Perbedaan Sales Dan Marketing

Table of Contents

Website Builder Gratis

Sales dengan marketing merupakan bagian dari suatu dua proses untuk menjual atau menawarkan barang dan jasa kepada konsumen. Sales atau  marketing mempunyai ciri yang beda , itulah mengapa sales dan marketing mempunyai cara kerja yang berbeda . banyak orang menggambungkan sales dan marketing untuk pengembangan sebuah produk, jasa maupun untuk bisnis. Meskipun penjualan dengan pemasaran saling terkait satu sama lain, karena itu kita akan menguraikan perbedaan penjualan dengan pemasaran mengapa penjualan dengan pemasaran tetap terkait satu sama lain tetapi tetap mempunyai ciri masing masing . Apa perbedaan dari sales dengan marketing?

Apa Sih Penjualan Itu?

Sales merupakan kegiatan menjual barang dan jasa untuk konsumen , dengan cara ini bisa meyakinkan konsumen dengan penjualan yang Anda punya. Anda bisa menyakinkan konsumen Anda dengan cara menjelaskan keunggulan dari produk Anda atau menawarkan produk Anda agar terlihat menarik dari penjualan yang lain.

Siabel Sales Handheld diperkenalkan pada penduduk bumi pada tahun 1999 dan mempunyai aplikasi Bernama CRM (Customer Relationship Management) .

Baca juga: Strategi Pemasaran Digital

Aspek yang harus difahami dalam sales

Penjualan mempunyai aspek penting dalam kinerja, apa saja sih aspek itu?

   1. Adanya Interaksi Langsung Kepada Konsumen

Penjual harus berinteraksi langsung kepada konsumennya,agar penjul bisa menjelaskan tentang kerjanya dan konsumen pun juga akan lebih paham dengan apa yang di inginkan.Ini bisa terjadi dalam bentuk apa pun, bertatap muka, telepon, email, atau platfrom yang lain.

   2. Pendekatan Penjualan

Dalam Pendekatan ini mempunyai banyak variasi tergantung pada industri, produk atau layanan yang ditawarkan dan referensi dari konsumen.Pendekatan umum bisa dilakukan dengan cara presentasi produk, pemaparan, negoisasi harga dan penanganan atau pertanyaan yang akan diajukan oleh konsumen.

   3. Pencapaian Dalam Target Penjualan

Dalam penjualan mempunyai target dari aktivitas yang sudah dilakukan dari penjualan.

Target penjualasan biasanya meliputi target harian , mingguan, bulanan, maupun tahunan , tergantung pada strategi yang dimiliki oleh penjual.

   4. Analisis Dalam Kinerja Penjual

Setiap perusahaan mempunyai penilaian sendiri dari kinerja penjualan untuk memikirkan strategi penjualan, agar mengetahui kapasitas dan kinerjanya.

Biasanya melibatkan konversi penjualan, penilaian transaksi, tingkat keberhasilan dalam proses penjualan, bagaimana respons menanggapi kesalahan seseorang dari penjualannya maupun masalah dari konsumen.

    5. Pengembangan Dan Pelatihan Dalam Penjualan

perusahaan rata rata menginvestasikan waktu dalam berkeja, pengembangan tim dalam penjualan mereka. Ini termasuk dalam pelatihan tentang produk atau layanan, Teknik penjualan, keterampilan komunikasi dan manajemen waktu.

Apa Saja Sih Target Dalam Sales?

Target dalam sales adalah sebuah tujuan yang di sering di lihat oleh perusahaan dalam waktu kinerja . berikut adalah beberapa target umum:

     1. Target Penjualan Berbasis Volume

Jenis target ini adalah umum, dimana tim penjualan di tugaskan utuk mencapai volume penjualan atau target. Target bisa di liat dari segi produk yang di jual, volume penjualan dalam satuan bisa di sebut moneter atau jumlah pelanggan baru yang sudah di peroleh dalam waktu itu juga.

