Yuk, Ketahui Cara Optimasi Halaman Facebook

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Anda tahu bahwa Facebook salah satu rajanya sosial media. Sebagai perusahaan teknologi, Facebook merupakan salah satu pionir dalam mengontrol kehidupan sosial umat manusia di dunia maya. Tak hanya berfungsi sebagai social network, Facebook telah berevolusi salah satu media hiburan hingga bisnis. Dukungan komunikasi yang besar membuat Facebook bertahan dan terus melakukan inovasi. Di bawah ini beberapa cara dalam optimasi halaman facebook, yaitu:

Cara optimasi halaman facebook

Buatlah Halaman, bukan Akun Pertemanan

Ada perbedaan mendasar antara Akun Pertemanan dan Halaman (atau dikenal dengan sebutan Fan Page). Akun Pertemanan merupakan akun inti yang dibuat pengguna internet saat mereka pertama kali mengakses Facebook. Sebagai sebuah situs web jaringan, Facebook membatasi aktifitas pengguna sampai dia membuat akun dan masuk (login) ke dalamnya. Bahkan di awal pengembangannya, Facebook sama sekali tidak membuka akses konten maupun model ke pengguna yang belum memiliki akun di Facebbok.

Nah, setelah memiliki akun (lazim disebut Akun pertemanan), Facebooker bisa mengakses sekian banyak model dan layanan yang disuguhkan Facebook. Salah satunya model untuk membuat Halaman atau Fan Page tadi. Halaman dibuat untuk beragam kepentingan, mulai dari individu, tokoh, merek, produk, jasa, hobi sehingga komunitas. Setiap orang bebas membuat beberapa Halaman, sebebas dia bermain game jaringan yang ditawarkan Facebook.

Berbeda dengan Akun pertemanan, halaman tidak mengenal yang namanya teman. Orang yang ingin mengikuti atau ikut berinteraksi disatu Halaman diajak untuk menyukai Halaman itu, bukan berteman dengannya. Kurang lebih sama dengan konsep “Mengikuti” dan “Pengikut” yang digunakan Twitter. Jika jumlah teman untuk satu Akun Pertemanan terbatas hanya 5.000, jumlah yang menyukai (like) Halaman tidak terbatas. Jika teman baru tidak membutuhkan persetujuan.

Buatlah Grup untuk komunikasi lebih intens

Selain Halaman, pengelola Facebook Kementerian Perdagangan juga bisa membuat grup, baik untuk membangun komunikasi yang lebih intens dengan sekelompok khayalan sasaran ataupun untuk membangun komunikasi tertentu. interaksi di Grup akan lebih intens dibandingkan Halaman, karena Grup memang ditujukan untuk itu: komunikasi multiarah dari semua anggota yang bergabung atau diajak bergabung ke dalamnya.

  • Buat konten secara konstan

Prinsipnya sama dengan blog. Kalau sebuah Halaman mau terus ramai, jangan berhenti memperbarui status atau menayangkan konten-konten yang menarik dan bermanfaat bagi para pengikut. Bisa berbentuk kutipan, gambar menarik, ilustrasi kebijakan, info grafik data atau laporan terkini, dan sebagainya. Para Facebooker biasanya mengawali harinya dengan semangat atau inspirasi pagi. Lakukan hal berupa untuk menarik perhatian mereka yang baru bangun tidur atau bersiap mengawali aktifitas harian, lalu tayangkan lagi konten inspiratif semacam itu sebagai selingan di antara sekian banyak konten serius khas kementerian.

  • Perhatikan “Talk About This”

Facebook secara canggih menampilkan interaksi dan seberapa ramai sebuah Halaman, melalui apa yang disebut dengan ‘Talk About This’.

Menurut situs web Inside Facebook, ‘Talk About This’ ialah jumlah orang yang telah menciptakan cerita atau aktifitas di sebuah Halaman selama tujuh hari terakhir. Pengguna dianggap membuat cerita di Facebook (yang kemudian ditampilkan di Aliran Berita), di antaranya saat mereka:

  • Menyukai sebuah Halaman.
  • Menulis di dinding Halaman.
  • Menyukai satu konten atau postingan.
  • Mengomentari satu konten.
  • Membagi satu konten.
  • Menyebut satu Halaman di status mereka.
  • Menandai satu Halaman di status mereka.
  • Menandai satu Halaman di foto mereka.

Jumlah orang yang membicarakan sebuah Halaman dapat dilihat di halaman suka, berdampingan dengan jumlah orang yang menyukai Halaman itu. Ukuran ‘Talking About This’ sangat penting terhadap matrik dan statistik sebuah Halaman, karena itu menunjukkan tingkat interaksi orang-orang yang menyukai, sehingga yang terlihat bukan sekedar seberapa banyak orang yang menyukainya yang kemudian selama seminggu terakhir terlibat dalam aktivitas  di dalamnya. Di sini Anda bisa melihat bahwa strategi mendulang banyak yang menyukai (like) untuk sebuah Halaman akan sia-sia jika tidak diikuti dengan konsistensi dalam menemukan dan orang yang membicarakan Halaman tersebut. Idealnya, jumlah orang yang membicarakan sebuah Halaman ialah 10% dari jumlah orang yang menyukainya. Berikanlah di Facebook.

Facebook ialah sebuah situs web yang sudah menjelma laksana sebuah dunia tersendiri bagi para pengguna internet. Di dunia ini, 1,35 miliar orang aktif terhubung satu sama kain sehingga kuartal kedua 2014, seperti dilaporkan Statistika. Daru jumlah itu, lebih dari 3,5 miliar konten (tautan web, berita, blog, foto, video) dibagikan setiap minggu di Facebook.

Bisa dibayarkan betapa besarnya potensi khalayak yang dimiliki Facebook. Tetapi, di sisi lain, miliaran orang yang aktif di Facebook tadinya dijejali dengan konten yang jumlahnya hampir tiga kali lipat populasi pengguna. Artinya, bukan perkara mudah jika ingin memperluas jangkauan permisa. Menambah jumlah “suka” juga tidak semudah membalikkan tangan.

Perlu dicatat bahwa ini adalah kompetisi di media sosial dengan ketat. lotere pembaca Tidak ada komentar atau acungan jempol antar pengguna Internet dengan personel media, tetapi di antara orang-orang pengguna media sosial itu sendiri. Maksud saya Kementerian Perdagangan di akun media sosial Anda.