Alasan yang jelas mengapa Anda harus mulai memasukkan pemasaran digital untuk bisnis kuliner Anda adalah karena Anda sekarang berada di era digital. Banyak kegiatan pemasaran tradisional yang tidak efektif lagi dalam mempromosikan bisnis kuliner. Saatnya beradaptasi secara digital untuk memberi peluang bisnis Anda berkembang.
Menerapkan Strategi Marketing Digital untuk Bisnis Kuliner Bahkan di era digital, hampir setengah dari usaha kecil kuliner belum memiliki website. Pemasaran digital dapat berdampak besar pada bisnis kuliner.
Anda dapat mempromosikan menu, suasana, harga, peralatan, dan melalui situs web kami yang mempublikasikan foto, video, dan posting blog tentang layanan unik kami yang dapat berdampak signifikan pada bisnis kuliner Anda. Pemasaran makanan digital menjadi semakin menarik, dan banyak pelanggan memesan menu.
Mengapa industri kuliner membutuhkan pemasaran digital?
Mungkin masih banyak yang beranggapan bahwa memiliki media sosial sudah cukup untuk menggerakkan bisnis kuliner. Mengingat banyaknya pengguna smartphone dan media sosial di Indonesia, hal ini tentu bukan suatu kesalahan. Namun, konten promosi bisnis di media sosial saja tidak optimal karena memungkinkan situs web Anda untuk memberikan kehadiran jangka panjang dengan menerapkan SEO dan pemasaran digital yang baik.
Dengan memposting foto, video, dan posting blog di situs web terkait menu, suasana, harga, fasilitas, dan layanan unik dapat berdampak signifikan pada bisnis kuliner. Pemasaran makanan digital menjadi semakin menarik, dan banyak pelanggan memesan menu.
Selain itu ada juga, prosedur pemasaran makanan digital yaitu:
- Dapatkan pelanggan. Dengan kata lain, kata kunci dari nama hidangan tersebut ditampilkan pada mesin pencari di Internet (misalnya, “Jambige Plek Chicken Corner”). Gunakan kata kunci yang menyertakan promosi dan layanan terbaru di restoran. Buat blog khusus untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web restoran Anda.
- Membuat Video untuk Tujuan Promosi Hampir separuh pengguna media sosial dunia menonton konten video setiap hari. Rata-rata video berisi 10 hingga 60 detik iklan. Membuat video berkualitas profesional untuk produksi video memasak tergantung pada konten yang dikomunikasikan kepada pemirsa atau konsumen.
Strategi Pemasaran Digital apa yang dapat Anda Gunakan Untuk Bisnis Kuliner Anda?
Gunakan strategi digital marketing berikut untuk mengenal bisnis kuliner Anda di media sosial dan mencari di Google untuk mendapatkan perhatian target pasar potensial.
- Pemasaran melalui mesin pencari
Langkah pertama dalam mendapatkan pelanggan adalah dengan menampilkan nama dagang hidangan tersebut di hasil pencarian. Untuk kampanye pemasaran digital restoran yang lebih sukses, Anda perlu memasukkan kata kunci sesering mungkin.
- Kelola media sosial dengan hati-hati
Anda dapat membentuk tim khusus untuk mengelola media sosial perusahaan Anda. Pastikan media sosial adalah cara terbaik untuk berkomunikasi dengan Anda dan pelanggan Anda.
- Membuat video promosi
Hampir setengah dari pengguna media sosial dunia menonton konten video setiap hari. Rata-rata video berisi 10 hingga 60 detik iklan.
- Kerjasama dengan influencer
Rujukan dan ulasan selalu menjadi strategi pemasaran yang kuat. Tapi tentu saja, Anda tidak bisa hanya duduk dan menunggu pelanggan datang dan membicarakan restoran Anda.
- Penggunaan email untuk tujuan promosi
Jangan lewatkan email sebagai media promosi bisnis kuliner.
Pemasaran kuliner digital tidak hanya membantu Anda memperluas pasar dan menghasilkan lebih banyak keuntungan, tetapi juga membantu Anda mengidentifikasi profil pelanggan Anda. Pengetahuan pelanggan yang mendalam dapat digunakan untuk mengembangkan bidang bisnis lain seperti kualitas makanan, pilihan menu, layanan pesan-antar dan pembayaran.
Pada dasarnya, menumbuhkan bisnis kuliner membutuhkan pemasaran digital, terutama dalam situasi di mana orang lebih banyak berinteraksi secara online. Pemasaran digital dapat menjadi solusi yang relevan dan efektif.