Bagi anda yang berkecimpung di dunia email marketing, anda mungkin saja pernah mendengar istilah open rate. Selain itu, istilah ini juga sangat berkaitan dengan cara meningkatkan open rate email. Dahulu, sebelum strategi marketing semakin beragam, email marketing sempat menjadikan metode digital marketing yang paling banyak digunakan. Sebenarnya masih banyak yang mengandalkan cara ini. Asal di eksekusi dengan tepat, email marketing bisa dijadikan medium promosi yang efektif. Begini logika sederhananya. Setiap orang pasti punya setidaknya satu alamat email untuk berkomunikasi. Meski mereka jarang dipakai untuk komunikasi pribadi, faktanya email masih digunakan sehari – hari. Maka dari itu, email marketing masih bisa dipakai untuk mencapai dua tujuan sekaligus. Untuk menghubungi pelanggan potensial, sekaligus terus berhubungan dengan pelanggan setia.
Lewat artikel ini, kami ingin mengajak anda memahami apa itu open rate sekaligus meningkatkan open rate email. Yuk, simak artikel ini selengkapnya!
Apa itu Open Rate Email?
Open rate adalah rata – rata jumlah user yang membuka email lalu dibaca hingga selesai, dibandingkan seluruh user yang menerima email tersebut. Nah, open rate email adalah salah satu indikator utama untuk mengetahui keberhasilan pemasaran digital melalui email.
6 Cara Meningkatkan Open Rate Email Marketing
Di bagian sebelumnya, anda sudah tahu bahwa open rate adalah ukuran untuk mengukur kesuksesan email marketing. Nah, mari lanjutkan dengan menyimak cara meningkatkan open rate email berikut ini:
1.Pahami Tujuan Pemasaran Email
Cara meningkatkan open rate marketing untuk keberhasilan bisnis yang pertama yaitu memahami tujuan pemasaran melalui email list. Ketika perencanakan kampanye pemasaran email, tujuan yang jelas adalah hal yang wajib diketahui. Adanya akan membantu anda membangun strategi yang berorientasi pada hasil ( result – oriented ).
2.Gunakan Nama Domain yang Tepat
Sebelum mengirimkan email, pastikan anda sebagai marketer sudah punya domain yang tepat. Mengapa? Nama domain yang tepat membantu anda memiliki alamat email yang profesional. Memakai platform email gratisan atau sembarang nama domain tentu saja tidak disarankan.
3.Tulis Konten Email secara Pribadi
Salah satu cara meningkatkan open rate email lainnya yaitu tulis topik pesan ke email penerima personal. Semakin banyak hal dijadikan digital dan mudah di akses, semakin penting pula agar komunikasi ke konsumen semakin personal. Isi email yang dipercaya seseorang yang menarik perhatian, bahkan bisa meningkatkan angka transaksi hingga enam kali lipat.
4.Buat Segmentasi Penerima Email
Jika ingin email anda dibuka, maka ketahuilah target audiens bisnis anda. itulah kunci sukses mengirimkan email yang tepat. Karenanya, anda sebagai nama pengirim perlu membagi email penerima ke kelompok orang atau segmen khusus.
5.Buat Subjek Email yang Menarik
Subjek email atau judul yang panjang tidak akan terlihat bagus untuk email penerima. Malahan, bisa dijadikan email yang anda terakhir di spam. Tips dari kami, buatlah subjek email bisnis yang singkat dengan judul yang menarik, mudah dipahami, jelas, dan bisa sekilas menunjukkan isi dari email yang dikirimkan. Hal yang lebih penting lagi, hindari penggunaan huruf kapital dan tanda seru pada subjek. Contohnya, murah, gratis, penawaran terbatas, garansi, dan lain sebagainya. Kata – kata spam jelas menunjukkan maksud untuk menjual produk. sesuatu yang mungkin membuat penerima email malas membukanya.
Demikian artikel kita hari ini yang membahas tentang Pengertian & Cara Meningkatkan Open Rate Email. Semoga bermanfaat.