Baik tujuan akhir campaign Anda adalah untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan visibilitas brand, atau menjangkau audiens baru, Anda harus melakukan banyak perencanaan. Meskipun perencanaan itu rumit dan memakan waktu, ada banyak hal lain yang perlu Anda perhatikan. Seperti pengelolaan iklan, melacak kinerja, menganalisis metrik, dan banyak lagi. Di sinilah campaign management tools berperan. Hal ini akan membantu Anda dengan mudah mencapai tujuan penjualan dan marketing Anda, dan mempercepat seluruh proses campaign.
Campaign management tools membantu Anda mengatur campaign marketing agar sukses dengan mengumpulkan persyaratan campaign yang penting, menyediakan ruang kerja umum untuk anggota tim dan pemangku kepentingan, menyederhanakan dan mengotomatiskan berbagai proses, dan banyak lagi. Artikel ini akan membahas beberapa campaign management tools terbaik agar tim Anda dapat menjalankan campaign marketing yang sukses.
Apa Itu Campaign Management Tools?
Campaign management mengacu pada perencanaan, pelaksanaan, pelacakan, dan analisis marketing campaign. Campaign management biasanya mencakup marketing invound dan outbound, segmentasi pelanggan, analisis pasar, email marketing, pembuatan campaign, kinerja campaign, pelaksanaan campaign, manajemen proyek, serta menganalisis dan mengukur efektivitas campaign.
Karena campaign melibatkan mendorong prospek melalui email, media sosial, materi cetak, survei, giveaway, serta metode lainnya, Anda harus memiliki software atau alat yang dapat membantu Anda mengelolanya. Dan itulah yang peran dilakukan oleh campaign management tools. Ini adalah solusi perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola dan mengukur berbagai elemen dan komponen campaign marketing.
Ini membantu mengotomatiskan berbagai tugas tim marketing seperti pembuatan campaign, email marketing, konten marketing, SEO, mengawasi kinerja mereka di berbagai channel, dan banyak lagi. Dengan campaign management tools yang tepat, Anda dapat memahami target audiens Anda dan memposisikan brand dan pesan Anda untuk memberikan produk dan layanan yang lebih baik.
Rekomendasi Campaign Management Tools
Berikut 5 rekomendasi campaign management tools yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah pekerjaan Anda.
- Adobe Campaign
Abode Campaign adalah sistem manajemen konten dan sistem manajemen aset digital yang memiliki otomatisasi marketing yang ramah sentuhan untuk mengukur, mempersonalisasi, dan mengoptimalkan campaign digital dan tradisional marketing. Ini memungkinkan Anda membuat campaign online dan offline yang dipersonalisasi dan mengevaluasi performa campaign lintas channel Anda. Anda dapat mendesain email menggunakan template, membuat variasi email multi-bahasa, dan memprediksi baris subjek untuk menarik target audiens. Ini juga mengirimi Anda pemberitahuan push yang dipersonalisasi, pesan dalam aplikasi, SMS, dan banyak lagi.
- Snov.io
Snov.io adalah platform otomatisasi penjangkauan dingin all-in-one yang memungkinkan Anda mengambil kendali penuh atas pembuatan prospek dan proses organisasi penjualan Anda. Dengan berbagai alat dan fitur penjangkauan email, mulai dari pencarian dan verifikasi email hingga membangun urutan email yang rumit, Anda dapat merampingkan upaya penjangkauan cold email dan meningkatkan skala bisnis Anda.
- Hubspot
Hubspot berada di bagian atas daftar campaign management tools karena digunakan oleh ribuan perusahaan. Dengan fitur email Hubspot, Anda dapat mendesain email khusus dengan fitur drag-and-drop. Hubspot juga terintegrasi dengan banyak alat tempat kerja terkemuka lainnya, membuatnya mudah untuk memasukkan alat ini ke dalam alur kerja Anda yang ada.
- MailChimp
Sama dengan Hubspot, MailChimp adalah editor email drag-and-drop yang memiliki personalisasi email, pengujian A/B, dan pengoptimalan perangkat. MailChimp juga memiliki berbagai macam template yang dapat Anda gunakan untuk membuat dan mendesain email impian Anda. Harga MailChimp adalah yang benar-benar membedakannya dari HubSpot — alat ini mulai dari $30 per bulan untuk 2.500 kontak.
- Asana
Asana adalah sistem manajemen proyek terkemuka yang dibuat oleh salah satu pendiri Facebook, dan dengan mudah menempati peringkat teratas di antara management tools yang menarik secara visual. Digunakan oleh materi iklan dan tim di seluruh dunia, format dan desain dinamis Asana membuat pengguna tetap terlibat dan aktif di platform. Asana membantu orang dan tim meningkatkan akuntabilitas secara keseluruhan dan meningkatkan komunikasi.
Itu dia 5 rekomendasi campaign management tools yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah memanage campaign Anda. Jika Anda membutuhkan informasi lain, Anda dapat emngunjungi website dan media sosial DIGIMA.