Tips dan Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis UMKM

Table of Contents

TikTok Shop

TikTok telah menjadi platform media sosial yang sangat populer di seluruh dunia. Dengan lebih dari 2 miliar unduhan di seluruh dunia, platform ini muncul sebagai platform potensial untuk memajukan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Konten di TikTok memiliki daya tarik yang unik, memungkinkan usaha kecil dan menengah menjangkau khalayak yang lebih besar dibandingkan sebelumnya. Untuk membantu Anda memaksimalkan potensi TikTok sebagai alat periklanan, berikut beberapa tips penting untuk membuat konten TikTok yang efektif.

Tips dan Ide Konten TikTok Menarik untuk Promosi Bisnis UMKM Anda

Popularitas TikTok terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, sehingga banyak perusahaan yang akhirnya mulai menggunakan media sosial ini untuk mempromosikan bisnisnya.

Namun banyaknya kompetitor yang beriklan di TikTok membutuhkan kreativitas lebih agar akun TikTok Anda diperhatikan oleh target pelanggan Anda. Untuk membantu Anda memaksimalkan potensi TikTok sebagai alat periklanan, berikut beberapa tips penting untuk membuat konten TikTok yang menarik.

Konten TikTok “A Day in My Life”

Ide konten TikTok viral di kalangan TikTokers adalah konten “Day in My Life”, di mana Anda menampilkan aktivitas sepanjang hari.

Penyajian yang menarik disertai penceritaan yang mudah dipahami menjadikan konten TikTok a day in my life menjadi trend yang tahan lama. Meskipun pembuat konten biasanya menggunakan konten ini untuk menceritakan kisah kehidupan sehari-hari mereka, Anda juga dapat mengembangkannya untuk mempromosikan bisnis Anda

Hal ini dapat Anda capai dengan membuat konten yang menggambarkan aktivitas kerja karyawan sehari-hari dan memungkinkan pemirsa mengetahui aktivitas apa saja yang mereka lakukan sepanjang hari.

Selain itu, Anda dapat merekam aktivitas normal Anda saat menggunakan produk, menjadikannya iklan tersembunyi yang menggugah minat penonton untuk menontonnya.

Biar konten A Day in My Life makin menarik, kamu bisa menambahkan pilihan lagu yang tidak menenggelamkan suara narator. Anda juga dapat mengaktifkan teks otomatis untuk memudahkan pemirsa menonton video Anda.

Perkenalkan Karyawan Lainnya

Cara lain untuk menonjolkan brand value dari brand Anda adalah dengan memperkenalkan karyawan Anda. Cara ini bisa menjadi strategi yang baik bagi konsumen untuk mengenal lebih jauh produk Anda dengan mengenal orang-orang di baliknya. Hal ini juga membuat audiens target Anda tertarik untuk bekerja untuk merek Anda dan memberi mereka gambaran bagaimana mereka dapat menjadi bagian dari merek Anda.

Salah satu cara untuk memperkenalkan karyawan Anda adalah dengan bertanya kepada setiap karyawan tentang latar belakang pendidikan dan pekerjaan mereka saat ini. Konten TikTok ini sedang trending di kalangan akun TikTok branded, banyak konten yang membuat video serupa.

Selain itu, jika perusahaan tersebut terdiri dari banyak orang dengan latar belakang berbeda-beda, Anda bisa membuat konten tentang latar belakang karyawan Anda yang tentunya menarik bagi konsumen Anda.

Konten Tiktok Edukasi

Tiktok bukan sekedar hiburan dengan berbagai konten tantangan dan komedi yang mampu membuat Anda tertawa. Anda juga bisa melihat berbagai konten yang memberikan informasi mengenai isu atau topik tertentu yang sedang ramai diperbincangkan orang.

Di sisi lain, banyak juga influencer TikTok yang menggunakan pandangannya untuk mengedukasi audiensnya tentang topik tertentu. Jadi, Anda juga dapat membuat konten TikTok yang mengedukasi konsumen tentang topik tertentu yang relevan dengan industri tempat Anda beroperasi. Hal ini juga memberikan wawasan baru kepada penonton tentang cara eksfoliasi kulit yang benar dan produk apa saja yang bisa digunakan. Merek.

Manfaat lain menggunakan topik edukasi sebagai konten TikTok adalah membuat penonton kembali mengunjungi akun Anda untuk mendapatkan informasi dan wawasan terkini.

Banyaknya viewer yang tetap mengunjungi akun TikTok Anda tentunya akan bermanfaat dalam meningkatkan jumlah interaksi di akun TikTok Anda. Oleh karena itu, Anda juga perlu melayani audiens Anda dengan lebih baik melalui konten edukasi tentang topik dan masalah yang sedang dibicarakan banyak orang.

Duet Dengan Akun Tiktok Lain

Duet dengan akun TikTok lain menjadi salah satu cara efektif untuk memperluas jangkauan iklan bisnis UMKM Anda. Fitur Duet TikTok memungkinkan Anda berkolaborasi dengan pengguna lain dari seluruh dunia. Hal ini adalah peluang bagus untuk memanfaatkan kreativitas kolektif dan menyajikan produk atau layanan Anda dalam konteks yang berbeda.

Saat Anda berduet dengan pengguna lain, video Anda akan muncul di feed pengikutnya dan sebaliknya. Itu memberi Anda akses ke audiens baru yang mungkin belum mengetahui bisnis Anda. Kolaborasi yang relevan memungkinkan Anda menjangkau orang-orang yang memiliki minat atau kebutuhan serupa terhadap produk atau layanan Anda.

Kolaborasi duet memungkinkan Anda menggabungkan ide kreatif dengan pengguna lain. Hal ini membuka peluang untuk membuat konten yang lebih menarik dan unik. Anda dapat memanfaatkan kekuatan kreativitas kolektif untuk menampilkan bisnis Anda dengan cara yang segar dan berbeda.

Berkolaborasi dengan pengguna lain yang memiliki audiens atau reputasi besar di TikTok memberikan validasi tambahan untuk bisnis Anda. Pengikut pengguna lain akan melihat kolaborasi tersebut sebagai rekomendasi produk atau layanan Anda, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan mereka terhadap Anda.

Penutup

Namun, tidak semua tren atau tagar TikTok yang viral dapat digunakan untuk promosi bisnis karena tantangannya mungkin dirancang oleh pesaing Anda untuk mempromosikan produk tertentu. Oleh karena itu, berikut beberapa cara memilih konten TikTok viral yang banyak digunakan orang:

Pertama, Anda perlu memperhatikan tren yang banyak digunakan orang dengan melihat tampilan konten, lagu, atau tantangan yang beredar di TikTok. Kedua, Anda bisa mengakses banner viral di TikTok untuk melihat postingan yang telah disukai banyak orang dalam kurun waktu tertentu. Ketiga, pastikan tantangan dan hashtag tidak dikaitkan dengan merek tertentu.TikTok merupakan platform potensial untuk mempromosikan bisnis UMKM.

Dengan tips di atas, Anda dapat membuat konten TikTok yang menarik dan efektif untuk meningkatkan visibilitas dan pertumbuhan bisnis Anda. Ingatlah untuk selalu fokus pada keunikan dan relevansi konten Anda dan terlibat secara aktif dengan audiens Anda. Dengan kesabaran dan kreativitas, TikTok dapat menjadi alat yang ampuh untuk mengembangkan bisnis Anda serta dengan bantuan jasa pembuatan konten DIGIMA, Anda dapat memaksimalkan potensi platform ini untuk keberhasilan bisnis Anda. Hubungi DIGIMA melalui DM instagram untuk konsultasi lebih lanjut.