Tips Membangun Komunikasi Dengan Konsumen

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Mengapa kita harus mengetahui mengenai tips membangun komunikasi yang baik dengan konsumen? karena konsumen ialah raja. Maka dari itu, sebagai cs atau pedagang kita harus mengetahui mengenai tips membangun komunikasi yang baik dengan konsumen ini. Agar konsumen merasa senang dan akhirnya membeli produk yang kita jual. Faktor komunikasi dengan konsumen/pelanggan ini sangatlah penting karena sangat berpengaruh terhadap aspek psikologi konsumen karena untuk bentuk atau tidak membeli barang atau produk yang Anda jual.

Dalam membangun komunikasi dengan konsumen, sebenarnya ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Bukan hanya sekedar menyampaikan informasi atau mempresentasikan produk saja. Namun juga kepekaan terhadap perasaan konsumen melalui seni berkomunikasi yang benar. Lalu apa sajakah itu? Berikut beberapa tipsnya.

Ciptakan kesan pertama yang baik

Membangun kesan pertama yang baik itu penting, karena imagemu sebagai seorang penjual dimulai disitu. Jika kamu ingin ke depannya konsumen merasa nyaman denganmu, buatlah kesan yang baik dengan senyum ramah, penampilan rapi, bahasa tubuh yang sopan dan struktur bicara yang jelas.

Senyum yang Baik

Senyuman itu bagaikan cermin, bila kamu tersenyum pada seseorang maka orang itu juga akan tersenyum padamu. Begitupun konsumen. jangan takut untuk melemparkan senyuman terlebih dahulu.

Service yang Baik

Banyak hal bisa kamu lakukan dalam memberi service yang baik kepada konsumen. misalnya seperti ramah dan menyenangkan pada setiap kesempatan, respons yang cepat terdapat permintaan, dan selalu siap membantu konsumen kapanpun dibutuhkan.

Kalimat yang Jelas

Dalam berkomunikasi tidak dianjurkan bagi kamu menggunakan kata-kata yang rumit dan panjang. Karena kalimat terbelit hanya mengaburkan subtansi pesan dan juga sangat melelahkan untuk didengar. Bahkan bisa saja menyebabkan kesalahpahaman karena konsumen tidak memahami substansi pembicaraanmu.

Mungkin kunci utamamu untuk sukses membangun komunikasi dengan konsumen ada di halaman selanjutnya

Gunakan Kalimat Positif

Konsumen makin terpancing denganmu, apabila kamu menggunakan kata-kata yang positif. Sebab rangkaian kata seperti ini bisa membuat pendengarnya senang dan antusias. Dengan begitu besar kemungkinan mereka akan memborong produk yang kamu jual.

Kendalikan Emosi

Para penjual tidak boleh terpancing emosi saat ada komplain yang diungkapkan dengan kemarahan oleh para konsumen. mengendalikan emosi itu penting karena pada dasarnya apa yang tidak disenangi konsumen bukan pribadimu melainkan apa yang kamu jual.

Bersikap yang Sopan

Konsumen tidak menilai kualitasmu dari konstruksi atau dekorasi penampilan saja, namun juga bagaimana cara kamu bersikap. oleh karena itu ciptakanlah atmosfer yang baik dalam berkomunikasi dan upayakan untuk membuat konsumen selalu nyaman saat berbincang denganmu.

Berikan bantuan yang dibutuhkan oleh konsumen

Bila konsumen menanyakan sesuatu atau minta fotokan barang asli di etalasi toko online Anda di saat sedang memilih barang/produk yang hendak dijual maka bantu lah konsumen terbut. Sebuah sikap yang seperti sepele, namun akan meninggalkan kesan mendalam di konsumen Anda. oleh karena itu janganlah bersikap cuek dan tak membantu. Meskipun nantinya pembeli mengurungkan niatnya untuk membeli, suatu saat dia akan kembali ke toko Anda.

Berikan Bonus dan diskon

Manusia rata-rata menyukai hadiah, berikan hadiah/bonus jika konsumen membeli dan membayar produk Anda, sebisa mungkin jangan memberitahukan bonus agar konsumen merasa senang mendapatkan surprise. Ini menambah nilai produk Anda juga. Sehingga konsumen tidak segan-segan membentuk konsumen setia Anda dan memberi feedback positif kepada produk Anda. Bonusnya kembali ke Anda, yaitu mereka tidak akan segan lagi merekomendasikan produk Anda ke teman atau keluarganya untuk membeli di toko Anda. Promosi paling murah ialah dari Mulut ke mulut, oleh karena itu gunakan atau Getok tular istilah kata orang jawa.

Sekian blog diatas seputar tips membangun komunikasi yang baik dengan konsumen. semoga dapat membantu Anda.