Yuk, Pelajari Brand Refresh, Strategi Tanpa Repot

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Saat tujuan perusahaan berubah, anda tak perlu melakukan rebranding besar – besaran, coba lakukan brand refresh saja. Masih asing dengan istilah yang satu ini? Yuk, simak penjelasan dibawah ini!

Apa itu Brand Refresh?

Mengutip SketchDeck, brand refresh atau penyegaran merek adalah perubahan sedikit komponen branding – anda. Komponen itu bisa berupa elemen visual, tetapi bisa pula berupa suara.

Beberapa contohnya adalah:

  • Logo penggantian
  • Pengubahan palet warna
  • Eksperimen penggunaan font baru
  • Penyesuaian tagline
  • Dan lain – lain

Penyegaran Merek vs Rebranding

Sekilas, brad refresh memang mirip dengan rebranding. Akan tetapi, keduanya punya makna yang berbeda. Menurut Templafy, rebranding adalah perubahan wajah merek secara keseluruhan. Komponen yang berganti – ganti antara lain:

  • Indentitas merek
  • Cerita merek
  • Elemen visual merek

Sementara itu, penyegaran merek hanyalah pengubahan sedikit wajah bran, seperti penggantian logo atau pengubahan tagline.  Sudah menjelaskan hal ini di atas.

Jika anda tertarik mempelajari rebranding lebih lanjut, penjelasan lengkapnya.

Contoh Brand Refresh

Sekarang, kita membahas contoh brand refresh yang pernah dilakukan oleh berbagai perusahaan.

1.Google

Melansir The Verge, dari tahun ke tahun, Google beberapa kali mengubah logo mereka. Akan tetapi, change itu hanya terjadikan sedikit demi sedikit. inilah salah satu contoh brand refresh. Per artikel ini terlibat, logo Google terakhir dilakukan 2015 lalu. Mengutip Google Design, hal itu terjadikan karena perubahan gadget yang dipakai banyak orang.

2.Microsoft

Tak hanya Google, Microsoft juga terus mengubah logo mereka. Perubahan logo terakhir terjadikan pada tahun 2012. Di logo terbarunya, raksasa teknologi itu menambah simbol berupa empat persegi yang digabung dimenjadikan satu. Mengutip Microsoft, simbol itu menggambarkan produk – produk Microsoft yang sangat beragam.

Kapan Brand Refresh Harus Dilakukan?

Sekarang kita membahas beberapa skenario yang dapat mendorong penyegaran merek.

1.Bergeserna posisi anda di pasar

Segmen pasar anda berubah? Forbes menuliskan, ini bisa menjadikan salah satu alasan brand refresh. Sebab, penyegaran merek bisa menyukseskan perubahan segmen pasar itu. Misalnya, anda awalnya menawarkan layanan konseling kesehatan mental untuk masyarakat umum. Akan tetapi, anda juga menjual layanan konseling untuk para karyawan.

Seiring berjalannya waktu, layanan konseling karyawan anda lebih sukses. Anda akhirnya menutup lini bisnis konseling untuk masyarakat umum.

2.Bergantinya tren

Bergantinya ten juga bisa menjadikan latar belakang brand refresh. Dengan begitu, merek anda bisa terus relevan dengan perkembangan zaman. Sebelumnya, artikel diatas sudah menjelaskan perubahan logo Google yang terakhir. Logo itu disederhanakan karena semakin beragamnya gadget yang dipakai masyarakat. Itulah salah satu contoh penyegaran merek karena tren.

3.Brand – anda dan kompetitor tak beda jauh

Menurut Inkbot Design, branding adalah usaha membuat merek anda unik. Dengan begitu, anda bisa tampil beda jika dibandingkan dengan kompetitor. Jika brand – anda agak mirip dengan yang lain, coba lakukan penyegaran. Anda jadikan bisa menampilkan tak beda kepada para audiens.

Kiat Penyegaran Merek

Sekarang, kita akan membahas berbagai trik melakukan penyegaran merek.

1.Pastikan alasan anda melakukan brand refresh

Pertama – tama, pastikan dulu alasan anda menyegarkan merek. Apakah karena pengantian posisi dipasar, tren, atau malah kompetitor? Ini akan membuat anda memilih identitas yang ingin di – refresh.

Misalnya, anda ingin melakukan penyegaran merek untuk mengikuti tren. Nah, sekarang, evaluasi logo, font, hingga corak warna anda.

2.Perhatikan waktu eksekusi

Saat hasil penyegaran diluncurkan, Anda tentu ingin semua mata tertuju pada merek – anda. Itulah mengapa, mengutip , timing penyegaran merek sangat penting. Misalnya, anda berencana meluncurkan kelengkapan baru pada bulan depan. Nah, coba pamerkan hasil penyegaran merek anda secara bersamaan. Strategi itu dapat membantu perhatian audiens kepada anda. Brand refresh pun isa berjalan maksimal.

Demikian penjelasan tentang Yuk, pelajari brand refresh, strategi segarkan merek tanpa repot. Semoga dapat anda pahami setelah membacanya!