    2. Target Penjualan Berbasis Pendapatan

Dalam target ini penjual mempunyai target yang harus mecapai pendapatan nya, entah dari segi pendapatan kotor atau dari penjualan produk. ini semua bisa mencakup dari pendapatan bruto, laba kotor, atau pendapatan bersih setelah potongan biaya.

    3. Target Pelangganan Baru

Setiap perusahaan mempunyai target sendiri dalam mendapatkan pelangganan baru. Tim penjualan di tugaskan bagaimana untuk menarik konsumen agar tertarik pada produk yang di punyai , baik melalui strategi pemasara atau pendekatan penjualan langsung.

    4. Target Pelangganan Setia

Target juga dapat di tetapkan untuk mempertahankan pelanggan agar bisa membuat usaha menjadi meningkat atau bisa meingkatan nilai penjualan atau pembelian dan bisa harus untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan setia dan meningkatkan rentesi pelanggan.

    5. Target Wilayah atau Daerah

Target penjualan bisa di liat dari masing masing wilayah, banyak nya tersebar luas akan banyak juga target penjualan. Biasanya manajer penjualan menyesuaikan target berdasarkan karakteristik pasar setempat.

    6. Target Pengembangan Produk

Setiap perusahaan mempunyai pengembangan produk terus menerus agar menjadi produk yang di inginkan. Target setiap produk biasanya sudah di tetapkan untuk menghasilakan pendapat dan volume penjualan dari produk baru yang dalam periode waktu tertentu.

Apa Saja Kinerja Sales?

Dalam kinerja seles adalah penting untuk meraih suatu pendapatan dan tanpa di sadari perusahaan juga menilai tentang kinerja.

     1. Penjualan Bersih

Penjualan bersih adalah penilaian yang penting dalam menilai kinerja penjualan.

Penjualan bersih adalah jumlah total pendapatan yang sudah di hasilkan dari penjualan setelah di kurangi dengan biaya produksi, biaya operasional dan biaya lain.

     2. Target Penjualan

Target penjualan bisa di liat dari dekat jauh nya penjualan yang telah di capai dari target yang sudah di tetapkan berdasarkan proyeksi penjualan, anggaran atau tujuan strategi dalam perusahaan.

     4. Aktivitas Penjualan

Aktivitas penjualan bisa di liat dari jumlah ospek pertemuan penjualan yang di atur, presentasi produk atau layanan yang di berikan.

     5. Penilaian Pelanggan

Ulasan dari pengalama mereka dengan tim penjualan dan produk atau layanan yang di tawarkan , dapat memberikan wawasan berharga tentang area yang perlu di tingkatkan.

Apa Sih Pemasaran Itu?

Para ahli adalah sebuah proses yang memiliki sistem desain manajerial untuk menciptakan, menawarkan atau menukarkan produk miliknya dengan produk orang lain. Pemasaran adalah awal dari terbentuknya bisnis ataupun penjualan beli yang sudah disusun strategi atau rencana untuk menentukan harga, mempromosikan serta juga dapat memberikan kepuasan konsumen tersendiri.

Apa Saja Aspek Yang Harus Di Pahami?

Tidak hanya penjualan, pemasaran juga mempunya aspek , untuk menguntungkan perusahaan , di sini Anda bisa mengetahui aspek dalam pemasaran, kami akan menguraikan apa saja aspek yang harus Anda fahami:

   1. Segmen Pasar

Segmen pasar adalah kegiatan untuk membagi segmen dalam sebuah pasar berdasarkan karakteristik pembeli atau konsumen.

Diharapkan dengan segmen pasar dapat meraih laba maksimal dan strategi pemsaran akan berjalan dengan lancar.

   2. Analisa Pesaing Bisnis

Pesaing adalah Perusahaan yang memproduksi barang atau jasa yang tidak jauh dengan barang produk anda.Maka dari itu anda harus mengenali pesaing anda dan anda harus mempunyai startegi baru agar produk anda kuat serta anda harus mengetahui kelemahan pesaing anda.

