Sahabat Wirausaha, pandemi Covid – 19 yang melanda dunia hingga saat ini memang membuat setiap orang berjuang lebih keras. Ada banyak yang kehilangan pekerjaan sehingga memutuskan menggeluti bisnis kecil – kecilan untuk bertahan. Bisnis yang dipilih ini merupakan inovasi bentuk dari UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang tanpa diduga menjadikan konsep bisnis yang mampu bertahan ditengah hantaman wabah corona. Meskipun dijalankan dengan skala kecil – kecilan dan awalnya menggunakan modal kurang dari Rp 1 juta, bisnis UMKM membuktikan jika anda mampu tetap menggerakkan ekonomi bangsa. Berdasarkan data kemenparekraf seperti dilansir Liputan6, UMKM terutama subsektor kuliner di Tanah Air menyumbangkan Rp455,4 triliun di tahun 2020. Jumlah ini mengambil porsi 41% dari total PDB (Produk Domestik Bruto) kreatif yang mencapai Rp1.134,9 triliun.
Pencapaian ini semakin menguatkan bukti bahwa bisnis UMKM jelas tak bisa dianggap remeh lantaran terbukti mampu bertahan selama pandemi. Hanya saja sebagai pelaku bisnis, kita tentu tak boleh mudah menyerah karena persaingan bisnis semakin besar. Supaya bisnis UMKM yang digeluti tetap bisa bertahan sampai omzet terus meningkat seperti perusahaan – perusahaan besar, ada baiknya kita belajar menerapkan inovasi agar UMKM mampu naik kelas.
8 Inovasi yang Wajib Dicoba Pelaku UMKM Supaya Bianis Berkembang
Dibandingkan pemilik perusahaan besar, pelaku UMKM memang lebih mengalami keterbatasan modal dan pengalaman berbisnis. Namun itu bukan berarti tidak mungkin bagi UMKM bisa naik kelas dan mengembangkan skala usaha. Agar sahabat Wirausaha mampu meningkatkan skala UMKM yang digeluti, beberapa inovasi berikut dapat dipelajari.
1.Pembenahan Produk
Inovasi pertama sekaligus paling mendasar jika kita ingin skala bisnis UMKM makin meningkat adalah melakukan pembenahan produk. Menurut Michael Wiliem selaku CEO Qasir kepada Tempo, mengungkapkan ada empat strategi pembenahan produk yang bisa dilakukan pebisnis UMKM. keempat hal itu adalah aktivitas, penggunaan bahan baku berkualitas, harga kompetitif dan pelayanan yang nantinya mempengaruhi daya saing produk dipasaran.
2.Terlibat Pameran dan Festival
Setelah produk sudah dibenahi dijadikan lebih baik, Sahabat Wirausaha bisa memberanikan diri terlibat dalam berbagai pameran dan festival yang sesuai dengan produk. langkah ini akan mampu mendukung eksistensi produk pasaran dan memberikan manfaat yang lebih luas seperti berkenalan dengan banyak vendor, kompetitor sampai berbagai instansi terkait yang berpeluang jadikan pangsa pasar baru bahkan hingga ke luar negeri.
3.Bangun Relasi Bisnis
Kita semua tentu tahu bahwa menjalankan bisnis, tak bisa dilakukan seorang diri. Pebisnis dalam skala usaha apapun itu baik perusahaan besar maupun UMKM, membutuhkan relasi yang luas karena bakal memberikan keuntungan bagi bisnis ke depannya.
4.Tingkatkan Kualitas Layanan
Meskipun masih skala UMKM, bukanlah berarti kita bisa seenaknya sendiri memberikan pelayanan kepada konsumen. justru karena bisnis yang digeluti masih skala kecil, ada baiknya kita menerapkan SOP khusus mengenai bagaimana pelayanan yang harus diberikan kepada calon konsumen. jangan diremehkan karena pelayanan yang memuaskan justru akan membuat konsumen menjadikan konsumen setia dan enggan beralih ke produk kompetitor.
5.Belanja Teknologi Bisnis
Teknologi dalam berbagai sendi kehidupan terus berkembang termasuk bisnis. Agar bisa bertahan dalam dunia bisnis yang begitu ketat, pengusaha UMKM juga harus meningkatkan kualitas diri dengan terlibat dalam berbagai webinar – webinar atau ikut pelatihan, hingga mencari informasi bisnis global.
Demikian pembahasan kita hari ini yang membahas tentang 5 jenis inovasi yang efektif untuk menaikkan skala UMKM, semoga berhasil.