Anda mungkin tidak tahu bahwa surat pendek dan sederhana ini bisa sangat berarti. Jelas bahwa sebagian besar keuntungan berlaku untuk salinan. Namun, copywriting tidak hanya membantu dengan masalah ini. Ada juga beberapa manfaat lain yang sebelumnya tidak terpikirkan. Ada pepatah mengatakan, “Tak kenal maka tak sayang!”. Makanya, penting sekali untuk mempelajari apa itu copywriting. Sebelum kita membahas manfaatnya, mari kita pahami dulu apa itu copywriting.
Pengertian Copywriting
Copywriting adalah teknik pemasaran suatu produk atau jasa melalui konten, dengan tujuan untuk mempromosikan produk atau jasa tersebut agar mendapatkan respon dari konsumen. Orang yang melakukan copywriting disebut copywriter. Mengutip buku Agustrijanto, Copywriting merupakan Seni Mengasah Kreativitas dan Memahami Bahasa Iklan, copywriting juga membentuk perilaku konsumen, menjangkau pesan penjualan, dan membujuk konsumen untuk peduli dengan produk yang diiklankan. Iklan juga dapat bervariasi di seluruh TV, majalah, halaman arahan, dan situs web. Kebutuhan akan copywriting perusahaan semakin meningkat mengingat efektifitas dan efisiensi yang ditawarkan, namun menjadi copywriter tidak semudah membalikkan telapak tangan, salah satunya adalah AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Tak hanya itu saja, Copywriting juga bisa diterapkan pada Google Ads sebagai sarana pemasaran.
Manfaat Copywriting bagi Perusahaan
Apa sih manfaat Copywriting bagi Perusahaan? Manfaat copywriting terkadang tidak terduga. Anda harus mengetahui bahwa banyak sekali manfaat copywriting bagi perusahaan. Manfaat copywriting bagi perusahaan adalah:
Manfaat Copywriting yang Pertama Adalah Mudah Dijangkau Konsumen.
Tidak seperti iklan komersial biasa, copywriting dapat mengakibatkan konsumen tidak hanya ingin membeli produk, tetapi “butuh” untuk membeli produk atau menggunakan layanan yang diiklankan atau biasanya disebut dengan CTA (Call To Action). CTA itu sendiri membantu membuat konsumen melakukan apa yang mereka inginkan. Contoh CTA ini adalah tombol “beli sekarang” atau “periksa sekarang” yang sering Anda lihat dalam belanja online.
Manfaat Kedua Ialah Membangun Reputasi.
Seorang copywriter tentu tahu bagaimana menyampaikan pesan perusahaan kepada konsumen dengan sangat baik dan jelas. Keterampilan ini penting bagi copywriter untuk meningkatkan reputasi perusahaan mereka. Jika konsumen mempercayai produk atau jasa yang ditawarkan, berarti copywriting yang dibuat telah berhasil membuat konsumen terkesan. Reputasi perusahaan yang baik mempengaruhi kepercayaan konsumen. Rata-rata konsumen membeli produk dan menggunakan jasa yang laku di pasaran. Misalnya, konsumen pada e-commerce pasti akan berbelanja di toko dengan peringkat minimal 4 bintang. Mereka juga dapat merujuk ke ulasan toko. Semakin banyak ulasan bagus yang Anda miliki, semakin besar bagi Anda untuk mendapatkan lebih banyak peluang. Untuk membuat copywriting yang lebih baik dan menjual lebih banyak, Anda perlu mengacu pada prinsip AIDA.
1. Attention (Perhatian): Anda harus bisa menarik perhatian konsumen.
2. Interest(Keterlibatan): Anda dapat melibatkan dan melibatkan konsumen Anda.
3. Desire(Keinginan): Mempengaruhi keinginan konsumen Anda.
4. Actions(Tindakan): dapat memicu tindakan atau reaksi dari konsumen.
Manfaat Ketiga ialah Membangun Sebuah Merek.
Ketika mendengar istilah Jagoan Hosting, branding “VPS Indonesia dan Hosting Terbaik” pastinya muncul di benak Anda. Dari mana merek ini berasal? Branding ini memanifestasikan dirinya sebagai hasil dari copywriting yang sukses. Salah satu manfaat dari jenis tulisan ini adalah membangun brand atau produk perusahaan. Teks yang dihasilkan dapat membantu perusahaan atau produk mencapai branding yang jelas dan tetap berada di benak konsumen. Meskipun bukan hasil usaha copywriter sendiri, salinan ini dapat membantu membangun kesadaran merek (branding awareness) dan memainkan peran besar.
Manfaat Keempat Adalah Mengiringi Opini Terkemuka
Salinan yang dihasilkan mengandung kata-kata yang dapat membimbing konsumen. Permainan kata-kata yang digunakan terasa sederhana, tapi jangan salah paham. Efek sebenarnya sangat besar. Kalimat-kalimat ini sangat baik dalam mempengaruhi konsuemn untuk mengikuti pendapat yang sengaja dimasukkan ke dalam salinan. Kemampuan untuk mempertahankan pendapat itu membutuhkan seni. Tidak semua kalimat membuat orang membentuk opini. Teknik yang salah mengarah ke netizen yang mempunyai sifat julid dan alih-alih memimpin opini. Oleh karena itu, copywriting yang baik membutuhkan keterampilan khusus.
Manfaat Selanjutnya dari Copywriting Adalah Meningkatkan Konversi
Siapa bilang orang akan pergi begitu saja setelah membacanya? Tanpa ragu, copywriting dapat meningkatkan konversi. Konsumen akan mengambil tindakan lebih lanjut setelah membaca salinan. Tindakan masalah termasuk menghubungi layanan konsumen, mengirimkan pertanyaan produk, dan membeli produk secara langsung.
Manfaat copywriting bukanlah sebuah candaan dan lelucon semata. Dengan teknik yang tepat, copywriting yang Anda hasilkan pastinya juga dapat memberikan manfaat yang telah Anda harapkan. Jangan ragu untuk menggunakan copywriting ini untuk perusahaan Anda ya!