Value proposition:pengertian,cara membuat, tujuan ,contoh

Table of Contents

Meningkatkan CTR Instagram Ads

Value proposition  adalah suatu kunci untuk memikat target di pasar. anda juga harus menjelaskan mengapa konsumen harus memilih produk anda dari pada produk yang lain. anda juga bisa menjelaskan kelebihan dari produk anda dari segi kemasan, kandungan maupun manfaat yang ada di dalam produk anda. mungkin dan tidak asing dengan sebutan Unique Value ,Ya, nilai unik bisa dikenal dengan bagian dari sebuah produk yang bisa membedakan dari produk lain yang ada di pasar lain nya. Tanpa nilai unik, konsumen tidak dapat memiliki alasan yang sah untuk berbelanja ketika Anda menawarkan barang kepada konsumen. Anda dapat menciptakan nilai unik dengan bahasa Anda sendiri yang dapat menarik konsumen untuk membeli produk Anda.

Baca juga: 6 Cara Branding Yang Menarik Dan Cepat Diingat Konsumen

Apa saja sih elemen dalam proposisi nilai

proposisi nilai adalah nilai atau manfaat yang dapat Anda tawarkan kepada konsumen terhadap produk atau layanan Anda dari pesaing lain.

ada beberapa elemen value proposition yang harus Anda ketahui:

     1.Sifat Baru

proposisi nilai harus bisa menunjukkan bahwa barang atau produk anda dapat memberikan manfaat bagi konsumen, memenuhi kebutuhan konsumen yang belum pernah mereka dapatkan sama sekali. dengan elemen ini Anda tidak hanya berhubungan dengan teknologi tetapi juga bisa Anda padukan dengan produk makanan yang ada, Anda tinggal sesuaikan kebutuhan Anda.

      2.Keunikan Produk Atau Layanan

Anda harus tahu dan mengerti tentang produk Anda, dengan hal itu Anda akan dengan mudah mempromosikan produk Anda kepada konsumen, keunikan dengan barang atau poduk Anda maupun layanan yang Anda punya.

      3.Tawaran Unik

Anda bisa menawarkan produk Anda kepada konsumen dengan menarik, dari hal itu, mereka akan tahu dan mengerti mengapa mereka harus membeli produk Anda.

      4.Kinerja Baik

Dalam proposisi nilai kinerja itu sangat penting dalam membuat produk Andal. karena , konsumen ingin produk yang sangat menginginkan kinerja yang terbaik dari barang yang di beli.produk dengan kinerja terbaik mempunyai sebuah proposisi nilai.

      5.Desain Menarik

Dalam proposisi nilai desain penting dalam produk, desain yang unik dapat memancing konsumen untuk datang membeli produk Anda. dengan desain menarik juga tanpa anda menjelaskan manfaat barang itu , konsumen akan mengetahui manfaat atau keunikan dari barang itu melalui desain yang dibuat dengan semanarik mungkin.

      6.Merek

Dengan merek yang menarik, konsumen bisa tertarik dengan produk yang Anda buat,

dengan brand yang menarik, Anda bisa menjual barang murah menjadi mahal dengan menggunakan brand yang terkesan menarik. dengan elemen yang berada di merek bisa membuat orang jauh tertarik tanpa kita mempromosikan barang atau produk kita ke konsumen yang berada jauh . merek bisa Anda cetak dan Anda tempel di bangunan data produk Anda.

      7.Harga

menawarkan produk dengan kualitas yang sangat terjamin dengan harga terjangkau, konsumen lebih tertarik padanya dan lebih terjangkau.

     8.Kenyamanan

Kenyamanan pada produk masa depan merupakan sebuah dari value proposition.

tak jarang pebisnis menggunakan pesan kenyamanan produk, tidak hanya produk tapi juga strategi.

 

Cara Membuat Proposisi Nilai Yang Menarik

langkah- langkah membuat proposisi yang menarik

      1.Kenali Pelanggan Anda

anda harus tahu target kita di pasar dengan cara mencari tahu apa yang mereka butuhkan dan masalah apa yang ingin mereka selesaikan. dengan Anda semakin mengenal pelanggan Anda, semakin relevan proposisi nilai yang Anda buat dengan semenarik mungkin.

