Perbedaan SEO On Page dan Off Page?

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Lantas, apa perbedaan SEO On Page dan Off Page? SEO Off page adalah langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar situs untuk mendukung langkah SEO on page Anda. Tujuannya adalah agar situs web Anda muncul di halaman teratas mesin pencari. SEO Off page memiliki beberapa area fokus, antara lain seperti menjaga otoritas domain dan page authority melalui link building dan aktivitas pengoptimalan eksternal lainnya.

Nah, sebenarnya apa sih pengertian dari kedua tipe SEO itu dan apa perbedaanya? Tenang saja, berikut kami akan menjelaskanyya kepada Anda.

Membedakan SEO On page dan SEO Off page

Pemilik website, pebisnis online, dan blogger sudah tidak asing lagi dengan istilah Search Engine Optimization (SEO). Yaitu teknik yang digunakan untuk meningkatkan Traffic Website.

Ada dua jenis SEO: SEO on page dan off page. Kedua teknik ini sangat penting dalam menentukan keberhasilan kampanye optimisasi mesin pencari Anda. Pada tingkat tinggi, perbedaan antara SEO on page dan off page adalah:

  • SEO On page adalah teknik optimasi yang dilakukan pada sebuah situs web dengan mengoptimalkan konten dan elemen teknis halaman situs web.
  • SEO Off page adalah teknik optimasi yang dilakukan di luar situs untuk membuat situs web Anda muncul di halaman teratas Google Penelusuran. Hal ini dilakukan  dengan meningkatkan otoritas domain authority melalui link building, backlink, dan aktivitas pengoptimalan situs web lainnya.

Komponen On Page SEO

Komponen penting dari Teknik On Page SEO yang dapat mempengaruhi peringkat situs web Anda di halaman pencarian google, antara lain:

Headings

Judul biasanya memiliki ukuran font yang lebih besar daripada bagian halaman lainnya. Judul lebih penting daripada konten. Jadi tempatkan kata kunci Anda secara alami di setiap judul konten.

Konten biasanya memiliki beberapa judul dan dikategorikan sebagai berikut:

Judul 1 (H1), Judul 2 (H2), Judul 3 (H3), dst. Namun, perhatikan bahwa setiap konten hanya memiliki satu Judul 1 (H1). Anda dapat mengatur judul selain subtitle, judul 2 (H2), judul 3 (H3), dll.

Struktur URL

apabila sebuah website diibaratkan menjadi rumah, maka URL (Uniform Resource Locator) merupakan alamat menurut situs tersebut. Sebuah URL usahakan mengandung istilah kunci. Tetapi bila konten atau website terlanjur dipublikasikan tanpa menempatkan istilah kunci dalam URL, usahakan tidak membarui susunan URL tersebut.

Perancangan struktur dalam URL website pula berpengaruh supaya Google bisa dengan gampang mengenal dan mengetahui sebuah website. Struktur URL sanggup didesain dan ditata menurut kategori halaman, juga hierarki halaman.

Alt text untuk gambar

Menambahkan teks alternatif pada semua gambar, adalah tindakan yang wajib dilakukan. Tindakan ini membantu pembaca tunanetra untuk memahami konten pada situs Anda melalui gambar. Masukkan kata kunci yang tepat kemudian berikan deskripsi secara akurat untuk membantu google menemukan halaman Anda. Ingat patuhi WCAG (Web Content Accessibility Guidelines) Ketika menambahkan atribut alt text, yang terdiri dari:

  • Deskripsikan foto dalam 8-10 kata.
  • Tambahkan kata kunci secara alami.
  • Tambahkan lokasi sesuai kebutuhan.
  • Jangan menambahkan kata kunci yang tidak relevan/mengesankan ke gambar Anda.

Page speed

Komponen page speed, berkaitan dengan kecepatan Google pada membantu pengguna menemukan dan mengakses page yang dicari. apabila laman speed optimal, situs web Anda berpeluang lebih tinggi buat menduduki peringkat atas pada page pencarian Google.

Google mempunyai PageSpeed Insights yang bermanfaat untuk menganalisis situs web Anda dalam perangkat seluler juga desktop. Hasil analisis tadi lalu dipakai buat menaruh saran perbaikan bagi situs Anda agar page speed lebih optimal.

Konten halaman

Konten situs web Anda harus bermanfaat bagi pengunjung Anda. Jadi ketika pengunjung mencari topik yang relevan, website Anda akan menempati peringkat pertama.

Tidak ada pedoman yang jelas dari Google, tapi usahakan minimal 500 kata di setiap halaman konten. Tempatkan kata kunci secara alami di judul, di awal paragraf, di tengah konten, dan di akhir.

Mobile friendliness

Seberapa ramah pengguna situs web Anda saat dilihat di perangkat seluler? Kecepatan memuat halaman seluler saat ini merupakan metrik terpenting Google. Pengujian Situs Mobile-Friendly membantu Anda menganalisis masalah yang mungkin dialami pengunjung saat mengakses situs web Anda dari perangkat seluler.

Internal link

Internal link adalah link yang secara internal menautkan konten ke halaman terkait lainnya di dalam situs. Tindakan ini dapat meningkatkan peringkat situs Anda di halaman pencarian. Tandai konten yang ditautkan secara internal dengan anchor text (kata atau frasa dengan tautan yang ditandai dengan huruf biru dan garis bawah) pada konten yang diberi internal link.

Komponen pada Off Page SEO

Sama seperti On Page SEO, Off Page SEO juga memiliki komponen yang mengandung kinerja Teknik promosi website, antara lain:

Backlink

Backlink adalah istilah yang digunakan untuk memberi nama tautan yang mengarah ke situs web Anda. Untuk membangun backlink yang berkualitas dan kuantitatif, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buat konten yang menarik dan berkualitas. Karena backlink yang berkualitas lebih penting daripada kuantitas.
  • Bagikan di media sosial.
  • Promosikan situs web Anda melalui buletin dan influencer.
  • Undang penulis lain untuk mengomentari situs Anda.

Domain authority

Domain authority adalah metrik yang dibuat oleh beberapa third party yang memberikan ukuran seberapa dapat dipercaya sebuah situs web berdasarkan rujukan dari mesin pencari Google. otoritas domain merupakan salah satu barometer yang mempengaruhi kredibilitas sebuah website. Beberapa third party yang memberikan domain authority berdasarkan algoritma termasuk Moz dan Ahref.

Promosi sosial

Meningkatkan Social Signal adalah teknik untuk meningkatkan traffic situs web, peringkat, dan kredibilitas dengan mempromosikan situs web Anda melalui media sosial.

Dengan demikian, SEO on-page adalah langkah pengoptimalan yang berfokus pada peningkatan internal situs web Anda, sedangkan SEO off-page adalah langkah pengoptimalan yang berfokus pada peningkatan eksternal situs web Anda.