Yoast SEO: Juara Plugin SEO WordPress

Table of Contents

Yoast SEO: Juara Plugin SEO WordPress

 

Sebagai pebisnis yang melakukan pemasaran di situs web, menjadi rangking pertama di pencarian Google bukanlah hal yang mudah. Tapi tenang, hal ini tidaklah mustahil. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan menginstal plugin SEO di WordPress agar memenuhi standar SEO dengan benar. Salah satu pilihan plugin adalah Yoast SEO.

Di antara banyaknya plugin yang tersedia, Yoast SEO plugin merupakan salah satu plugin SEO yang banyak digunakan. Tools ini bisa diinstal dengan mudah di WordPress dengan penyedia layanan hosting yang kamu gunakan.

Kabar baiknya, tools ini disediakan gratis dan mudah digunakan bagi pemula. Yuk, mengenal lebih dalam tentang Yoast SEO, mulai dari apa itu Yoast SEO, fitur yang dimiliki, cara konfigurasi, kemampuan analisis keyword, hingga harga berlangganan.

Berkenalan dengan Yoast SEO

Yoast SEO adalah tools WordPress yang membantu pengoptimalan performa SEO website Anda. Tool ini sudah digunakan oleh banyak kalangan, mulai dari blogger hingga spesialis SEO profesional. Fiturnya yang beragam dan mudahnya penggunaan membuatnya bisa digunakan oleh berbagai kalangan.

Dengan menggunakan tools ini, Anda bisa membuat konten artikel yang SEO-Friendly. Apa maksudnya artikel SEO-friendly? Maksudnya artikel yang berguna bagi pembaca dan disukai oleh Google karena beberapa kriteria, seperti keyword relevan, judul menarik, dan sesuai dengan tujuan pembaca. Sehingga, bisa memasuki rangking pertama di halaman pencarian.

Jika kita mundur ke belakang, tools ini memiliki rekam jejak yang panjang. Yoast SEO pertama kali dibuat pada bulan Oktober 2010 oleh Joost de Valk yang merupakan seorang konsultan SEO. Hingga saat ini, Yoast memiliki hampir 12 juta instalasi aktif dan pengguna terbanyak.

 

Fitur Unggulan Yoast SEO

Sebanyak 12 juta instalasi dan pengguna terbanyak pastinya tidak terjadi tanpa alasan. Fitur pada plugin SEO merupakan pertimbangan pertama saat memilih plugin. Misalnya, apakah fiturnya lengkap dan mendukung SEO? Nah, mari kita bahas fitur unggulan pada Yoast.

Tools SEO ini memiliki dua versi, yaitu versi gratis dan versi premium yang berbayar. Tentu saja, fitur di masing-masing versi berbeda. Berikut ini perbedaan fiturnya.

  1. Versi Gratis
  • Bisa mengakses ke kursus gratis SEO yang ada
  • Related keyword ditambahkan secara manual
  • Hanya bisa mengoptimasi satu kata kunci per artikel
  • Otomatis terindeks ke Google
  • Google preview
  • Analisis keterbacaan, apakah artikel mudah dibaca atau tidak
  • Setting URL
  • Mengatur link nofollow dan dofollow
  • Kompatibel dengan editor klasik dan block editor

Meskipun fitur ini didapat dari versi gratis, namun cukup memenuhi kebutuhan inti SEO Anda. Namun, memang performa kurang maksimal dibandingkan dengan fitur versi premium.

  1. Versi Premium
  • Mendapatkan full akses ke semua kursus Yoast SEO
  • Optimasi dengan related keyword berdasarkan data dari SEMrush
  • Bisa menambahkan sinonim keyword
  • Mengenali berbagai bahasa otomatis untuk meningkatkan optimasi
  • Otomatis memantau halaman-halaman penting
  • Memberikan notifikasi untuk memperbarui konten di atas 6 bulan
  • Google, Facebook, dan Twitter preview
  • Saran internal linking
  • Internal linking blocks
  • HowTo Schema
  • Menandai lima kata yang paling sering muncul di artikel
  • Memperbarui link lama ke link baru
  • Integrasi ke plugin elementor
  • Support tersedia 24 jam setiap hari
  • Bebas iklan

Pada versi premium, Anda bisa menyesuaikan kebutuhan website dengan mengaktifkan dan nonaktifkan fitur. Dengan membatasi fitur mana saja yang paling berguna dan sering digunakan, akan meringankan kecepatan website.

Namun, dengan menggunakan fitur-fitur ini bukan berarti Anda bisa langsung menempati peringkat pertama. Anda perlu strategi penggunaan untuk hasil yang maksimal. Maka dari itu, selanjutnya kita akan membahas tentang konfigurasi plugin, analisis keyword, tampilan website, dan harga di pembahasan selanjutnya.

