4 Indikator Penentuan Harga

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Menurut Philip Kotler dan Amstrong, indikator harga yang bisa digunakan dalam suatu penelitian  antara lain:

a. Keterjangkauan harga, Harga yang terjangkai ialah harapan para konsumen sebelum mereka melakukan pembelian. Konsumen akan mencari produk produk yang harganya dapat mereka jangkau.

b. Kesesuaian harga dengan kualitas produk untuk produk tertentu, biasanya konsumen tidak keberatan apabila harus membeli dengan harga relative mahal asalkan kualitas produk baik. Namun, konsumen lebih menginginkan produk dengan harga murah dan kualitas baik.

c. Daya saing harga perusahaan menetapkan harga jual suatu produk dengan mempertimbangkan harga produk yang dijual oleh pesaingnya agar produknya dapat bersaing dipasar.

d. Kesesuaian harga dengan manfaat tinggi rendahnya harga harus sesuai dengan manfaat yang diterima oleh konsumen setelah melakukan pembelian.

Keputusan Pembelian

Pengertian Keputusan pembelian ialah tahap dalam proses pengambilan keputusan pembelian keputusan di mana konsumen benar-benar melakukan suatu pembelian. Keputusan pembelian merupakan salah satu dari perilaku konsumen. 

a.  Pemahaman terhadap perilaku konsumen mencakup pemahaman terhadap tindakan yang dilakukan dalam menggunakan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan tersebut

b. kesesuaian harga dengan kualitas produk untuk produk tertentu, biasanya konsumen tidak keberatan apabila harus membeli dengan harga relative mahal asalkan kualitas produknya baik. Namun, konsumen lebih menginginkan produk dengan harga murah dan kualitas baik.

c. Daya saing harga perusahaan menetapkan harga jual suatu produk dengan mempertimbangkan harga produk yang dijual oleh pesaingnya agar produknya dapat bersaing dipasar.

d. Kesesuaian indikator harga dengan manfaat yang diterima oleh konsumen setelah melakukan pembelian.

  • Faktor gabungan pemasaran yang mempengaruhi keputusan pembelian perilaku keputusan pembelian dalam pasar secara umum dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:
  • Produk

Produk ialah segala sesuatu yang ditawarkan produsen kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya dan melekat pada produk yang disebut dengan atribut produk.

  • Harga

Harga  merupakan suatu nilai mata uang guna untuk melakukan pembayaran yang dilakukan konsumen untuk mendapatkan produk yang diinginkan.

  • Lokasi

Lokasi ialah saluran bagi produsen untuk menjual produknya kepada konsumen.

  • Promosi ialah suatu bentuk komunikasi dalam mengonfirmasikan, meyakinkan, dan mengingatkan konsumen terhadap produk yang ditawarkan oleh produsen untuk membeli dan memakai produk tersebut.

Indikator keputusan pembeli

  • Pengenalan kebutuhan proses pembeli dimulai saat pembeli mengenali sebuah kebutuhan. Kebutuhan tersebut dapat mengidentifikasi rangsangan yang paling sering membangkitkan strategi pemasaran seperti apa yang tepat untuk memicu minat konsumen.
  • Pencarian informasi konsumen yang tertarik mungkin akan mencari lebih banyak informasi atau mungkin tidak. Jika dorongan konsumen itu kuat dan produk yang memuaskan ada didekat konsumen, maka konsumen mungkin akan membelinya. Jika tidak, konsumen bisa menyimpan kebutuhan tersebut dalam ingatannya atau melakukan sebuah pencarian informasi. Konsumen dapat memperoleh informasi dari berbagai sumber, diantaranya sumber pribadi, komersial, publik, dan pengalaman. Semakin banyak informasi yang diperoleh, maka kesadaran konsumen dan pengetahuan akan merek dan karakteristik yang tersedia meningkat. Sebuah perusahaan harus mendesain bauran pemasarannya untuk membuat konsumen menyadari dan mengetahui merek tersebut. Selain itu, perusahaan juga harus mengidentifikasi sumber informasi konsumen secara seksama.
  • Evaluasi alternatif konsumen sampai pada sikap terhadap merek yang berbeda melalui beberapa prosedur evaluasi. Cara konsumen mengevaluasi alternatif tergantung pada konsumen khusus dan situasi pembeli tertentu. Pemasar harus mempelajari pembeli untuk menemukan bagaimana cara mereka dalam mengevaluasi pilihan merek. Jika mereka tahu proses evaluasi apa yang berlangsung, pemasar dapat mengambil tindakan untuk mempengaruhi keputusan pembelian.
  • Keputusan pembeli keputusan konsumen untuk memodifikasi, menunda, atau menghindari suatu keputusan pembeli sangat dipengaruhi oleh akibat yang disarankan. Besarnya akibat yang dirasakan. Besarnya akibat yang dirasakan berbeda-beda menurut besarnya uang yang dipertaruhkan, besarnya ketidak pastian atribut, dan besarnya kepercayaan diri konsumen. Konsumen akan memperluas rutinitas tertentu untuk mengurangi akibat. Pemasar harus memahami aspek-aspek yang menimbulkan rasa ada akibat dalam diri konsumen dan memberikan informasi dan dukungan untuk mengurangi akibat yang dirasakan. Dalam menjalankan niat pembelian, yaitu pembuatan keputusan mengenai merek, pemasok, kualitas, waktu, dan metode pembayaran.
  • Perilaku setelah pembelian setelah membeli suatu produk, seorang konsumen biasanya mengalami kepuasan dan ketidak puasan. Oleh karena itu, tugas pemasar tidak hanya berhenti saat produk dibeli, melainkan berlanjut sehingga periode setelah pembelian. Pemasar harus memantau keputusan setelah pembelian, tindakan setelah pembelian, dan pemakaian serta pembuangan setelah pembelian. Keputusan pembeli ialah fungsi seberapa dekat harapan pembeli atas suatu produk dengan kinerja yang dirasakan atas produk tersebut. Jika konsumen puas, ia akan menunjukkan kemungkinan yang lebih tinggi untuk membeli kembali produk tersebut, begitu pula selaiknya. Pemasar harus mengambil tindakan untuk meminimalkan jumlah ketidak puasan konsumen setelah pembelian.

Sekian pembahasan indikator harga ini semoga bermanfaat bagi Anda.