Dengan adanya perkembangan teknologi dalam dunia digital marketing ataupun informasi, membuat profesi sebagai content writer dan copywriter banyak dicari oleh banyak perusahaan besar. Jika dilihat dari tugasnya yang sama-sama menulis untuk kebutuhan pemasaran, memang hampir tampak serupa. Lalu bagaimana Anda mengetahui perbedaan diantara kedua profesi ini?
Apa itu Content Writer dan Copywriter?
Tentunya masih banyak yang bingung mengenai perbedaan content writer dan copywriter. Berikut penjelasannya.
- Content writer
Content writer adalah orang-orang yang bekerja sebagai penulis konten untuk sebuah website perusahaan atau klien. Tugasnya membuat konten yang tentunya harus relevan, karena tujuannya sangat jelas yaitu membuat produk atau website perusahaan agar muncul dalam urutan pertama mesin pencari. Content writer dalam kegiatan penulisan dapat disebut sebagai content writing. Dan konten yang dibuat biasanya juga lebih panjang dan detail serta tidak ketinggalan untuk mengoptimalkan penggunaan keyword.
- Copywriter
Sedangkan Copywriter sendiri adalah orang-orang yang memiliki tugas menulis artikel atau konten untuk kebutuhan komersil, seperti menghasilkan konten yang bertujuan mengiklankan sebuah produk atau jasa, serta branding. Dalam istilah yang sederhana, Copywriter adalah orang yang menulis untuk materi marketing dan iklan. Copy adalah sebutan dari konten yang ditulis. Sedangkan dalam kegiatan menulis konten disebut sebagai copywriting.
Tidak hanya industri kreatif yang memerlukan jasa seorang copywriter. Namun hampir semua perusahaan memerlukan jasa mereka untuk menjual produk serta mempromosikan perusahaan. Hasil tulisan dari seorang copywriter biasanya muncul di beragam platform seperti website perusahaan, sosial media, dan juga pada iklan televisi.
Apa Saja Tugas dari Content Writer dan Copywriter?
Tugas dari Content writer dan Copywriter bukan hanya menulis untuk kebutuhan branding ataupun mengiklankan suatu produk/jasa saja. Berikut tugas dari content writer dan copywriter yang perlu Anda pahami :
- Tugas dari Content Writer
Seorang content writer perlu menggunakan teknik SEO dan editing tulisan untuk menaikkan traffic pembaca konten dalam membuat sebuah content writing. Dikarenakan seorang content writer akan bertanggung jawab pada website perusahaan maupun klien. Content writer akan secara rutin mengupdate atau menulis artikel di website. Tentu saja tulisan yang telah dibuat haruslah menggunakan keyword agar website bisa mudah muncul di mesin pencari seperti Google. Tugas lainnya dari seorang content writer adalah mengelola konten-konten di media sosial perusahaan. Maka dari itu, syarat pertama menjadi content writer adalah kemampuan di bidang SEO dan analisis. Artikel-artikel tersebut biasanya juga harus dimonitor statistiknya agar terlihat bagaimana performa dari setiap artikel yang telah dipublikasikan. Dan artikel ini harus bisa menaikkan awareness serta kepercayaan publik.
- Tugas dari Seorang Copywriter
Sedangkan tugas dari copywriter sendiri adalah membuat naskah persuasif yang efektif agar masyarakat dapat tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Seorang copywriter perlu melakukan pengamatan atau observasi terhadap produk maupun jasa perusahaan untuk membuat sebuah tulisan. Mulai dari keunggulan dan kelemahan produk atau jasa, hingga target pasar dan lain sebagainya. Ini bertujuan agar dapat membuat konten yang tepat dan dapat menarik banyak pengunjung. Tidak hanya website perusahaan, hasil tulisan dari profesi ini bisa juga di upload ke berbagai platform, seperti televise, iklan, radio, billboard dan juga media sosial (Instagram, Twitter, Facebook, YouTube ataupun TikTok). Seorang copywriter juga harus bisa menghasilkan kata-kata yang unik dan mudah diingat oleh orang. Karena kata-kata tersebut dapat disebut sebagai Call to Action (CTA). Yakni sebuah ajakan berupa teks pada halaman situs, banner iklan, dan email yang memiliki tujuan untuk mengarahkan atau mengajak pengunjung agar melakukan sesuatu.
Itulah ulasan mengenai perbedaan serta tugas dari content writer dan copywriter yang bisa Anda ketahui. Dengan mengetahui perbedaan dari keduanya, Anda dapat menentukan mana yang lebih Anda butuhkan untuk perusahaan.