Rekomendasi Memilih Marketing Tools Terbaik untuk Bisnis

Table of Contents

 Apakah Anda ingin membangun bisnis? Atau pernahkah Anda ditawari untuk menjadi digital marketer atau digital marketer untuk bisnis apapun, baik milik teman atau orang lain? Teknologi online sekarang membuat pemasaran bisnis  menjadi  hal biasa di bisnis kecil.

Menjalankan bisnis di era digital  sepertinya mudah. Dapatkan produk, pajang, promosikan, dan tunggu pelanggan datang secara otomatis. Tetapi pada akhirnya Anda harus melakukan hal. Oleh karena itu, Anda membutuhkan bantuan alat pemasaran untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Dalam artikel ini, merupakan ide bagus untuk menemukan alat pemasaran yang dapat digunakan perusahaan Anda. Tetapi pertama-tama, jika Anda baru  membangun bisnis, memahami pentingnya pemasaran itu sendiri akan membantu Anda memahami hal berikut: Langsung saja kita mulai, simak petunjuknya sampai habis ya!

Nah, setelah ini kita akan membahas tentang apa definisi marketing tools, jenis-jenis marketing tools, dan tipe marketing tools.

  1. Definisi Marketing Tools

Marketing tools adalah alat yang digunakan  perusahaan dan perusahaan untuk mengembangkan produk dan layanan. Dalam konteks ini, kata “alat” harus dipahami sebagai teknik, strategi, dan materi. Alat pemasaran adalah teknik dan bahan yang digunakan untuk mempromosikan / menjual barang dan jasa. Sebagian besar pelaku bisnis menggunakan alat pemasaran untuk menjual produk dan layanan mereka kepada publik.

  1. Jenis-jenis marketing tools

 

Memasarkan  produk dan jasa di era digital marketing menghadirkan tantangan sekaligus  peluang yang menjanjikan. Dikatakan bahwa ada tantangan karena  tren pemasaran berubah lebih cepat. Pengusaha harus selalu siap menghadapi perubahan, terutama dalam hal perilaku konsumen. Tentu saja, tantangan ini menawarkan peluang baru. Dan siapa pun yang dapat beradaptasi sambil membaca dengan baik apa yang  terjadi akan menang.

Konsumen selalu dapat mengingat kehadiran mereka karena mereka dapat menggunakan alat pemasaran yang tepat  untuk meningkatkan penjualan dan membangun merek mereka. Untuk alasan ini, di atas segalanya, para pebisnis perlu mengetahui alat pemasaran yang tepat.:

  • Website
  • Billboard
  • Spanduk
  • IklanTelevisi dan Surat Kabar;
  • Brosur
  • Kartu Nama
  • Video Marketing
  • Direct Email
  • Company Profile
  • Merchandise

 

Aplikasi marketing tools untuk anda gunakan

Jika Anda sudah memahami jenis-jenis alat pemasaran yang dapat Anda gunakan pada poin sebelumnya, berikut  beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda.

  1. Trello

Trello adalah situs web yang membantu Anda membuat dan mengatur strategi yang telah ditentukan sebelumnya. Trello memungkinkan Anda untuk mengelompokkan setiap tugas menurut grup yang ditentukan. Misalnya ada grup seperti jadwal posting feed Instagram, jadwal live, jadwal iklan, ide, dan grup lainnya.

  1. Canva

Canva adalah situs web dan aplikasi yang memungkinkan Anda membuat desain yang menarik untuk  konten yang Anda posting ke akun media sosial Anda. Penggunaannya sangat sederhana dan cocok untuk pemula di dunia desain.

  1. Unsplash atau pexel

Situs web online  ini adalah toko gambar  gratis untuk  konten Anda. Gambar-gambar  di situs web ini  bebas digunakan karena kami tidak memiliki lisensi hak cipta yang harus kami bayar.

  1. Instagram, Facebook, Twitter

Tentu saja, Anda bisa dan harus menggunakan media sosial  yang ada. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menggunakan media sosial  sangat efektif dalam mempromosikan produk Anda.

Sebagian besar perusahaan menggunakan berbagai alat pemasaran seperti iklan, surat langsung, dan riset pasar untuk meningkatkan penjualan. Juga, sebagian besar perusahaan memiliki akses gratis ke berbagai alat pemasaran. Beberapa di antaranya dirancang khusus untuk mendorong penjualan, tetapi banyak yang berfokus pada pengumpulan data konsumen. Kedua tujuan ini baik-baik saja karena nantinya Anda dapat menggunakan data perusahaan Anda untuk mendapatkan strategi untuk meningkatkan penjualan  dengan menggunakan beberapa alat pemasaran secara bersamaan.

Ada satu hal penting untuk diketahui. Banyak perusahaan menggunakan alat pemasaran untuk mengkomunikasikan informasi perusahaan, menarik konsumen, dan mendorong pengambilan keputusan. Untuk membangun bisnis yang baik dan terlibat dengan konsumen, Anda perlu menerapkan beberapa strategi pemasaran  terintegrasi.

  1. Tipe Marketing Tools

Di bawah ini, terdapat beberapa tipe marketing tools yang harus diketahui yaitu:

  1. Iklan Pekerjaan

Iklan Pekerjaan bisa sangat membantu dalam meningkatkan prospek. Timbal, seperti yang kami maksud di sini, adalah konsumen potensial. Iklan lowongan kerja dapat menarik orang untuk mengunjungi situs atau halaman tertentu. Iklan lowongan juga dapat menggoda orang untuk mencari informasi lebih lanjut.

  1. Media Sosial

Di era pemasaran internet  saat ini, media sosial adalah alat pemasaran yang memungkinkan Anda membangun hubungan online interaktif dengan konsumen. Tujuannya bukan untuk mengumpulkan data dan membangun kepercayaan pelanggan. Internet marketing dalam hal ini mengacu pada kegiatan pemasaran yang dilakukan hanya  secara online. Aplikasi pemasaran internet dapat menggunakan teknik blogging, posting, dan

  1. Survei

Survei sangat membantu dalam memutuskan produk mana yang akan diproduksi dan dalam meningkatkan atau memperbarui produk dan layanan. Gunakan survei untuk menanyakan sampel konsumen yang representatif tentang apa yang mereka sukai dari suatu produk atau pesaing. Survei ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk langsung melalui telepon atau surat. Saat ini, metode yang paling umum adalah melakukan survei pemasaran  online menggunakan  Google Docs dan aplikasi Surey Monkey.

  1. Automation

Automation adalah alat pemasaran yang  menghemat  waktu. Pemasar dapat mengurangi waktu yang mereka habiskan untuk tugas sehari-hari seperti menyimpan file dan email ke spreadsheet. Fitur ini berfungsi di Facebook, Twitter, FitBit, Google Drive, dan Gmail.

Sekarang setelah Anda mengetahui marketing tools di atas, Anda mungkin berpikir untuk mencobanya sebagai cara untuk mengembangkan bisnis Anda. Dengan memilih dan menggunakan alat pemasaran yang tepat, perusahaan dapat mengoptimalkan strategi pemasarannya dalam waktu yang relatif singkat.