Tips Meningkatkan Repeat Order Pada Pelanggan

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Berbisnis berarti tidak hanya memikirkan strategi jual beli, tetapi memikirkan bagaimana pelanggan yang sudah melakukan pembelian akan kembali membeli lagi. Tidak diperlukan penjelasan lebih lanjut mengapa repeat order pelanggan sangat penting bagi bisnis. Seorang pelanggan yang menjadi pelanggan setia merupakan aset yang sangat berharga. Semua pemilik bisnis terutama Anda, apa pun jenis bisnisnya, pastinya ingin pelanggan mereka memesan dari mereka lagi dan lagi. Hal ini biasanya disebut dengan repeat order. Repeat order sangat penting dalam meningkatkan keuntungan dan reputasi bisnis dan produk Anda.

Nah, bagi Anda yang menjalankan bisnis dan masih bingung mengapa repeat order tidak kunjung mendatangi Anda, Anda bisa mempelajari terlebih dahulu beberapa tips tentang pentingnya meningkatkan repeat order. Tapi, sebelum itu pahami dulu pengertian repeat order.

Pengertian Repeat Order

Repeat order atau pemesanan ulang adalah tindakan dari pelanggan yang berulang kali membeli produk tertentu yang sama di toko yang sama. Pada dasarnya tindakan ini dapat terjadi karena pelanggan lebih menyukai produk yang ditawarkan oleh toko tersebut.

Jenis perilaku konsumen ini sangat disukai dan ditemukan oleh para pebisnis, pastinya juga termasuk Anda juga. Sebagai pebisnis, Anda dapat menghemat uang untuk iklan nanti karena produk yang Anda promosikan sudah dikenal banyak orang, sehingga Anda bisa menghemat biaya iklan. Padahal, sebagai pelaku bisnis, Anda perlu mempromosikan produk yang Anda miliki agar bisa menarik lebih banyak lagi pelanggan baru.

Sebuah repeat order pada dasarnya adalah ketika seorang pelanggan membeli produk Anda secara berulang kali. Pesanan berulang berarti bahwa produk memenuhi kebutuhan pelanggan. Selain kualitas produk, pelanggan Anda juga dapat melakukan repeat order berdasarkan beberapa faktor lain seperti pelayanan prima, kemudahan pembelian, pengiriman cepat, dan pilihan metode pembayaran yang berbeda. Nilai non-produk dapat meningkatkan kemungkinan repeat order oleh para pelanggan Anda. Pada dasarnya, hal ini sangat menguntungkan bagi bisnis Anda. Semakin banyak pelanggan yang memesan ulang, semakin banyak penjualan yang Anda hasilkan, dan juga penghematan yang Anda lakukan untuk biaya iklan karena pelanggan telah mengetahui produk Anda tanpa Anda melakukan promosi. Anda juga secara tidak langsung “membantu” mempromosikan produk dengan menyebarkannya ke rekan kerja Anda.

Tips Meningkatkan Repeat Order

Dalam mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan setia pastinya tidak semudah membalik telapak tangan. Dalam hal ini tentu membutuhkan tips yang tepat. Beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam meningkatkan repeat order, yaitu

Memberikan Indikator Pelayanan Kepuasan yang Terbaik bagi Pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah hal terpenting dalam setiap bisnis, karena jika pelanggan puas dengan layanan atau produk, maka posisi produk atau layanan di pasar adalah baik. Apa yang pelanggan harapkan dan apa yang mereka inginkan? faktor bagi perusahaan untuk dipertimbangkan ketika mengembangkan rencana strategis untuk departemen pemasaran terapan mereka.

Memberi Kartu Member atau Voucher Diskon bagi Pelanggan Tertentu

Voucher adalah kartu diskon atau kupon yang dapat digunakan untuk berbelanja. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi pelanggan. Mereka bisa membeli berbagai produk yang mereka inginkan dengan harga diskon tertentu, bahkan gratis. Toko online biasanya menawarkan kupon kepada pelanggan yang memenuhi syarat tertentu. Misalnya karena pesanan berhasil diselesaikan dengan jumlah pembelian tertentu. Membagikan voucher dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Oleh karena itu, ini bisa menjadi strategi pemasaran yang bagus untuk meningkatkan pembelian pelanggan dari toko online Anda.

Mengadakan Berbagai Macam Diskon dan Promo Spesial Kepada Pelanggan Pada Hari Tertentu

Anda dapat memberikan diskon dan promo spesial untuk acara-acara khusus, seperti ketika memperingati hari ulang tahun toko atau berpartisipasi dalam program loyalitas pelanggan. Diskon dan promo spesial tidak hanya digunakan untuk keperluan pribadi, tetapi sering juga diberikan oleh pelanggan kepada orang yang dicintainya.

Menyediakan Media Sosial Sebagai Media Promosi dan Media Komunikasi

Pada zaman sekarang, telah menjadi sebuah kewajiban suatu produk dalam memiliki akun media sosial. Hal ini dikarenakan adanya dorongan dalam menyediakan media promosi dan media komunikasi kepada pelanggan. Pelanggan biasanya lebih mengarah untuk berkomunikasi terlebih dahulu dengan melalui media sosial. Hal ini karena budaya kita telah berubah yang disebabkan oleh kemajuan teknologi.

Memperbaiki Kualitas Produk dan Terus Berinovasi

Sangat penting untuk mempertahankan kualitas produk. Bagi konsumen, kualitas adalah bagian dari proses pengambilan keputusan, apakah dia akan membeli kembali atau tidak. Oleh karena itu, tingkatkan terus kualitas produk Anda untuk memperoleh kepuasan pelanggan. Dan teruslah berupaya untuk berinovasi. Jika produk Anda terasa monoton, kemungkinan besar pelanggan akan bosan. Lebih buruk lagi, itu juga bisa beralih ke pesaing yang lebih inovatif. Ingat, bisnis itu harus bersifat fluktuatif dan tidak dapat diprediksi

Semakin banyak pelanggan yang melakukan repeat order, maka semakin meningkat pula penjualan produk Anda. Semoga tips di atas bisa membantu Anda.