Segmentasi Pasar adalah? Pengertian, Jenis-jenis, serta Contoh dari Segmentasi Pasar

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Segmentasi pasar merupakan salah satu aspek penting dalam sebuah bisnis yang dapat memberikan begitu banyak manfaat terhadap perusahaan. Pada dasarnya segmentasi pasar adalah strategi untuk mengenali target konsumen lebih dalam untuk membuat bisnis berjalan dengan langkah yang tepat. Lalu apa segmentasi pasar itu? Berikut penjelasannya.

Apa itu Segmentasi Pasar?

Segmentasi pasar adalah strategi pemetaan target konsumen berdasarkan karakteristik, kebutuhan, ataupun suatu perilaku agar perusahaan bisa mengenali kelompok konsumen tersebut dengan lebih baik. Dapat dikatakan juga melalui segmentasi pasar, suatu perusahaan dapat mengetahui target konsumen mana yang tepat dan cocok untuk bisnisnya. Dengan begitu, suatu bisnis bisa diharapkan dapat memberikan hasil secara optimal dan memiliki efektifitas pemasaran yang cukup tinggi.

Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli

Selain pengertian di atas, ada juga beberapa pengertian segmentasi pasar dari para ahli. Misalnya saja menurut Kotler dan Amstrong, segmentasi pasar adalah pembagian sebuah pasar ke dalam kelompok berbeda yang ditujukan untuk dapat melakukan pemasaran sesuai karakteristik, kebutuhan, serta keinginan masing-masing.

Selain itu, menurut Pride dan juga Ferrel, pengertian dari segmentasi pasar adalah sistem pembagian pasar menjadi sejumlah konsumen potensial dan juga tertarget. Dan khususnya untuk jenis pelanggan dengan kebutuhan serta karakteristik yang sama.

Jenis Segmentasi Pasar

Pada umumnya segmentasi pasar terbagi menjadi 4 jenis. Yakni segmentasi perilaku, psikografis, geografis, dan juga demografis. Berikut penjelasannya.

  1. Segmentasi Perilaku

Segmentasi perilaku menunjuk pada pengelompokan konsumen yang berdasarkan tingkah lakunya terhadap suatu produk bisnis yang telah ditawarkan, mulai dari sikap, reaksi atau respon, pengetahuan, loyalitas, dan juga penggunaan produk yang terkait dari seorang pelanggan. Biasanya pada jenis segmentasi ini lebih terikat dengan suatu proses pengambilan keputusan atau decision making konsumen.

  1. Segmentasi Psikografis

Segmentasi Psikografis merupakan segmentasi pasar yang lebih cenderung berhubungan dengan aspek psikologis pelanggan. Pada umumnya, pelanggan pada segmentasi psikografis ini cukuplah rumit. Hal ini dikarenakan Anda wajib untuk memahami selera target konsumen secara mendalam. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan survei seperti pembagian dalam kuesioner agar dapat mengetahui preferensi sebenarnya dari konsumen yang terkait. Seperti gaya hidup, ketertarikan, hobi, dan lain sebagainya.

  1. Segmentasi Geografis

Segmentasi geografis adalah pengelompokkan suatu konsumen menurut aspek lokasi seperti tempat tinggalnya. Segmentasi geografis ini tentu tidak kalah penting dari yang lainnya, karena mengingat kebutuhan maupun kegunaan suatu produk serta jasa selalu akan berbeda-beda dan tergantung pada lokasi, keadaan, maupun cuaca.

  1. Segmentasi Demografis

Jenis terakhir segmentasi pasar adalah Segmentasi Demografis, dimana pengelompokkan suatu konsumen berfokus terhadap aspek-aspek seperti usia, pekerjaan, jenis kelamin, pendidikan, status pernikahan, dan lain sebagainya.

Contoh Segmentasi Pasar

Contoh dari segmentasi pasar salah satunya adalah ketika Anda misalnya saja menjadi seorang produsen produk kosmetik. Lalu Anda menginginkan produk tersebut menjangkau pasar lebih luas dengan menjadikannya sebagai produk terfavorit dari berbagai kalangan, termasuk remaja. Dan karena Anda menginginkan target pasar dari kalangan manapun, maka aspek yang Anda gunakan sebagai dasar pertimbangan adalah melalui segmentasi demografis. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan Anda harus meninjau suatu kelompok konsumen berdasarkan kelas sosial, usia, ataupun latar belakangnya. Pada sisi lainnya, Anda dapat menggunakan segmentasi psikografis. Dimana aspek ini yang diperhatikan adalah terkait bagaimana ketertarikan target pasar terhadap produk kecantikan.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian dan jenis-jenis segmentasi pasar beserta contohnya. Jadi, dapat disimpulkan jika segmentasi pasar adalah strategi untuk membantu suatu perusahaan dalam menjangkau target konsumen yang sesuai dan juga tepat berdasarkan pengelompokkan tertentu.