3 Tips Penulisan Konten Iklan di Instagram

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Instagram adalah salah satu media sosial paling populer di Indonesia. Menghadapi fenomena ini, beberapa pebisnis  berlomba-lomba untuk mempromosikan produknya di Instagram. Instagram memiliki berbagai fitur kreatif yang dapat digunakan merek untuk menjangkau audiens mereka, mulai dari Feed, Stories, dan LIVE hingga komunikasi pelanggan. Selain itu, Instagram juga menawarkan peluang beriklan bagi para pebisnis.

Seperti yang Anda ketahui, Instagram terintegrasi dengan Facebook. Apa pun yang Anda promosikan di Facebook juga dapat dipromosikan di Instagram.

Lalu, bagaimana caranya? Nih,

  • Pertama, ubah profil Instagram Anda menjadi ‘profil bisnis’.
  • Hubungkan halaman Facebook Anda ke akun Instagram Anda
  • Pilih postingan yang ingin Anda promosikan
  • Klik tombol Promosikan

Jangan khawatir, kamu tidak perlu terburu-buru, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum mulai beriklan diinstagram. Apa saja hal tersebut?

Berikut Langkah-langkah menulis iklan diinstagram yang efektif dan menjual:

  • Tentukan Campaign Objective Kamu

Di Instagram ada 11 jenis Campaign Objective atau tujuan iklan yang bisa kamu pilih antara lain :

  • Brand awareness (memperkenalkan produk)
  • Local awareness (menjangkau pembaca/audiens terdekat di local bisnis)
  • Reach (jangkauan pengunjung)
  • Traffic (traffic pengunjung)
  • All install (proses installasi)
  • Video views (tampilan video)
  • Lead generation
  • Conversion (konversi pengunjung menjadi customer)
  • Product catalog sales (penjualan katalog produk)
  • Store visits (kunjungan toko)

Setiap jenis memiliki tujuan yang berbeda. Anda harus menyesuaikan font iklan agar sesuai dengan tujuan iklan itu sendiri. Tapi jangan khawatir. Instagram  membantu  menentukan format iklan, opsi penawaran, dan pengoptimalan iklan lainnya

  • Beri judul Campaign Intagram Kamu

Saat memberi judul, ada beberapa hal penting yang patut kamu perhatikan, berikut ini adalah daftarnya :

  • Hindari omong kosong

Contoh: Puluhan artis Instagram menggunakan produk kecantikan kami

Rekomendasi: 97 artis Instagram sudah menggunakan produk kecantikan kami

  • Gunakan kalimat langsung

Contoh: Silakan masukkan alamat email Anda dan klik tombol “Daftar”.

Rekomendasi : Masukkan alamat email Anda dan klik tombol “Masuk”.

  • Beri pembaca/ audiens alasan yang baik

Contoh: pelajari bagaimana cara penulisan untuk Digital Marketing, Daftar dan mendapatkan update gratis

Rekomendasi  : pelajari bagaimana cara menulis iklan yang menarik dan menghasilkan banyak penjualan. Daftar dan dapatkan update gratis

  • Hindari tulisan jelek atau tidak jelas

Contoh: Krim pemutih bisa menghilangkan flek hitam di wajah.

Rekomendasi : 298.115 orang telah menggunakan krim pemutih kami untuk noda hitam diwajah mereka.

3 langkah utama dalam mendominasi pasar Instagram dengan cepat:

  • Mengenali Masalah/Ketidakpuasan Pelanggan

Banyak pebisnis hanya ingin mendapat untung tanpa mengenal pelanggannya lebih baik. Ini adalah tragedi bisnis. Salah satu saran untuk Anda adalah mengidentifikasi dengan jelas apa yang dikeluhkan pelanggan/pelanggan Anda, baik itu pelanggan Anda atau pesaing Anda.

  • Ketahui Kapan Anda Akan Dibebankan Dan Dikenakan Harga Premium

Harga premium adalah harga yang biasanya diterapkan pada suatu produk atau layanan dalam kondisi tertentu. Misalnya, jika klien/pelanggan Anda memiliki paket eksklusif produk atau layanan Anda, Anda dapat memanfaatkan fitur yang lebih eksklusif, menarik, dan cepat. B. Dukungan 24/7, Barang Dagangan Unik atau Produk Edisi Terbatas.

