5 Tools Penting Untuk Copywriter

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Seorang copywriter biasanya membutuhkan alat atau tools untuk membantu dalam job copywriting. Berbagai alat copywriting yang tersedia yang dapat membantu Anda menemukan inspirasi untuk salinan iklan Anda, mendukung proses penulisan kreatif Anda, dan memvalidasi salinan iklan yang Anda buat. Untuk membantu Anda memulai, berikut rekomendasi tools yang dibutuhkan copywriter.

 Copywritely

Copywritely adalah perangkat lunak analisis konten SEO yang memiliki banyak fitur berguna untuk menulis segala jenis salinan. Tools yang dibutuhkan copywriter ini dapat mendeteksi masalah dan membantu Anda menulis ulang kalimat, sementara pemeriksa tata bahasa menyoroti kesalahan tata bahasa Anda. Selain itu, Anda dapat memasukkan salinan Anda ke penghitung kata untuk melihat berapa banyak yang telah Anda tulis dan untuk menghitung frekuensi kata Anda.

Grammarly

Grammarly Premium adalah salah satu tools yang dibutuhkan copywrter terbaik untuk digital marketer yang membuat tulisan untuk iklan atau posting blog. Grammarly Premium mengevaluasi konten Anda secara otomatis untuk ejaan dan tata bahasa, keterbacaan, keringkasan, kosakata, dan bahkan memeriksa plagiarisme untuk membantu Anda menghindari masalah duplikat konten. Jika Anda melakukan copywriting di aplikasi itu sendiri, Anda sebenarnya dapat meningkatkan keterampilan menulis Anda saat Anda menerima umpan balik waktu nyata tentang kualitas pekerjaan Anda. Grammarly Premium dapat  mengoreksi pekerjaan Anda jika ada sesuatu yang terlewat.

Hemingway Editor

Kemudian tools yang dibutuhkan oleh copywriter aplikasi hemingway editor. Aplikasi Hemingway Editor dalah alat copywriting lain yang membantu Anda mengevaluasi dan meningkatkan tulisan Anda secara real-time. Saat Anda membuat salinan di Editor Hemingway, Anda akan mendapat manfaat dari umpan balik instan tentang kualitas, aksesibilitas, keringkasan, dan keterbacaan pekerjaan Anda. Aplikasi ini secara otomatis menyoroti kesalahan menggunakan skema warna yang akan Anda pelajari dengan cepat, mengidentifikasi peluang bagi Anda untuk memperbaiki kesalahan atau meningkatkan salinan Anda dengan kalimat yang lebih sederhana dan lebih ringkas.

Thesaurus

Thesaurus adalah salah satu situs web yang dapat dijadikan tools yang dibutuhkan copywriter untuk mencari sinonim (kata yang berbeda, arti yang sama) atau antonim (kata-kata dengan arti yang berlawanan) dari kata apa pun yang mereka pilih.  Pilihan kata sangat penting dalam copywriting, baik untuk berkomunikasi secara efektif dan memunculkan respons emosional dari audiens target. Ada dua cara pemasar digital dapat menggunakan tesaurus untuk membantu hal ini:

Sinonim – Sinonim adalah kata-kata yang berbeda dengan arti yang sama. Pemasar dapat mencari sinonim untuk menemukan versi kata yang paling jelas atau merangsang yang menyampaikan konsep yang diinginkan. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan judul dan deskripsi Anda saat membuat salinan iklan.

Antonim – Menyajikan kata di samping kebalikannya menciptakan kontras, yang menarik perhatian pengguna dan mendorong keterlibatan.

Wordcounter

Jika Anda menginginkan alat yang cepat dan mudah yang memungkinkan Anda memeriksa karakter dan jumlah kata, Anda perlu memeriksa wordcounter.io. Ini tidak hanya akan menunjukkan kepada Anda jumlah saat ini, tetapi juga akan memberi tahu Anda bagaimana Anda masuk ke dalam batas karakter situs populer seperti Twitter, Facebook, atau Google. Semua itu sambil memeriksa ejaan dan tata bahasa Anda juga. 

Itulah beberapa alat atau tools yang dibutuhkan oleh copywriter. Selain itu, Anda bisa menguak informasi di DIGIMA. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda ya.