melihat sekilas.

 

Pengelompokan Konten

Sebagai penjual biasanya mengkategorikan produk yang dijual sesuai dengan jenisnya di dalam toko untuk memudahkan konsumen mencari produk yang dicari. Hashtag ini bisa memudahkan mengkategorikan hal tersebut. Jadi, kalian sebagai penjual memasukan produk dengan hashtag yang memiliki kesamaan jenis dan spesifikasi. Sebelum hal tersebut, kalian bisa melakukan riset yang terdahulu untuk mencocokan hashta dengan produk atau layanan kalian. 

 

Menjaring Pelanggan

Saat kalian berpromosi dengan menambahkan hashtag yang cocok dengan produk kalian, maka dapat menjaring banyak pelanggan karena kembali lagi hashtag memudahkan untuk mencari sesuatu. Kalian sebagai penjual bisa mendapat pelanggan baru pula.

 

Menjelaskan konten Kalian

Foto yang bagus adalah kunci sukses di media sosial dan tidak boleh diabaikan. Pastikan kalian menggunakan tagar hebat yang menggambarkan foto kalian secara akurat sehingga kalian dapat ditemukan oleh orang-orang yang menelusuri konten yang serupa dengan milik kalian.

 

Menemukan pesaing kalian

Bagaimana kalian ingin meneliti pesaing kalian di Instagram? Gunakan hashtag! Cari yang paling sering digunakan pesaing dan lihat isinya. kalian juga dapat melihat posting teratas dari akun ini untuk mengetahui di mana audiens mereka paling suka.

 

Mendapatkan Feedback

Penting untuk mendengarkan dan merespons ketika pengikut memiliki sesuatu yang mereka butuhkan dari kalian. Tagar memungkinkan kalian melacak masukan dan umpan balik pelanggan dengan mudah. Mereka sangat bagus untuk mengumpulkan opini tentang promosi, acara, dan banyak lagi. Mempertimbangkan masukan ini akan memastikan bahwa halaman Instagram kalian beroperasi dengan lancar tanpa hambatan di sepanjang jalan!

 

Hashtag ternyata perlu ya untuk mengenalkan, mempromosikan, dan mengkategorikan sebuah produk. Namun, membuat ini tidak mudah karena hashtag yang bagus bisa mudah di ingat oleh pengguna. Jadi, kalau kalian masih kepo tentang ini dan branding bisa mengunjungi sosial media DIGIMA untuk informasi lebih lanjut dan semoga artikel ini membantumu ya!