Pentingnya Editing Foto untuk Branding Produk Berkualitas

Table of Contents

editing foto adalah

Salah satu cara terbaik dalam menjalankan strategi branding produk di era digital ini adalah dengan memaksimalkan tampilan produk di sosial media agar tampak lebih menarik di mata konsumen dibanding pesaingnya. Tentu, untuk menghasilkan konten berupa gambar atau foto produk yang berkualitas semacam ini, Anda sebagai pengembang tidak bisa dengan gegabah mengunggah konten tanpa adanya sentuhan artistik serta ciri khas yang akan membuat konsumen lebih peka dalam menandai brand Anda dibanding pesaingnya. Maka dari itu, editing foto pada produk wajib dilakukan sebelum gambaran produk sampai di mata konsumen.

Editing foto memiliki lebih banyak kepentingan dalam upaya membentuk branding produk yang berkualitas selain dalam hal menambah estetika agar gambar yang dihasilkan tampak lebih cerah, maupun meniadakan kesalahan pada saat proses pengambilan gambar dilakukan. Setidaknya terdapat 8 hal penting lainnya yang bisa menjadi alasan mengapa proses satu ini perlu dioptimalkan untuk menhasilkan branding produk yang berkualitas, seperti:

1. Memberikan Konsistensi Visual

Foto produk yang lebih teratur dan konsisten di sosial media akan memberikan citra merek yang kuat, konsisten, dan menarik perhatian konsumen. Ini juga akan memperkuat daya ingat konsumen tentang produk Anda karena penerapan elemen-elemen visual yang beragam.

2. Membuat Fitur Produk Lebih Menonjol

Editing foto memungkinkan Anda mengeksplorasi beragam jenis konten contohnya dengan memberikan satu segment khusus yang menjelaskan beragam fitur dari produk yang digunakan semenarik mungkin. Ini akan sangat membantu menimbang konsumen bukan hanya membeli produk karena tampilan yang menarik, tapi juga karena kelebihan dan manfaat dari produk yang ditawarkan.

3. Strategi Branding Warna

Corak, pilihan warna, elemen, hingga font yang serupa dalam setiap postingan foto yang dibuat akan memberikan ciri khas pada produk atau merek. Dengan editing foto yang tepat maka Anda dapat mempertahan setiap postingan sesuai dengan branding warna yang ditetapkan sebelumnya.

4. Meningkatkan Kualitas Produk

Dengan bantuan editing foto, Anda dapat dengan mudah meningkatkan kualitas produk. Kelebihan satu ini cocok bagi Anda yang memasarkan produk secara online agar foto produk yang diberikan jelas tanpa ada blur.

5. Menampilkan Kesan Profesional

Foto yang diedit dengan baik akan menciptakan kesan profesional. Ini akan sangat membantu jika konten tersebut digunakan sebagai bahan promosi terutama di sosial media. Oleh karena itu, foto yang digunakan  harus tampak sempurna dan jelas informasinya. Ingat, konsumen selalu mengharapkan produk terbaik sehingga wajah yang ditampilkan oleh merek harus profesional dan baik pula.

6. Optimasi Media Sosial

Jika Anda melakukan branding produk pada lebih dari satu media sosial, maka editing foto adalah salah satu langkah terpenting. Ini dikarenakan setiap sosial media memiliki persyaratan yang berbeda untuk setiap postingan, misal Instagram yang memungkinkan Anda untuk hanya mengunggah gambar dengan ukuran sama sisi (persegi), lalu, artikel yang lebih cocok dengan format landscape (persegi panjang).

7. Membangun Story dan History

Dengan menggunakan editing Anda dapat membuat konten yang menonjolkan kisah dan sejarah dari produk yang Anda buat. Ini akan memberikan kesan pada konsumen yang akan membangun emosi serta interaksi.

