di era digital, content marketing adalah salah sati strategi yang dipercaya efektif menarik konsumen. bahkan, penelitian menunjukkan bahwa strategi ini 3x lebih efektif menghasilkan leads dibanding dengan pemasaran secara konvensional. Tak heran, konten marketing semakin banyak diterapkan oleh pelaku bisnis dan perusahaan mungkin hal tersebut juga yang membawa anda ke artikel ini. Penasaran dengan teknik digital marketing satu ini? Di artikel ini, anda akan mempelajari apa itu content marketing, manfaatnya bagi bisnis, hingga bagaimana contoh penerapannya dalam menyukseskan kegiatan pemasaran yang anda lakukan. Yuk, ketahui pengertian content marketing!
Apa itu Content Marketing?
Content marketing adalah strategi pemasaran yang terfokus kep[ada perencanaan, pembuatan, dan pendistribusian konten kepada target audiens untuk mendorong tindakan yang menghasilkan keuntungan. Pernah melihat video dari sebuah brand yang berhasil menarik perhatian anda? Atau template PPT gratis yang dapat anda download dengan membuat sebuah akun gratis? Jika iya, itu berarti brand tersebut berhasil menerapkan strategi konten marketing nya secara efisien. Lalu, apa sebetulnya pengertian content marketing?
Meskipun demikian, strategi ini bukan Cuma sekedar menawarkan nilai (value) melalui konten yang ditawarkan. Content marketing juga bertujuan untuk membangun relasi yang kuat dengan para audiens dalam jangka waktu lama.
Content Marketing proses pembuat dan menyebarkan konten yang relevan, bernilai, dan konsisten untuk menjangkau target audiens, dengan tujuan meningkatkan konversi 3 syarat konten yaitu:
Relevan : Memiliki keterkaitan dengan industri bisnis, produk atau layanan
Bernilai : Konten harus bermanfaat bagi target audiens
Konsisten : Selalu meproduksi konten secara berkala
Pasalnya, menurut Content Marketing Institute, content marketing adalah proses membuat dan menyebarkan konten yang relevan, bernilai, dan konsisten untuk menjangkau target audiens, dengan tujuan meningkatkan konversi. dijadikan kunci penting dalam konten marketing harus memenuhi tiga syarat utama, yaitu relevan, bernilai dan konsisten. Pertimbangkan apa manfaat konten untuk audiens anda, apakah konten tersebut ada keterkaitannya dengan bisnis, produk dan layanan yang anda tawarkan.
Tujuan Content Marketing bagi Bisnis
Setelah mengetahui pengertian content marketing, sekarang mari simak apakah tujuan menerapkan content marketing untuk bisnis anda.
Meningkatkan brand awareness
Membangun dan meningkatkan brand awareness adalah salah satu tujuan content marketing. Memberikan konten yang berkualitas berpeluang untuk menunjukkan identitas bran anda kepada audiens.
Meningkatkan konversi
Content marketing dijadikan hal yang penting karena terbukti meningkatkan conversion rate. Menurut studi dari Abeerden Group, strategi pemasaran konten yang baik mampu meningkatkan konveksi hingga 6x lipat.
Membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen
Salah satu tujuan dilakukannya strategi content marketing adalah untuk membangun loyalitas. Melakukan strategi pemasaran konten yang baik dapat memperkuat brand image di mata konsumen.
Mengendalikan biaya pemasaran
Dilansir dari Demand Meyric, biaya yang dikeluarkan untuk melakukan strategi content marketing 62% lebih rendah dibanding dengan kegiatan marketing secara tradisional.
Mengoptimalkan SEO
Konten dalam bentuk artikel yang dipublikasikan pada web site dapat meningkatkan kualitas SEO web site. Hal ini berpengaruh baik untuk meningkatkan traffic sebanyak – banyaknya.
Bentuk dan Jenis Content Marketing
Ada banyak bentuk content marketing untuk mengesekusi strategi pemasaran.
Supaya content marketing yang dijalankan semakin sukses, bisnis anda butuh web site yang cepat, aman dan bisa diandalkan. Menggunakan layanan web hosting terbaik merupakan cara yang paling tepat agar web site anda tidak down, lambat atau bermasalah.