  • Berhenti mengejar pesaing

Jangan  mengejar pesaing Anda. Jika pesaing Anda melakukan apa yang mereka lakukan hari ini. B. Tetapkan harga yang sesuai dengan apa yang mereka tawarkan. Dan kami menemukan bahwa Anda sebenarnya membutuhkan sesuatu yang lebih untuk membantu orang  mengenali produk Anda dengan mudah. ​​Perkenalkan diri Anda kepada pesaing Anda dengan menghadirkan produk yang  unik.

Berikut ini tips yang perlu kamu ikuti agar penulisan iklan di sosial media yang menjual dan menarik perhatian pembaca/audiens

Tips membangun penulisan iklan yang efektif

  • Periksa iklan beberapa kali
  • Sedikit bagus. Semakin sedikit materi yang perlu dibaca atau didengar oleh pembaca/pemirsa Anda, semakin besar dampak yang akan dihasilkan iklan Anda.
  • Biaya iklan mahal, tetapi iklan yang bagus membayar lebih mahal. Mempekerjakan pengiklan yang baik membayar Anda besar.
  • Gunakan kata kerja aktif seperti “beli sekarang” bila memungkinkan.
  • Hindari  warna mati dan font kecil. mengapa? Karena itu mengalihkan perhatian pembaca/pemirsa dari iklan. Ingatlah bahwa mata manusia tertarik pada warna-warna cerah, sehingga tampilan Anda tidak akan mendapat banyak perhatian jika Anda tidak menggunakan warna-warna cerah.
  • Pastikan iklan Anda ditempatkan dengan benar. Pertimbangkan masa depan. Periklanan harus mempertimbangkan tren terbaru dalam desain, teknologi, dan bahasa.
  • Berbalik dan baca iklannya. Kemudian tanyakan pada diri Anda, “Apakah iklan ini menarik bagi saya?” atau “Haruskah saya membeli produk ini?”

Teknik penulisan harga jual yang efektif

  • Fokus Menjual 1 Produk/Jasa

Jika Anda ingin menjual produk  di Facebook, lakukan di Facebook terlebih dahulu. Jika hasilnya berhasil, kami akan menerapkannya ke platform lain seperti Instagram dan YouTube.

  • Gunakan Harga Lebih Tinggi / Dua Kali Lebih Tinggi dari Pesaing Anda

Menetapkan harga yang lebih tinggi atau dua kali lipat mungkin tampak aneh bagi kebanyakan orang. Tapi kenapa? Karena harga yang tinggi biasanya melambangkan kemewahan dan kualitas yang tinggi. Sekali lagi, harga yang dibangun seperti  tembok  yang berjuang untuk mengalahkan persaingan masih belum cukup.

  • Membangun Brand Awareness

Di sini Anda harus memperkenalkan produk yang Anda jual. Anda dapat melakukan ini dengan memasarkan produk Anda di Facebook atau Instagram menggunakan teknik mendongeng. Pemasaran video  juga sangat dianjurkan. Coba promosikan produk Anda dengan video yang mengandung elemen unik. Misalnya, lakukan dengan cara yang menyenangkan dan menarik sehingga tidak terlihat seperti Anda sedang mengiklankan produk Anda.

  • Bangun hubungan  baik dengan pelanggan Anda (Personal, Hadiah, VIP value)

Terakhir, bangun hubungan baik dengan pelanggan/klien Anda. Keluhan selalu dapat ditangani dengan cepat selama fase ini. Membalas semua komentar di akun media sosial produk Anda juga menambah sentuhan emosional, karena  seolah-olah Anda peduli dan menghargainya.

Itulah beberapa tahapan sederhana untuk berpromosi di Instagram yang dapat Anda gunakan sebagai panduan. Lacak dan pantau kemajuan setiap iklan Instagram  yang Anda buat, serta iklannya. Ini membantu Anda mengevaluasi strategi pemasangan iklan Instagram terbaik  untuk bisnis atau merek Anda.