 

Konfigurasi Plugin

Kali ini kami tidak akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan Yoast SEO. Kali ini kami akan menjelaskan konfigurasi untuk mendapatkan hasil maksimal. Yuk, kita simak langkah konfigurasi berikut.

  1. Pertama, setelah menginstal plugin Anda bisa menuju konfigurasi wizard pada tab General > Dashboard
  2. Selanjutnya, di laman tersebut Anda harus mengisi 9 tahap konfigurasi. Tahapan tersebut membahas tentang identitas website, tipe website, identitas organisasi/personal, pilihan visibilitas mesin pencari, pilihan pengguna multiple, dan title setting.
  3. Setelah melengkapi 9 tahap tersebut, Anda harus mengisi mengatur opsi yang terdapat di dashboard. Ada empat opsi, yaitu General, Search Appearance, Social, dan Tools. Bagian yang harus Anda utamakan adalah opsi General dan Search Appearance. Mengapa begitu? Karena sebagaian besar setting SEO dilakukan di sini.

Pada tab General ada empat tab yang harus diperhatikan, yakni dashboard, feature, integration, dan webmaster tolls. Sedangkan, di search appearance ada 7 tab, yaitu general, content types, media, taxonomies, archives, breadcrumbs, dan RSS.

Konfigurasi ini disesuaikan dengan kebutuhan search engine optimization, baik untuk post, page, maupun website. Namun, bagi pemula yang ingin melakukan konfigurasi, harus melakukan lebih teliti. Apabila perlu minta damping dari yang sudah ahli karena tiap opsi setting hanya memberikan petunjuk yang minim.

 

Kemampuan Analisis Keyword

Tujuan digunakannya plugin SEO adalah untuk mengoptimasi website di mesin pencarian. Salah satunya dengan menganalisis apakah halaman yang diunggah sanggup bersaing pada keyword yang dipilih? Oleh karena itu, fitur analisis keyword menjadi sangat penting.

Pertama-tama Anda perlu memasukkan satu focus keyword tiap satu post. Setelah itu, Anda bisa mendapatkan analisis keyword. Hasil analisisnya pun terbilang sangat rinci dan lengkap.

Setelah itu, Anda akan langsung mengetahui apakah SEO dalam artikel Anda sudah sesuai standar atau belum. Ada 2 lingkaran kecil yang menunjukkan indikasi readability analysis dan SEO Analisis. Warna lingkaran akan berubah sesuai hasil analisis. Warna merah menandakan perlu perbaikan yang banyak, warna oren artinya hasil sudah lumayan, dan warna hijau menandakan artikel Anda sudah oke.

Setelah mengetahui kekuatan SEO pada artikel Anda, Yoast SEO akan memberitahu masalah SEO yang harus diperbaiki. Apabila kesalahan tersebut diperbaiki makan akan meningkatkan kualitas SEO. Perbaikan SEO bisa dilakukan dengan mudah, bahkan bagi pemula sekalipun.

 

Tampilan Editing

Selain fitur unggulan, tampilan editing juga penting dalam pemilihan sebuah plugin. Yoast SEO memiliki tampilan editing yang user friendly. Bisa dilihat dari seluruh opsi editing yang diletakkan dalam satu bagian di bawah halaman editor, Dengan begitu Anda bisa lebih mudah untuk memperbaiki kebutuhan optimasi SEO.

 

Harga Berlangganan

Memang tersedia versi Yoast SEO gratis dan premium, namun untuk hasil yang maksimal tentu saja kita membutuhkan versi premium. Berbeda dengan versi gratis, versi premium tentunya berbayar. Per tahunnya Anda harus membayar 89$ atau sekitar Rp1.250.000 untuk satu website. Tapi tenang, Anda akan mendapatkan diskon jika berlangganan untuk lebih banyak website.

 

Apabila Anda melakukan pemasaran melalui situs web, pastinya harus memperhatikan SEO di setiap artikel Anda. Dengan SEO yang teroptimasi, kemungkinan layanan atau produk Anda masuk di halaman pertama mesin pencarian semakin tinggi. Dengan begitu produk/layanan Anda semakin dikenal orang.

Membuat artikel SEO memang gampang-gampang susah. Butuh waktu untuk mempelajarinya. Bagi Anda yang membutuhkan artikel SEO untuk mempromosikan produk/layanan yang Anda miliki, Anda bisa mengunjungi DIGIMA menyediakan jasa pembuatan konten artikel SEO dengan harga terjangkau.