Promosi adalah bagian dari strategi pemasaran dan proses yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komponen yang terdiri dari bauran promosi. Untuk mencapai hubungan pertukaran yang berhasil, semua orang yang terlibat dalam proses komunikasi pemasaran harus melakukan hal yang sama, yaitu mendengarkan, mempertimbangkan, dan berbicara. Promosi tidak boleh berhenti hanya dengan memperkenalkan produk kepada konsumen, tetapi juga harus berusaha untuk membuat konsumen senang sebelum mereka membeli produk.
Periklanan tidak hanya terkait dengan industri media dan manajemen pemasaran; itu juga sangat terkait dengan kewirausahaan (enterpreneurship), pemasaran produk, dan hubungan masyarakat (public relations). Dalam perspektif ini, kesimpulan yang paling ideal dan logis adalah bahwa tidak ada jaminan bahwa sebuah produk akan “laris-manis” di pasaran tanpa bantuan iklan. Oleh karena itu, besarnya pengaruh iklan dapat meningkatkan pendapatan dan citra media.
Iklan terbaru tampak lebih menarik dan menakjubkan, dan memiliki unsur seni yang terkemas melalui wajah atau tampilan yang begitu memuaskan secara artistik. Misalnya, dalam industri pertelevisian, nuansa kemasan iklan produk menjadi lebih hidup dan menggugah selera konsumen karena didukung kemutahiran perangkat audio-visual dengan sedikit pengaturan untuk fitur digital dan sinematografis yang menarik.
Periklanan terbaru, yang menonjol dari segi daya tarik, membutuhkan lebih sedikit perhatian. Jumlah exposure yang dibutuhkan untuk mencapai rasio efektivitas minimal meningkat seiring dengan tingkat pengaruh iklan yang berusaha menarik perhatian pelanggan. Harga produk yang diiklankan tidak memusingkan konsumen yang cerdas atau berpikiran maju, meskipun iklan tersebut mungkin juga menunjukkan perubahan perilaku. Konsumen jenis ini biasanya tidak menyoalkan perbedaan harga atau perbedaan harga yang signifikan tentang seberapa mahal atau murah suatu barang.
Kenapa perlu strategi ?
Iklan itu hanyalah masakan yang pada dasarnya enak seusai dimasak tetapi kurang garam, sehingga cita rasanya berkurang dan tidak dapat menyedot selera makan seseorang. Dengan demikian, telah menjadi jelas betapa pentingnya menerapkan strategi promosi yang efektif untuk memasarkan produk melalui periklanan terbaru.
Pemasaran dan periklanan sama. Oleh karena itu, strategi promosi iklan merupakan bagian dari strategi promosi dan harus dilakukan melalui penggunaan komunikasi pemasaran terpadu (KPT). Penggunaan KPT kemudian menghasilkan suasana yang dikenal sebagai bauran promosi. Periklanan adalah komponen dari paket promosi.
Strategi promosi iklan yang efektif selalu berarti penerapan strategi promosi iklan dengan cermat dan tepat. Kondisi persaingan pasar sehari-hari sangat memengaruhi penerapan strategi pemasaran. Satu sisi, segmentasi pasar bergantung pada potensi yang menggambarkan permintaan dalam persaingan.
Ada enam strategi untuk memenuhi permintaan konsumen dari lingkungan persaingan :
- Berorientasi pelanggan (customer orientation)
- Mengutamakan total quality management (TQM), yaitu efektif, efisien, dan tepat
- Memfokuskan perhatian pada kesenangan hidup (convenience), kenyamanan, dan kenikmatan
- Berinovasi dalam produk jasa maupun proses
- Berorientasi kecepatan (speed) atau disebut juga time compression management (TCM) yang diwujudkan dalam bentuk :
- Kecepatan untuk menempatkan produk baru di pasar
- Memperpendek waktu untuk merespons keinginan dan kebutuhan pelanggan.
- Pelayanan dan kepuasan pelanggan (customer satisfaction).
Perusahaan yang menggunakan periklanan dan media massa harus memiliki kemampuan untuk menggabungkan berbagai metrik dalam strategi pemasaran campuran, seperti penyelidikan, produk, harga, lokasi, dan periklanan. Mengingat prinsip pencampuran, dalam pemasaran ini, periklanan dan promosi penjualan bekerja sama. Representasi wajah dan elemen artistik meyakinkan dukungan keuangan. Dalam industri periklanan, menarik pelanggan adalah hal penting.
Menjawab pertanyaan bagaimana sebenarnya strategi promosi periklanan terkini yang efektif ? Dalam hal ini, pihak marketing iklan harus lebih dulu memulai strategi awal dengan banyak menginformasikan barang atau jasa yang dihasilkan kepada konsumen. Pada proses berikutnya, praktis yang perlu ditonjolkan, yaitu kecakapan memersuasikan status barang/jasa secara komunikatif untuk menyentuh “naluri dasar” dari selera konsumen, sehingga barang atau jasa tersebut berkesempatan laku terjual.
Hal ini penting karena daya tarik global dan artistik iklan terbaru mungkin akan memengaruhi perilaku konsumen dalam memilih produk yang sesuai seleranya untuk dibeli. Hal ini dapat dicapai melalui promosi iklan khusus yang memungkinkan pelanggan lebih mengenal produk yang diiklankan sebelum mereka tertarik untuk membelinya.
Persoalan jangkauan sasasaran, segmentasi serta frekuensi tersebut sebelumnya telah direncanakan oleh media pengiklan sebagai strategi promosi yang dinilai manjur mempengaruhi perilaku konsumen terhadap citra produk yang diinformasikan atau ditayangkan. Kesuksesan sebuah media mengembangkan sayap jaringan advertising tidaklah mudah dicapai tanpa peningkatan model dan kualitas strategi. Oleh sebab itu, strategi media ini perlu terus dikembangkan secara efektif dari strategi periklanan yang lebih umum.
Penutup
Jika kamu mempertimbangkan untuk membuat iklan layanan usaha kamu yang efektif, kamu mungkin merasa overwhelmed oleh kompleksitasnya. Inilah mengapa jasa pembuatan periklanan seperti DIGIMA bisa sangat berguna. DIGIMA adalah agensi digital yang memiliki pengalaman dalam mendesain dan mengembangkan website yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. Membuat infographics lebih menarik. Kamu bisa membuat Hubungi Instagram DIGIMA. Kamu dapat mengambil kendali atas bisnis kamu, membangun merek yang kuat, dan menciptakan keberlanjutan jangka panjang.