Strategi Membangun Corporate Branding

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Apakah Anda pernah mendengar istilah ‘corporate branding’? suatu istilah yang sering dihubungkan dengan slogan, logo, atau psikologi warna tertentu. Corporate branding sebetulnya merupakan salah satu dari berbagai aspek yang dianggap penting dalam strategi marketing. Lalu, apa sih sebenarnya pengertian dari corporate branding itu?

Pengertian corporate branding

Berdasarkan sumber dari situs marketing 91, corporate branding merupakan suatu aktivitas di mana marketer memakai nama perusahaan sebagai brand produk, dan nama perusahaan tersebut merupakan suatu jaminan kualitas produk atau pelayanan yang telah diberikan oleh perusahaan tersebut.

Tujuan utama dari corporate branding ialah sebagai diferensiasi, yakni untuk memilah perusahaan atau produk yang berkaitan dari pesaing lain. Selain itu, corporate branding juga bisa memberikan kesan yang bisa memberikan pembeda pada identitas brand di pasar dan para pelanggan.

Pentingnya menggunakan corporate branding

Berdasarkan kutipan dari Chron, terdapat berbagai faktor yang membuat corporate branding ini sangat penting digunakan dalam perusahaan, yaitu

  • Menawarkan keuntungan yang lebih besar
  • Meningkatkan jumlah ROI(pengembalian investasi). ROI merupakan hasil dari sejumlah aset yang dipakai pada suatu perusahaan atau rasio yang memberikan ukuran efisiensi manajemen untuk menentukan tingkat profitabilitas dari suatu investasi.
  • Dapat membantu meningkatkan nilai saham pada perusahaan
  • Mempersiapkan strategi dalam waktu jangka panjang sebagai tujuan marketing dan konsistensi produk.
  • Mengidentifikasi identitas bisnis
  • Memfasilitasi identifikasi target marketing

Strategi membangun corporate branding

Aktivitas corporate branding dari suatu perusahaan akan dianggap berhasil apabila dikenal oleh lebih banyak orang dan dapat membawa manfaat yang signifikan bagi perusahaan. Di bawah ini beberapa strategi membangun corporate branding yang bisa Anda gunakan sebagai pedoman dalam mewujudkan cita-cita keunggulan perusahaan Anda, antara lain,

  • Memberikan informasi mendetail tentang merek Anda

Pastinya, seluruh strategi marketing ditujukan untuk meningkatkan brand awareness dan mendapatkan leads sebanyak-banyaknya. leads yaitu kelompok pelanggan yang nantinya bisa menjadi calon pelanggan. makanya, sebelum Anda mempublikasikan informasi penting tentang merek Anda, sebaiknya periksa merek Anda untuk menghindari kesalahpahaman dikemudian hari. Jangan lupa untuk memberi informasi dengan detail supaya calon pelanggan tidak merasa kecewa pada saat memakai produk yang Anda promosikan.

  • Memutuskan strategi yang sesuai dengan bisnis marketing Anda

Pastinya Anda membutuhkan strategi yang tepat supaya bisnis Anda tetap berjalan dengan lancar. Menetapkan corporate branding dalam strategi marketing bisa memudahkan pencapaian tujuan yang Anda tetapkan. Sehingga, perusahaan akan terlihat lebih profesional karena pembagian tugas beserta tanggung jawab yang lebih terpusat pada tim.

  • Menciptakan penampilan dan karakter merek yang menarik

Dalam pembuatan tampilan dan brand yang tergolong unik dan menarik, Anda dapat mengonsultasikan dengan ahlinya untuk menciptakan mahakarya yang menakjubkan. Salah satu cara dalam hal ini ialah dengan menata penampilan agar brand Anda tampak menonjol dari brand yang lainnya.

  • Membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan

Sebuah bisnis tidak akan berhasil tanpa memelihara komunikasi yang baik dengan para pelanggan. makanya, berikan pelayanan yang nyaman seperti media onlien dan saluran telepon secara langsung pada saat menanggapi pertanyaan dan keluhan pelanggan. jika ada pelanggan yang komplain tentang suatu produk, coba tanyakan kepada mereka waktu observasi produk terlebih dahulu.

  • Menjaga loyalitas pelanggan

Branding corporate dianggap sangat bagus jika mempertahankan pelanggan setia(loyalitas pelanggan). makanya, sangat penting bagi Anda untuk menjaga kepercayaan pelanggan, lebih-lebih jika Anda mampu untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Anda. dalam hal ini merupakan suatu hal yang sangat penting pada strategi bisnis pemasaran.

Itu saja pengertian corporate branding dan strategi membangun corporate branding. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan penilaian secara rutin. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda. Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai artikel diatas Anda bisa mengunjungi akun media sosial kami.