5 Panduan SEO YouTube Terbaru

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Sama seperti di Google, Anda harus memenangkan persaingan di hasil percarian video YouTube. Anda harus muncul di peringkat teratas hasil pencarian YouTube. Bagaimana cara memenangkan persaingan tersebut? Jawabannya adalah SEO YouTube.

Ya, dengan menerapkan SEO YouTube yang tepat, Anda bisa mengalahkan persaingan YouTube dan mendapatkan banyak penonton.

Apa itu SEO YouTube? Jadi, jika Anda baru mengenal dunia video sosial YouTube dan berharap mendapat banyak penayangan, simak panduannya di bawah ini.

Apa itu SEO YouTube?

YouTube adalah platform untuk mempromosikan, memberi merek, atau menghasilkan uang melalui iklan. Sama seperti situs web. Lalu lintas tinggi dari video dan iklan dapat menjadi pendapatan. Jika videonya banyak ditonton, maka penghasilan yang didapatkan juga akan tinggi. Inilah sebabnya mengapa optimasi SEO YouTube penting.

SEO YouTube adalah tahap pengoptimalan untuk video yang Anda buat dan unggah ke YouTube. Tujuan utama pengoptimalan ini adalah membuat video lebih mudah diakses oleh penonton. Beberapa kata kunci memungkinkan video muncul lebih dulu.

YouTube adalah mesin pencari seperti Google. Segala sesuatu di database dapat ditemukan menggunakan kata kunci tertentu. Karena konsep ini sama dengan SEO website, video juga butuh optimisasi seperti pemberian kata kunci, tag, atau lainnya.

Jika Anda dapat mengoptimalkan video Anda dengan teknik SEO, video Anda akan lebih mudah ditemukan di platform. Selain itu, video juga bisa muncul di pencarian YouTube karena platform ini juga dimiliki oleh Google.

Untuk informasi lebih jelas tentang panduan SEO YouTube, baca ulasannya di bawah ini.

5 langkah optimasi SEO YouTube

Ada beberapa Langkah yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan SEO YouTube yang Anda miliki. Langkah itu terdiri dari.

Riset Keyword

SEO YouTube juga mengenal keyword atau kata kunci. Sama seperti konten situs web, Anda memberi peringkat untuk kata kunci dengan frekuensi tertentu. Ini berlaku untuk kata kunci utama, turunan, hingga  sinonimnya atau LSI.

Kata kunci di YouTube menentukan posisi konten yang Anda buat. Ini adalah poin penting dalam SEO YouTube. Misalnya kata kunci “Cara Membuat Saus Sambal”. Kata kunci ini pasti memiliki banyak persaingan. Mereka yang memiliki lebih banyak pemirsa dan pengikut berada di peringkat teratas.

Kalau Anda ingin memaksimalkan konten video yang sudah atau akan dipublikasikan, simak panduan riset kata kunci di bawah ini.

  • Temukan kata kunci sesuai niche

Jika Anda ingin terjun ke dunia YouTube secara profesional, pertama-tama Anda harus memikirkan niche atau topik yang Anda kuasai.

Misalkan Anda ingin membuat niche dengan tema otomotif. Maka, kata kunci yang digunakan bisa sekitar mobil, review, dan uji coba. Contoh lain, kalau niche tentang wisata, kata kunci berhubungan dengan destinasi wisata bisa digunakan.

Kata kunci ini penting untuk menarik audiens yang besar saat situs YouTube Anda relatif baru. Jika sudah lama dan Anda memiliki banyak pengikut, mengunggah satu video saja bisa menjadi tren.

  • Menganalisis tren terbaru

Coba perhatikan tab trends di YouTube. Pada periode tertentu video nomor satu seterusnya memiliki tema yang sama. Misal tentang ulasan kasus yang sedang heboh atau ada kejadian yang menggemparkan.

Dari sana Anda bisa melihat kalau YouTube juga berlaku tren dan dari tren itu Anda bisa mendulang viewers yang banyak.