    2.Gunakan Dengan Bahasa Yang Jelas

bahasa yang jelas dapat dipahami oleh konsumen. Anda harus menghindari jargon yang tidak dapat dipahami oleh konsumen.

    3.Fokus Pada Manfaat

anda harus menjelaskan manfaat utama dari produk atau layanan anda.anda juga harus menjelaskan jika ada masalah konsumen harus melakukan apa atau bagaimana mengatasi masalahnya .

   4. Uji Dan Perbaiki

Anda harus menguji produk Anda dengan target pelanggan yang Anda tuju. Anda bisa mendapatkan umpan balik dari mereka dan Anda bisa menggunakan informasi itu untuk memperbaiki produk Anda agar lebih baik.

   5. Kesaksian

Anda juga bisa menambahkan bukti yang akurat dari pelanggan yang puas atas produk Anda . Anda bisa mendapatkan peningkatan kepercayaan dari pelanggan.

   6.Buat Dengan Tersusun Yang Yelas Dan Padat

hindari membuat terlalu panjang atau rumit. Anda bisa fokus dengan menyampaikan inti dengan jelas padat dan langsung.

Dengan Anda mengikuti langkah demi langkah dan konsisten maka Anda akan terus diasah dan Anda bisa jadi menciptakan proposisi nilai yang menarik pada produk Anda.

Tujuan Proposisi Nilai

dengan melakukan value proposition Anda dapat menawarkan nilai yang unik dan menarik kepada pelanggan agar dapat membedakan dengan produk pesaing.untuk ujian yang rinci kami akan menjelaskan kepada Anda:

  • Membedakan Produk Sendiri Dengan Pesaing

Proposisi nilai dapat membantu para konsumen agar dapat membedakan produk Anda dengan produk pesaing, dengan cara melihat dari segi desain, manfaat, atau yang lain yang dapat membuat produk Anda unik

  • Meningkatkan Konversi

Anda dapat menyampaikan pesan dengan jelas kepada konsumen dan menjamin layaknya produk Anda kepada konsumen.

  • Mendorong Kepuasan Kepada Konsumen

dengan menyampaikan nilai yang terpenuhi, proposisi nilai juga bisa Anda dapatkan kepuasan dari pelanggan .

  • Nilai Komunikasi

Anda harus menyakinkan nilai produk Anda dengan mengomunikasikan nilai penawaran produk Anda kepada pelanggan termasuk manfaat, fitur, atau solusi.

  • Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Bagaimana Anda menunjukkan bagaimana produk yang Anda punya dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

  • Mengarahkan Strategi Pemasaran

Proposisi nilai bisa menjadi panduan menjadi pengembangan produk dalam usaha Anda agar mencapai tujuan.

contoh proposisi nilai

Nike : “Lakukan Saja. Nike menawarkan perlengkapan dan pakaian atletik inovatif yang dirancang untuk menginspirasi atlet dari semua tingkatan untuk mencapai potensi penuh mereka dan melampaui batas kemampuan mereka.”

Coca-Cola : “Open Happiness. Coca-Cola menawarkan minuman menyegarkan yang menghadirkan kegembiraan dan penyegaran bagi orang-orang di seluruh dunia, menyatukan mereka dalam momen kebahagiaan dan perayaan.”

Netflix : “Lihat Yang Selanjutnya. Netflix menyediakan perpustakaan konten hiburan yang luas, termasuk film, acara TV, dan serial orisinal, dapat diakses kapan saja, di mana saja, dan tanpa iklan.”

Burger King :”kami menyediakan banyak pilhan burger dengan daging pilihan, es krim, dan minuman.dengan kualitas tetapi harga terjangkau.”

Pizza Hut :“Tidak perlu pizza yang mahal untuk menikmati nikmatnya pizza, cukup Pizza Hut anda bisa merasakan nikmatnya”

Baca juga: Cara Branding Yang Efektif untuk Bisnis Online

Kesimpulan

proposisi nilai sangat penting dalam usaha atau layanan Anda, dengan Anda faham apa itu proposisi nilai, maka Anda akan mencapai tujuan yang Anda inginkan dan produk atau layanan Anda sesuai dengan kebutuhan konsumen dengan kelayakan yang sangat baik.

kepuasan konsumen dan masalah dalam konsumen bisa Anda perbaiki dengan produk atau layanan yang sudah mendapatkan saran dari konsumen.

Penulis: Rahma