Membuat copywriting dengan menarik merupakan suatu keharusan. Copywriting merupakan suatu aktivitas menulis teks yang diperlukan pada saat mempromosikan produk atau layanan, karakter(tokoh), pikiran, maupun opini. Menjadi seorang copywriter tentu tidaklah gampang. Jika Anda ingin atau sedang menjadi seorang copywriter, Anda pastinya membutuhkan keterampilan menulis khusus. Juga, suatu kemampuan untuk memilih kata, mengatur tata bahasa, dan mengeditnya. Di bawah ini terdapat pengertian dari copywriting dan 5 cara dalam membuat copywriting yang menarik.
Pengertian copywriting
Copywriting merupakan suatu bentuk teks yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Seseorang ysng berspesialisasi dalam menulis copywriting disebut copywriter. Seorang copywriter mempunyai tujuan utama yaitu membuat orang supaya segera mengambil tindakan, contoh sederhananya yaitu membeli produk atau pelayanan, menekan tombol tertentu, mengisi alamat email, maupun hal-hal yang lainnya. Copywriting tidak hanya membantu Anda sebagai seorang copywriter dalam menjual atau mempromosikan produk dan layanan Anda, tetapi juga mempunyai berbagai manfaat yaitu meningkatkan brand image yang baik untuk produk Anda, dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
5 Cara membuat copywriting yang menarik
Dalam pembuatan teks copywriting, terdapat 5 cara yang dapat Anda terapkan supaya copywriting Anda terlihat lebih menarik. Berikut ini cara-caranya:
Ketahui jenis produk yang sedang Anda tawarkan
Jika Anda menginginkan calon pelanggan membeli produk atau menggunakan layanan yang sedang Anda promosikan, cara pertama yaitu miliki pengetahuan yang tepat mengenai produk atau layanan Anda. makanya, teliti lebih dahulu produk apakah yang terlaris dari detail dan manfaat yang diperoleh calon pelanggan ketika membeli produk atau memakai layanan Anda. jangan lupa untuk memahami keunggulan dan kelemahan dari produk yang Anda promosikan. Hal ini akan membantu Anda dalam memutuskan cara mana yang tepat pada bentuk pembuatan copywriting produk Anda.
Memahami target pasar untuk copywriting promosi produk Anda
Cara ini mempunyai dua strategi tersendiri. Strategi pertama yaitu pahami tentang produk yang sedang Anda promosikan. Apakah produk tersebut menarik bagi sejumlah besar pelanggan, atau kompetitif dengan pesaing? Strategi yang kedua yaitu bagaimana produk tersebut dapat dipasarkan? Atau apakah hal tersebut dapat di promosikan melewati ilustrasi gambar tambahan atau harga promosi? Serta strategi yang terpenting yaitu elemen-elemen yang perlu dikembangkan berdasarkan strategi yaitu produk itu sendiri, pelanggan, pangsa pasar, dan metode penyampaian.
Tetap fokus pada fitur dan kegunaan
Cara selanjutnya yang umum dipakai dalam copywriting yaitu fokus pada manfaat produk atau layanan Anda. hal ini merupakan suatu kalimat yang dapat dimulai dengan detail pada fitur produk dan hal-hal yang bisa dilakukan oleh produk. Selanjutnya, Anda juga dapat menjelaskan bagaimana produk tersebut dapat berguna bagi pelanggan. dengan menggunakan cara ini. Anda dapat menyimpulkan fitur dan kegunaan yang akan diperoleh pelanggan dari pembelian produk. Misalnya dengan tambahan kalimat, “produk ini bisa membuat Anda…. jadi Anda akan…..”.
Terapkan copywriting yang mempunyai ritme supaya terlihat menarik
Dalam konteks ini, Anda harus mencoba memakai frasa yang berirama yang sama di akhir frasa. Ini seperti puisi, tapi sebenarnya tidak. Copywriting dengan berirama dan berima yang seperti ini akan mengguncang calon pelanggan seolah-olah mereka berkata, “kalimat yang Anda gunakan sungguh indah”. Walaupun terkadang seseorang yang membeli produk atau layanan Anda tidak sebetulnya tidak benar-benar ingin membelinya. Tapi, karena mereka tertarik dan menyukai teknik copywriting Anda, jadi mereka tertarik dan langsung membelinya.
Pemilihan judul yang menarik
Judul yang menarik akan mendorong calon pelanggan untuk membaca hingga akhir. 80% dari 100% orang hanya akan membaca judulnya dan hanya 20% yang langsung membaca isinya. Makanya, sebaiknya Anda memilih judul menarik yang akan mendorong calon pelanggan Anda untuk membaca produk atau layanan yang sedang Anda promosikan.
Itulah 5 cara dalam membuat copywriting yang menarik. Sebenarnya, mengetahui cara-cara di atas saja tidak cukup bagi Anda. Ada baiknya jika Anda memperbanyak latihan dalam meningkatkan copywriting Anda. Tunggu apa lagi? Yuk, mulai dari sekarang!