Setiap bisnis pastinya memiliki kompetitor. Apa sih kompetitor itu ? kompetitor merupakan pesaing bisnis. Mereka juga tidak dapat dihindari jika Anda sudah memutuskan untuk memulai pembisnis. Selain itu, kompetitor dapat menguntungkan konsumen karena para perusahaan akan saling bersaing dalam pembuatan produk untuk menarik konsumen. Selain itu, pastinya Anda sebagai pembisnis ingin mengalahkan kompetitor. Berikut ini cara menghadapi kompetitor
Menemukan dan Menyelesaikan Masalah
Salah satu cara menghadapi kompetitor adalah dengan memenuhi kebutuhan audiens target bersama Anda lebih baik daripada pesaing Anda. Anda bis mengajukan pertanyaan terbuka untuk menemukan apa yang diinginkan pelanggan Anda. Setelah Anda mengidentifikasi masalah pelanggan, Anda dapat mencoba menyelesaikannya dengan mendiskusikan masalah mereka dengan tim Anda. Setelah Anda memiliki gambaran yang jelas tentang masalah tersebut, langkah selanjutnya adalah memastikan siapa di perusahaan mereka yang dapat menyelesaikan masalah tersebut dan siapa yang berwenang untuk membeli produk dan layanan Anda. Kemudian penting untuk memfokuskan upaya Anda dalam mencoba memberikan solusi untuk masalah pelanggan, tidak hanya mencoba menjual produk atau layanan Anda kepada mereka.
Temukan Niche Pasar Melalui Storytelling dan Spesialisasi.
Ketika Anda membangun niche, Anda semakin dekat untuk mencapai tujuan akhir ini. Niche sendiri merupakan suatu kata yang merujuk pada suatu yang target marketing. Selain iItu karena pemasaran yang ramai memiliki lebih sedikit ruang untuk ekspansi. Untuk bersaing di pasar yang ramai, Anda memerlukan proposisi penjualan yang unik. Semakin unik, maka semakin sedikit ruang untuk kompetisi. DI samping itu, storytelling atau bercerita adalah cara yang bagus untuk membangun ceruk pasar Anda dengan menyusun cerita secara kreatif seputar produk Anda. Melalui penggunaan cerita, Anda dapat menjadi bagian dari gaya hidup prospek Anda dan tidak tetap menjadi produk atau layanan yang berdiri sendiri.
Memberikan Pelayanan yang Baik
Memberikan layanan pelanggan yang baik dan mudah diingat adalah cara yang bagus untuk cara menghadapi kompetitor dan membedakan diri Anda dari pesaing. Prioritaskan perekrutan karyawan yang memiliki pemahaman penuh tidak hanya tentang produk dan layanan Anda, tetapi juga merek Anda secara keseluruhan. Jangan terburu-buru dalam proses perekrutan anggota tim dalam service. Menemukan orang yang tepat untuk pekerjaan itu lebih penting daripada mengisi pekerjaan itu. Staf Anda harus menyapa pelanggan dengan senyum yang menyenangkan, dan mereka harus menunjukkan rasa terima kasih kepada orang-orang yang berinteraksi dengan mereka. Sangat penting untuk meningkatkan semangat tim staf Anda dan merekrut pemain tim. Selain itu beri reward untuk tim, karena karyawan membutuhkan motivasi konstan untuk mengungguli orang lain.
Tetapkan harga yang kompetitif.
Cara menghadapi kompetitor paling mudah adalah dengan menawarkan harga yang lebih terjangkau. Untuk menentukan titik harga yang ideal, Anda memerlukan gambaran yang jelas tentang harga barang atau jasa pesaing Anda. Teliti pesaing mana yang menawarkan nilai terbaik. Kemudian Anda perlu menentukan apakah apa yang Anda tawarkan membawa nilai lebih ke meja dan dengan demikian harus diberi harga lebih tinggi. Namun, jika mengalahkan pesaing Anda adalah masalah penetapan harga utama Anda, pilihlah strategi penetapan harga berbasis persaingan. Dengan menggunakan strategi ini,maka mengabaikan biaya produk dan permintaan konsumen. Sebaliknya, Anda fokus pada harga pasar yang ada untuk produk atau layanan Anda. Anda kemudian menetapkan harga Anda agar berada dalam kisaran harga yang ditawarkan pesaing Anda. Mensurvei harga pesaing Anda mungkin hanya membutuhkan waktu berjam-jam dan umumnya membutuhkan waktu lebih sedikit daripada metode pengurangan persaingan lainnya.
Nah, itulah cara menghadapi atau mengalahkan kompetitor Anda. Mulai Menemukan dan menyelsaikan masalah hingga menetapkan harga. Jika Anda ingin melihat informasi lain bisa mengunjungi DIGIMA.