4 Cara Mudah Membuat Headline Menarik!

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menarik perhatian pelanggan. Salah satunya adalah melalui copywriting. Copywriting merupakan cara yang paling ajaib. Hanya dengan konten dan tulisan, Anda bisa menarik banyak peminat.

Apalagi bila Anda adalah pebisnis online. Teknik copywriting merupakan hal yang harus Anda pahami dan kuasai. Selain untuk menyuguhkan keunggulan produk atau layanan milik Anda, bisnis Anda akan terlihat lebih menarik dibandingkan competitor lainnya.

Salah satu bentuk penerapan copywriting adalah pembuatan headline pada sebuah konten. Konten yang dibagikan pada berbagai platforms ditujukan untuk menarik perhatian audiens. Audiens akan tertarik pada sebuah konten hanya dengan melihat sebuah headline saja. Headline merupakan bagian yang penting dan harus direncanakan dengan baik. Hal ini disebabkan headline adalah hal pertama yang akan dibaca oleh pengunjung. Dengan begitu, Anda harus membuat headline yang menarik, sehingga pengunjung jadi tertarik untuk menelusuri website Anda.

Berikut ini 4 langkah yang bisa Anda gunakan untuk membuat headline yang menarik.

 

Langkah 1: Mengenali siapa pembaca atau audiens kamu dengan sungguh-sungguh.

Anda harus meluangkan waktu untuk menentukan kriteria pengunjung yang akan datang ke situs web Anda. Apabila sudah ditentukan, selanjutnya Anda harus mencari tahu beberapa hal berikut.

  • Apa yang membuat mereka tergerak?
  • Hal spesifik apa yang sering mereka cari?
  • Apa yang sering mereka bagikan?
  • Siapa yang mereka ikuti?

Dengan pertanyaan di atas, Anda akan semakin mengenali target audiens. Setelahnya akan mudah bagi Anda untuk menyusun headline yang menarik perhatian mereka.

 

Langkah 2: Ketahui platform kesukaan target audiens

Setelah mengenali bagaimana karakteristik target audiens, selanjutnya Anda perlu mencari tahu di platform mana mereka sering berselancar. Dengan begitu Anda bisa menyesuaikan bentuk headline di platform tersebut.

 

Langkah 3: Temukan elemen emosi audiens

Salah satu cara paling mudah agar audiens tertarik adalah dengan menjangkau emosi audiens. Bagaimana caranya? Anda bisa mengikuti mereka di media sosial dan analisis apa yang mereka bagikan. Catat pola dalam kata atau frasa yang sering muncul dalam topik, tautan, headline, yang paling sering mereka bagikan. Dengan begitu Anda akan tahu emosi apa yang bisa ditargetkan.

 

Langkah 4: Tambahkan elemen emosi berlapis-lapis

Sebagai copywriter pemula, tidak apa-apa memulai dengan headline yang hambar. Terus perbaiki headline-mu dengan menambah lapisan emosi di dalamnya. Terus lakukan percobaan hingga headline-mu berhasil.

Memasukkan elemen emosi pada headline terbukti dapat meningkatkan click-through rate. Hal ini sudah pernah dibuktikan oleh Neil Patel, pendiri UberSuggest. Ketika elemen emosi ditambahkan, terjadi 40% peningkatan pada click-through rate. Hal ini menunjukkan bahwa headline tersebut telah menggugah emosi dan kebutuhan emosional pembaca.

Berikut macam-macam emosi yang bisa kamu tambahkan:

  • Kagum
  • Marah
  • Cemas
  • Takut
  • Senang
  • Nafsu
  • Terkejut
  • Shock

 

Berikut contoh headline mulai dari hambar hingga ditambahkan elemen emosi.

Headline hambar Cara Mendapat Lebih Banyak Follower di Media Sosial Kamu
Headline rasa penasaran Mengapa Followermu Tidak Mengalami Peningkatan?
Headline dengan rasa cemas Followermu Tidak Bertambah? Waspada Terjadi 5 Hal Ini!
Headline kagum Lakukan 3 Cara Ini untuk Meningkatkan Follower Dalam Seminggu!

 

Itulah pembahasan mengenai langkah-langkah pembuatan headline secara mudah. Keempat langkah tersebut bila diterapkan dengan baik akan menghasilkan headline yang dapat memancing banyak audiens. Ilmu membuat headline merupakan ilmu yang bisa dikuasai. Kamu hanya membutuhkan pemahaman tentang alasan yang membuat seseorang membagikan konten. Mulai dengan membuat headline hambar kemudian ubah menjadi 5 jenis headline yang sudah ditambahkan elemen emosi.