12 Cara Membuat Instagram Ads

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Instagram Ads adalah istilah yang sangat banyak digunakan oleh pemilik bisnis saat ini untuk mengembangkan bisnis mereka dan meningkatkan penjualan. Instagram sendiri merupakan media sosial dengan jumlah pengguna yang luar biasa di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna Instagram mencapai 60 juta pada 2018, menempatkan Indonesia sebagai pengguna Instagram terbanyak keempat. Oleh karena itu, Instagram Ads sangat efektif bila digunakan sebagai media promosi.

Apa itu Instagram Ads?

Pengertian Instagram Ads adalah platform periklanan media sosial Instagram. Fitur ini memungkinkan pemilik iklan untuk membuat iklan di feed dan story Instagram bisnis mereka.

Setelah Anda mengetahui mengenai apa itu Instagram Ads, kali ini kami akan membahas mengenai 12 cara membuat Instagram Ads. Yuk simak penjelasan berikut ini.  

12 Cara membuat Instagram Ads

Masuk Ke Facebook Ads Manager

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke halaman Facebook Ads Manager dan login dengan akun Facebook Anda yang terintegrasi dengan Instagram.

Klik Pembuatan Iklan Terpadu

Langkah kedua adalah membuka menu pembuat iklan terpadu. Jangan pilih Pembuat Iklan Cepat. mengapa demikian? Karena membuat iklan terpadu membuat iklan yang lebih spesifik, semakin meningkatkan jangkauan produk yang diiklankan.

Menentukan tujuan iklan

Langkah ketiga adalah memutuskan apa tujuan dari iklan yang ingin Anda buat. Dari Facebook memiliki tiga opsi seperti Konversi, Kesadaran, dan Pertimbangkan. Kemudian pilih atau klik target iklan yang paling sesuai dengan bisnis Anda.

Memilih jenis iklan

Langkah keempat adalah memilih jenis tampilan. Facebook menawarkan dua jenis opsi periklanan: pengoptimalan anggaran dan uji split. Kedua jenis tampilan ini tidak dapat digunakan secara bersamaan, sehingga Anda harus memilih salah satu.

Beriklan dengan jenis pengoptimalan anggaran ini lebih murah, tetapi tidak seefektif uji split.

Jenis iklan uji split ini lebih mahal, tetapi dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan penjualan Anda secara signifikan.

Tulislah nama iklan dan pilih tujuan traffic iklan

Langkah kelima adalah menulis nama iklan Anda dan memilih target traffic iklan Anda. Facebook memungkinkan Anda memilih ke mana tujuan traffic yaitu situs web, messenger, WhatsApp, dan aplikasi.

Klik Menu Tampilan Promo

Langkah keenam adalah klik menu tampilan promo sehingga iklan bisa dipromosikan.

Menentukan Target Audience

Langkah ketujuh adalah menentukan target audiens atau spesifikasi audiens ikan. Anda harus mempertimbangkan tujuh aspek berikut untuk menentukan target pengguna Anda.

  • Lokasi

Di sini, pengiklan dapat menemukan iklan yang ditargetkan dengan memasukkan negara, wilayah, kota, kabupaten, dan kode pos ke alamat yang spesifik.

  • Pemirsa Khusus

Di sini, pemilik iklan dapat secara spesifik menentukan target audience secara khusus. Misalnya, audiens yang berinteraksi dengan situs web bisnis pengiklan atau Facebook bisnis milik si pengiklan.

  • Umur

Di sini, pemilik ikan dapat menentukan target usia iklan mereka.

  • Bahasa

Pemilik ikan dapat memasukkan bahasa yang digunakan di negara atau wilayah target mereka.

  • Jenis Kelamin

Opsi ini memungkinkan pemilik iklan memasukkan kecocokan gender untuk audiens target iklan.

  • Koneksi

Pengiklan juga dapat menargetkan audiens yang merupakan anggota dari grup atau koneksi yang sama.

  • Penargetan terperinci

Selain itu, pemilik iklan dapat menentukan target audiens iklan berdasarkan minat audiens target.

Pilih Penempatan Otomatis

Langkah kedelapan adalah memilih penempatan otomatis sehingga iklan Anda muncul di aplikasi apa pun yang berfungsi dengan Facebook.

Pilih Jadwal Tayang

Langkah kesembilan adalah pemilik iklan memutuskan berapa lama iklan akan tayang.

Pilih Format Iklan

Langkah kesepuluh adalah memilih format iklan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Format iklan yang ditawarkan meliputi gambar tunggal, tayangan slide, koleksi, video tunggal, dan karosel.

Buat Deskripsi Iklan

Langkah kesebelas adalah membuat deskripsi teks untuk iklan Anda. Kemudian masukkan link situs web bisnis Anda, pilih gambar dan tulis judul untuk iklan Anda.

Selesaikan Pembayaran

Langkah terakhir adalah pembayaran. Setelah berhasil diselesaikan, iklan Anda akan diposting.

Dengan demikian, penjelasan mengenai apa itu Instagram Ads dan manfaatnya. Instagram Ads merupakan salah satu media yang paling efektif untuk mempromosikan produk bisnis Anda, jadi manfaatkan peluang ini. Media ini sangat efektif saat ini, jadi jangan sampai ketinggalan. Terima kasih telah membaca artikel kami, semoga bermanfaat bagi Anda.