  • Koleksi kata kunci di google

Sekitar 20-40% lalu lintas ke YouTube berasal dari pencarian Google gratis. Mengingat banyaknya pencarian, ada baiknya mengumpulkan kata kunci yang tersebar luas dan terkait dengan niche.

Dengan kata kunci yang tepat dan pemahaman tentang tren, optimasi dapat dilakukan dengan lebih mudah. Namun, Anda tetap perlu membuat konten asli agar saluran YouTube Anda tidak terlihat copycat atau hanya meniru.

Buat video dengan kualitas terbaik

Sama seperti Google, algoritma YouTube juga rumit dan sering berubah. Dengan kata kunci yang sama, bisa saja video Anda berada pada halaman pencarian kesekian dan milik orang lain berada di daftar paling atas.

Dalam pencarian YouTube, video teratas adalah video yang dianggap paling relevan dengan kata kunci. Nah, sebelum melakukan berbagai optimasi YouTube SEO dengan riset kata kunci, sebaiknya Anda tahu jenis video yang disukai oleh YouTube.

  • Perbaiki kualitas editing

Kualitas editan juga menentukan apakah videonya tinggi atau malah rendah. Jika teknik edit videonya masih jelek, maka akan sulit mendapatkan banyak viewer kecuali jika kontennya menjadi viral dan banyak orang yang penasaran ingin melihatnya.

  • Pastikan orisinalitas video

Membuat konten orisinal itu penting, meski cukup sulit. Jika Anda menjiplak, YouTube mengetahuinya. Apalagi jika konten video atau musik tersebut memiliki hak cipta. Platform dapat segera menghapusnya atau tidak dapat dimonetisasi.

Jangan gunakan cara cepat. Lebih baik membuat konten asli berkualitas tinggi. Selama pengoptimalannya bagus dan Anda tahu cara menerapkan langkah-langkah SEO YouTube lainnya, video akan mendapatkan banyak penayangan.

Optimasi metadata

Pada pembahasan sebelumnya Anda banyak mengatakan kata kunci. Namun, Anda belum tahu dimana kata kunci itu harus diletakkan. Apakah harus di dalam video atau pada deskripsi, caption, tag, atau sejenisnya.

Promosikan video

Setelah melakukan berbagai cara SEO YouTube di atas, apakah tugas ini sudah selesai? Jawabannya tentu tidak. Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk menarik banyak penonton video. Cara itu dilakukan dengan melakukan promosi.

Evaluasi video YouTube Anda

SEO YouTube adalah pengoptimalan data. Nah setelah melakukan keempat langkah di atas, ada satu langkah lagi yang tidak kalah pentingnya yaitu evaluasi.

Bagaimana Anda menilai video YouTube saluran Anda?

Tenang, YouTube sudah menyediakan analytics tool. Cukup buka Studio YouTube, arahkan kursor ke kiri dan klik Analytics. Dari situ Anda akan mendapatkan data analytics semua video Anda. Dari jumlah view, waktu tonton, jumlah subscriber, jangkauan setiap video, hingga engagement setiap video.

Dengan adanya data tersebut, Anda bisa menganalisis apa yang pelu Anda tingkatkan pada pembuatan video-video selanjutnya. Jadi Anda tidak merencanakan pembuatan video hanya berdasarkan asumsi, tetapi juga berdasarkan data dari video-video sebelumnya.

Dengan demikian, memaksimalkan SEO pada video YouTube Anda akan membuat traffic naik dan meningkatkan Adsense yang didapatkan. Selain memaksimalkan hal teknis, buatlah hanya konten yang berkualitas. Meski tidak semua video kualitas memiliki view yang tinggii, setidaknya video itu worth to share. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang akan memulai karier di dunia sosial video terbesar di dunia, YouTube. Apabila Anda ingin lebih lanjut mengetahui tentang kami Anda dapat mengunjungi akun media sosial kami.