8. Deferensiasi dari Kompetitor

Melalui editing foto, Anda dapat membuat konten sekreatif mungkin yang akan membedakan produk Anda dengan kompetitor. Ini akan memberikan nilai khusus produk Anda di mata konsumen sehingga kesan dan pesan yang diberikan pun akan lebih kuat dan mudah dipahami.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua orang bisa melakukan editing foto. Ini adalah pekerjaan yang memerlukan keahlian dan pemahaman pada tahap tertentu tentang desain. Setidaknya, mereka yang bekerja pada bidang ini harus menguasai skill berikut untuk dapat menghasilkan editing foto terbaik yang dapat menarik minat konsumen terhadap produk, yaitu:

  • Memahami cara menggunakan tools desain grafis seperti Adobe Lightroom, Adobe Photoshop, Corel Draw, dan lain sebagainya beserta fitur-fitur didalamnya.
  • Mengasai prinsip dasar desain grafis seperti keseimbangan, proporsi, kontras, dan harmoni sehingga hasil editing yang didapatkan nantinya akan menarik dan efektif secara visual.
  • Paham terkait identitas merek yang akan dikerjakan sehingga dapat menumbuhkan citra dan pesan yang ada pada merek dengan konsisten.
  • Memiliki dasar fotografi yang baik.
  • Kreatif dan menguasai keterampilan retouching yakni proses perbaikan tanpa menghilangkan keasliannya.
  • Kemampuan menajamen waktu dan pemahaman akan penggunaan media sosial yang baik.
  • Memiliki komunikasi yang efektif, karena pada dasarnya editor foto akan sering berkolaborasi dengan pihak lain seperti fotografer, tim pemasaran, dan pihak lain yang berkaitan langsung dengan proses branding produk secara visual.

Dengan menguasai skill di atas akan menjadi bekal terbaik bagi Anda untuk menjadi editor foto profesional. Tidak perlu buru-buru dalam belajar, Anda dapat memahami semua aspeknya satu-persatu secara maksimal untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Namun, untuk mendapatkan hasil foto terbaik yang dapat digunakan sebagai bahan branding produk, Anda tidak perlu menguasai keahlian yang satu ini. Karena kini sudah banyak agensi digital marketing yang menyediakan jasa pembuatan konten seperti Instagram, yang mana didalamnya sudah meliputi pengeditan foto sesuai citra merek pembuatan konten sesuai tren, dan masih banyak lagi jasa yang lainnya.

Jasa Pembuatan Konten Sosial Media

Dengan bantuan jasa pembuatan konten sosial media, branding produk yang Anda lakukan akan menjadi lebih mudah. Anda tidak perlu lagi mencari pekerja maupun bersusah payah membuat konten sosial media seorang diri. Cukup menghubungi agensi terpercaya dan memilih paket yang Anda butuhkan, mereka akan membuat konten sesuai dengan keinginan Anda dan tentunya tetap mempertahan citra merek yang Anda miliki.

Salah satu agensi jasa pembuatan konten sosial media terbaik saat ini adalah DIGIMA yang menyediakan beragam jasa pembuatan konten seperti:

  • Instagram Feed dan Story
  • Instagram Reels
  • Youtube Short
  • dan Tik-Tok.

Digima menjamin kualitas konten yang diberikan adalah terbaik sesuai dengan harga yang ditawarkan. Dengan tim yang profesional dalam bidang perencanaan dan pembuatan konten produk, Anda tidak perlu khawatir dengan hasil akhirnya nanti.

Kesimpulan

Melalui pembahasan kali ini Anda disuguhkan informasi bahwa editing foto merupakan salah satu bagian penting dalam upaya mengoptimasi strategi branding produk terutama di sosial media. Maka dari itu, perlu wawasan dan keterampilan yang mumpuni untuk melakukan pekerjaan yang satu ini agar visual yang dihasilkan efektif untuk menarik konsumen. Maka dari itu, pastikan Anda menggunakan jasa pembuatan konten terpercaya untuk mendapatkan foto produk yang maksimal dan konsisten.