Mungkin anda pernah memperhatikan bahwa artikel – artikel dari website seperti BuzzFeed dan Upworthy mendapat banyak klik, views, dan pengunjung website. Apa kira – kira alasannya? Satu faktor yang berhasil membantu mereka mendatangkan banyak pengunjung website adalah mereka memiliki judul atau headline artikel yang menarik dan engaging. Hal pertama yang dilihat seseorang saat melihat konten adalah judul. Judul konten adalah faktor penting dalam menjual sebuah konten. Bagi anda pemilik website e – commorce, calon pelanggan anda akan membuat kesan pertama mereka tentang brand anda dari headline yang anda gunakan. Tujuan utama sebuah judul konten bukanlah hanya semata – mata menjual barang atau layanan anda. mereka juga harus bisa membuat pembaca mau membaca artikel sampai selesai.
Dalam kegiatan digital marketing, judul atau headline sebuah konten digunakan untuk SEO, email marketing, dan social media marketing. Oleh karena itu, membuat judul konten yang menarik dan engaging menjadikan suatu keharusan. Ada banyak pertanyaan yang biasa ditanyakan tentang headline. Seberapa panjang sebaiknya sebuah judul? Apakah ada limit jumlah kata? Haruskah judul anda hanya dioptimalkan untuk SEO?
Di artikel kali ini, kami berbagi tips membuat judul atau headline konten menarik dan engaging. Kalau ingin tahu, yuk lanjut baca artikelnya.
Guanakan Formula 4U Untuk Judul Konten Anda
Tidak ada headline yang benar atau salah, tetapi memang ada jenis headline yang sudah terbukti bekerja. Dengan mengikuti formula yang mirip, judul yang anda buat bisa mendorong orang – orang untuk meng klik konten anda dan membacanya. Melanie Duncan, seorang blogger, membuat formula 4U. Formula ini dipercaya dapat mendorong pengujung website untuk membaca konten anda sampai selesai.
Useful
Coba pikirkan headline seperti apa yang akan anda klik ketika anda sedang melihat news feed anda. salah satu jenis judul artikel yang akan anda klik biasanya adalah artikel yang menawarkan sesuatu yang bermanfaat untuk anda. Anda juga bisa melakukan hal yang sama, tawarkan manfaat kepada pembaca anda di judul anda. Mulai dengan mencoba mengerti apa yang audience anda ingin ketahui dan tawarkan hal itu kepada mereka. Judul ini harus mengidentifikasi sebuah masalah dan menawarkan solusi. Begitu juga dengan isi artikelnya.
Urgent
Salah satu cara blogger biasa menarik perhatian pembacanya adalah dengan membuat headline yang membuat nuansa urgent. Dengan nada judul yang penting, orang – orang biasa akan lebih tertarik untuk klik pada artikel itu. Mereka pasti tidak mau ketinggalan berita – berita yang sedang ramai dibicarakan, membantu, dan informatif.
Unique
Orang – orang senang membaca yang unik. Biasanya sesuatu yang unik dapat langsung menarik perhatian seseorang dan membuat mereka ingin meng klik artikel tersebut. Kebanyakan website menggunakan sindiran kata – kata di judul mereka untuk menarik perhatian. Salah satu website yang memiliki judul – judul unik adalah Buzzfeed.
Ultra – Specific
Anda pasti sering melihat judul – judul artikel yang menggunakan angka. Nah, judul artikel seperti inilah yang dimaksud dengan ultra – specific. Pembaca akan tahu pasti apa yang mereka dapatkan jika mereka meng klik artikel ini. Dengan memastikan bahwa judul anda memiliki ke empat unsur ini, anda akan menarik perhatian lebih banyak pembaca. Selain keempat unsur di atas, masih ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk membuat judul yang menarik dan enganging.
Demikian artikel diatas yang membahas tentang 5 Tips Membuat Judul Konten yang Menarik dan Engaging. Semoga bermanfaat.