Apakah Anda pernah melakukan marketing campaign? Kegiatan marketing merupakan salah satu kegiatan penting untuk menjaga pertumbuhan bisnis. Dahulu, marketing campaign dilakukan dengan membagikan brosur atau brosur iklan kepada masyarakat. Tetapi, saat ini marketing campaign lebih efektif dan efisien. Strategi marketing campaign adalah alat untuk meningkatkan kesadaran merek. Penting bagi orang untuk mengingat popularitas merek dari waktu ke waktu. Di zaman modern ini, contoh marketing campaign adalah iklan di media sosial atau iklan video di platform Youtube. Namun, tidak semua jenis marketing campaign cocok untuk bisnis tertentu. Jadi sebaiknya lihatlah beberapa contoh dari strategi marketing campaign berikut agar Anda dapat memutuskan mana yang terbaik untuk bisnis Anda.
Pengertian marketing campaign
Apa sih marketing campaign itu?
Marketing campaign atau kampanye pemasaran adalah strategi untuk mempromosikan berbagai aspek bisnis Anda, seperti membangun brand awareness atau mengumpulkan umpan balik pelanggan. Ini hanya satu bagian dari keseluruhan strategi pemasaran. Beberapa contoh marketing campaign terkait dengan momen destocking brand di akhir tahun, berbagai momen liburan, dll. Marketing campaign biasanya dilakukan melalui berbagai media, termasuk email, flyer, billboard, televisi, radio, PPC, dan media sosial yang tergantung pada tujuannya.
4 contoh campaign marketing
Anda sebagai seorang marketer pastinya memerlukan panduan strategi marketing campaign. Di bawah ini terdapat beberapa contoh marketing campaign yang saat ini sedang populer.
Gojek(#Pesan dari Rumah)
Contoh pertama dari marketing campaign yang patut diketahui berasal dari perusahaan pelayaran Indonesia, Gojek. Pada Maret 2021, Gojek meluncurkan kampanye menggunakan tagar #PesanDariRumah. Kampanye ini terinspirasi dari keinginan keluarga Mitra Gojek Rider (GoRide atau GoCar) yang senantiasa diingatkan akan pentingnya tetap sehat selama masa pandemi.
Untuk kampanye kali ini, Go-Jek bekerja sama dengan mitra pengemudi membuat poster untuk mengingatkan pengemudi akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan di kendaraannya. Lebih dari sekedar pengalaman, ini adalah kutipan inspirasional dari keluarga mitra pengemudi Gojek yang berharap baik penumpang maupun pengemudi terhindar dari tertular virus COVID-19. Kampanye ini diterima dengan baik oleh banyak pelanggan yang mengunggah artikel di berbagai media sosial seperti Instagram dan Twitter.
Hal ini mempengaruhi keberhasilan Gojek dalam membangun citra pemasaran merek yang positif karena mereka bekerja keras di masa-masa sulit sambil tetap menjadi manusia. Ini adalah contoh kampanye yang dapat di replikasi dengan menghubungkan pengembangan bisnis dengan aspek sensitif namun positif dari masyarakat. Yang pasti kepercayaan pelanggan dapat tumbuh ke arah yang lebih positif dan bisnis akan tetap kompetitif.
Apple(#ShotOnIphone)
Dalam hal ini, jika Anda tertarik dengan cara membuat kampanye rilis produk, Anda mungkin dapat meniru langkah cerdas Apple. Teknologi besar ini terus membuat pelanggannya terkesan. Misalnya, kampanye #ShotOnIphone. Apakah hanya itu yang ada? Tentu tidak. Perlu Anda ketahui bahwa kampanye ini menggunakan foto-foto milik fotografer amatir.
Sementara hampir setiap kampanye menggunakan foto resolusi tinggi, Apple telah mengambil pendekatan unik lainnya. Tapi siapa yang mengira? Kampanye tersebut berhasil menarik perhatian dunia bahkan mempercepat dalam kampanye produk iPhone. Rupanya, orang-orang terkejut dengan ketajaman foto yang digambar tangan, yang sepertinya cocok dengan tekniknya.
Nike(#JustDoIt)
Contoh hebat lainnya dari marketing campaign adalah merek Nike. Nike dulu fokus pada produk untuk pelari maraton. Kemudian antusiasme pakaian olahraga tumbuh dan Nike tahu bahwa mereka harus melakukan sesuatu untuk mendahului pesaing Reebok. Pada saat itu, Reebok terjual berkali-kali lipat dari Nike. Kemudian Nike meluncurkan kampanye #JustDoIt yang sangat populer di akhir tahun 80-an. Kampanye ini adalah contoh kampanye teks. Hanya kampanye yang bisa menghasilkan penjualan besar untuk Nike. Nike meraup $800 juta pada tahun 1988 dan menggandakan jumlah itu menjadi $9,2 miliar selama sepuluh tahun ke depan. Slogan Nike, “Just Do It,” singkat tapi bermakna, dan akan selalu dikenang.
Microsoft(#WeAllWin)
Isu inklusivitas selalu menjadi momok bagi brand dengan produk terkait seperti teknologi, skincare dan fashion. Tapi tidak untuk Microsoft. Mereka justru mengambil langkah yang kurang populer dengan merilis kampanye berslogan “We All Win”. Intinya, campaign ini merangkum kehidupan atau rutinitas sehari-hari para gamer muda saat bermain game dengan Xbox Adaptive Controller. Banyak yang mengatakan teknologi itu terlalu sulit bagi penyandang disabilitas. Setiap posisi fungsional tidak cocok untuk penderita ADHD atau autisme, dll. Dengan demikian, kampanye ini memungkinkan Microsoft untuk menegaskan kembali dan menyoroti dukungannya untuk kelompok disabilitas. Teknologi mereka tidak memiliki niat diskriminatif.
Jadi jika Anda masih bingung bagaimana merepresentasikan merek perusahaan Anda, tanyakan pada diri Anda sendiri masalah apa yang bisa diselesaikan perusahaan Anda untuk pelanggannya. Solusi apa yang dapat ditawarkan perusahaan Anda Jika Anda dapat menjawab dengan lengkap dan jelas, Anda akan menemukan cara untuk terhubung dengan pelanggan Anda dengan lebih mudah.