Pernakah kalian melihat iklan yang berbentuk cerita atau seorang tokoh pada iklan tersebut atau pernakah kalian merasa memiliki sebuah pengalaman yang sama dengan kalian ? Hal tersebut berarti mengimplementasi mengenai storytelling dalam marketing mereka. Storytelling merupakan salah satu metode mengenalkan dan menjelaskan produk yang menggunakan bahasa cerita. Metode ini hanyalah salah satu dari sekian banyak dari metode lain dalam pemasaran tersebut. Maka dari itu, beberapa orang-orang membeli barang dikarenakan termakan sebuag iklan, tetapi sebagian besar karena mereka butuh. Biasanya storytelling ini berbentuk iklan di media sosial, misalnya video, foto, dan caption. Berikut ini manfaat dari storytelling untuk marketing.
Masyarakat Menyukai Kisah
Manusia merupakan makhluk sosial yang butuh berkomunikasi dengan orang lain. Salah satu bentuk bentuk komunikasi dengan bercerita. Hal tersebut bisa dari cerita yang ditulis atau yang langsung diceritakan. Maka dari itu, storytelling dalam bentuk iklan kalian bisa sampai pada audiens atau orang-orang.
Menyampaikan Suatu Kepribadian
Bercerita merupakan bentuk yang sempurna untuk membiarkan kepribadian brand kalian bersinar. Bukan dengan menjual saja, tetapi melalui cerita yang kalian ceritakan. Jangan pernah takut untuk membiarkan kepribadian brand kalian muncul dengan keras dan jelas melalui penceritaan. Ingatlah bahwa itu adalah kepribadian brand yang kalian bagikan, bukan kepribadian seseorang serta bukan beberapa tim pemasaran dan sebagainya. Pelanggan kalian ingin melihat dan merasakan kepribadian merek kalian.
Dalam Hal Ini Membantu Menciptakan Memori
Ketika kalian mendengar sebuah cerita, kalian mencoba untuk terhubung dengannya. Ketika kalian mendengarnya, otak kalian mulai memvisualisasikan cerita dan beberapa emosi juga mulai datang saat itulah kalian mengingatnya. kalian tidak perlu menggunakan banyak energi untuk mengingat sebuah cerita. Misalnya, mendengar cerita tentang seseorang yang kehilangan berat badan 10kg dalam sebulan dan bagaimana caranya akan jauh lebih efektif dan berkesan daripada daftar tips cara menurunkan berat badan dengan cepat. Jika kalian ingin menurunkan berat badan juga, kalian akan berhubungan dengan cerita dan mengingatnya dengan lebih mudah.
Bercerita Meningkatkan Keterlibatan dan Membangun Hubungan
Jika kalian menggunakan cerita yang bagus untuk tujuan pemasaran, kalian bisa mendapatkan lebih banyak perhatian pelanggan. Ketika kalian akhirnya mendapatkan perhatian pelanggan, cerita akan membantu membangkitkan emosi di benak pelanggan kami. Jika orang-orang menyukai cerita kalian dan merasa terhubung dengan merek kalian, kemungkinan besar mereka akan membeli produk milik kalian, mengikuti kalian di media sosial, dan mengunjungi halaman web kalian. Melalui bercerita dan mengaktifkan lebih banyak bagian otak, pemasar yang baik dapat membuat orang merasakan pesan mereka secara nyata. Pemasar harus membuat hal tersebut yang akan berhubungan langsung dengan pelanggan mereka. Mengetahui pelanggan kalian dan menciptakan persona dan dongeng untuk mereka akan membantu kalian menciptakan hubungan yang lebih baik.
Mendongeng Dapat Membuat Marketing Lebih Terkenal
Ketika pemasar berhasil menulis cerita yang bagus, viral marketing bisa menjadi mudah. Kisah-kisah yang emosional dan yang menghubungkan orang-orang dibagikan secara instan oleh banyak orang. Dengan begitu, merek kalian menjangkau audiens yang lebih luas. Selain itu, hal ini dapat kalian jangkau banyak prospek baru yang di kemudian hari dapat menjadi pelanggan kalian.
Nah, itulah lima pentingnya storytelling dalam pemasaran atau marketing sebuah produk atau layanan. Kalau kalian ingin membuat konten yang ber-storytelling bisa menggunakan jasa di DIGIMA . Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian ya!