   3. Analisa Pasar Dan Estimasi Permintaan

Analisi pasar dan estimasi permintaan adalah suatu yang harus dilakukan dan direncanakan dan harus mempunyai strategi yang sesuai dalam kondisi pasar.

   4. Promosi Penjualan

Di dunia pemasaran, promosi adalah suatu kegiatan yang sangat penting.

Promosi yang harus anda lakukan kepada pelanggan agar mereka tertarik dengan barang yang anda promosikan dan Anda harus menggunakan atau kata kata ajakan yang menarik .

Apa Saja Sih Target Dalam Pemasaran?

Target juga dimiliki oleh marketing agar apa yang ingin di gapai dalam perusahaan atau produk akan tercapai. Anda juga harus memahami target pemasaran. Kami akan uraikan apa sih target dalam pemasaran?

Dalam target pasar mempunyai sasaran spesifik dari calon pelanggan atau konsumen untuk menjadi fokus utama untuk pemasaran suatu produk atau layanan.

Target dalam pasar ada banyak hal tetapi di sini kami memberikan yang paling utama dalam target pasar.

    1. Demografi

Target pemasaran demografi dilihat dari faktor usia, jenis kelamin, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, dan status perkawinan.

Yang dimaksud adalah setiap produk atau layanan mempunyai petunjuk usia.

    2.Geografi

Setiap target dapat ditentukan dari letak strategi wilayah , provinsi, kota ,daerah atau bahkan lingkungan tertentu. Keputusan Perusahaan untuk menyesuaikan strategi pemasaran dengan faktor seperti iklim, budaya dll.

    4. Tujuan Pemasaran

Dengan mentepakan target yang sesuai dengan tujuan pemasaran, penelitian dapat mencapai keberhasilan kampanye meraka dan melakukan penyesuaian .

Kampanye mempunyai tujuan yang jelas, seperti mengingatkan pemasaran kualitas produk, meningkatkan penjualan kepada konsumen dan dapat memperluas penjualan produk ke pasar.

Bagaimana Kinerja Pemasaran?

Pemasaran juga membutuhkan kinerja yang sangat baik, untuk mewujudkan pelayanan bagi konsumen yang dibutuhkan, apa sih yang dibutuhkan dalam kinerja pemasaran?

     1.Kesadaran Merek

Merek dalam pemasaran sangatlah penting untuk mempromosikan kepada konsumen atau antar pasar. Anda dapat mensurvei tempat atau menganalisis dari media sosial atau jumlah pencarian online yang terkait.

     2.Keterlibatan Konsumen

Keterlibatan konsumen pada pemasaran sangatlah penting untuk daya Tarik dalam pemasaran.banyaknya konsumen dalam konten pemasaran atau seperti klik tautan, like dan komentar di media sosial .

     3. Peningkatan Penjualan

Besarnya dalam peningkatan penjualan kita bisa melihat dari besarnya Upaya pemasaran melalui analisi penjualan langsung.

     4.Umpan Balik Pelanggan

Dalam umpan balik konsumen tentang produk layanan kita sangatlah penting.

Agar kedepannya dalam produk atau layanan bisa lebih baik.

Baca juga:Pentingnya Konsistensi Brand dalam Digital Marketing

Kesimpulan

Perbedaan sales ataupun marketing ada di dalam pengerjaannya.Dalam penjualan untuk produk atau layanan kepada konsumen, jika untuk pemasaran juga bertujuan untuk menciptakan kesadaran, minat, maupun keinginan dari konsumen baik dari produk maupun layanan yang disediakan oleh penjual . Meskipun mereka mempunyai perbedaan jika mereka saling berhubungan akan menghasilkan sebuah ide atau tujuan yang dapat menciptakan pepecapaian di dalam perusahaan. Penjualan memerlukan dukungan dari pemasaran, dan pemasaran pun juga membutuhkan penjualan, sama saja timbal balik untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

 

Penulis: Rahma