Online Marketing untuk Pemasaran Lebih Efektif

Table of Contents

Anda sadari ataupun tidak, perkembangan sistem informasi dan komunikasi telah berkembang pesat dalam tahun ini. Hal ini juga memberikan beberapa pengaruh terhadap gaya hidup dari berbagai lapisan maasyarakat. Salah satu dampak dari perkembangan teknologi ini adalah adanya online marketing. Bagi Anda yang masih merasa asing dengan istilah ini, mungkin Anda adalah salah satu pengguna tanpa mengetaahui istilah dari kegiatan tersebut.

Sudahkah Anda mengetahui pengertian online marketing sebelumnya, sebenernya apa pengertian online marketing? Berikut ini pembahasan menariknya bagi Anda. Online marketing adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media internet atau elektronik.

Internet yang merupakan salah satu penemuan mutakhir era globalisasi di bidang teknologi informasi sangat menguntungkan semua manusia di seluruh dunia untuk berbagi informasi dan berkomunikasi, termasuk berbagi informasi produk atau jasa yang dijual.  Pengunaan sistem online ini diharapkan mampu menjangkau lebih banyak orang. Sehingga produk yang dipasarkan akan lebih familiarkan dan menjaring lebih banyak konsumen yang potensial.

Berikut ini akan disajikan beberapa jenis atau macam online marketing:

  1. Email pemasaran dan surat penjualan. Pemasaran email dan penawaran atau sales letter saat ini menjadi andalan para pemasar kelas dunia yang memasarkan produk secara online di Bagaimana cara kerja email dan surat penjualan ini? Anda seharusnya telah menerima semua email untuk mengakses satu atau lebih tautan pada akhirnya, termasuk penjelasan, cerita, undangan, dan sebagainya. Ini adalah pemasaran email. Cara kerjanya adalah dengan mengirim email ke satu orang atau lebih, termasuk di atas. Akhirnya diarahkan ke satu arah, yaitu “penjualan”. Medianya adalah email dan isinya adalah surat penjualan.
  2. Pemasaran Video Menggunakan video sebagai media pemasaran untuk menarik pengunjung adalah salah satu yang terbaik saat ini. Buat video dan unggah ke situs berbagi video  terkenal seperti Youtube. Bagaimana Cara Kerja Pemasaran Video? Video yang diunggah  bersifat publik (Youtube) dan dapat diakses oleh siapa saja. Dari video ini, Anda dapat menggunakannya untuk membuat tautan, seperti Youtube. Pengunjung datang dari sana.
  3. Pemasaran Media Sosial Seperti yang Anda ketahui, pengguna media sosial seperti Facebook, Twitter dan BBM jauh lebih mahal daripada media lain di internet. Oleh karena itu, media sosial khususnya Facebook dan Twitter menjadi media internet marketing terbaik. Bagaimana cara kerjanya? Mudah. Misalnya, jika Anda memiliki 1000 teman di Facebook, 1000  akan melihat pembaruan Anda. Maksud kamu apa? Jika hanya 10% yang mengklik tautan yang termasuk dalam pembaruan status, maka  100 pengunjung.
  4. Kemitraan atau affiliate marketing (metode pemasaran afiliasi). Jenis pemasaran internet ini dilakukan dengan menggunakan pengiklan. Pengiklan yang menjual produk mereka secara online dapat membuat jaringan afiliasi. Jaringan Afiliasi dirancang untuk melibatkan orang lain dalam menjual produk Anda yang sudah ada. Contohnya termasuk www.ama-zon.com, www.tokoba-gus.com,  dan www.kaskus.us.
  5. Pemasaran mesin pencari (pemasaran melalui mesin pencari). Jenis pemasaran ini dilakukan melalui mesin pencari seperti Google dan Yahoo. Kebanyakan orang tidak tahu kemana harus mencari untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, sehingga mereka biasanya mencari di website mesin pencari  (Google atau Yahoo) ini. Jadi jika perusahaan  / perusahaan Anda tidak dikenal oleh masyarakat umum atau bahkan  banyak orang, hal yang paling istimewa dan spektakuler adalah berusaha untuk mendapatkan tempat pertama di mesin pencari (Google atau Yahoo). Setidaknya  halaman pertama  mesin pencari. Sesuatu  yang sangat penting bagi Anda untuk memastikan bahwa situs web Anda terdaftar dan diberi peringkat di mesin pencari populer seperti Google dan Yahoo, terutama di halaman pertama. Ada banyak cara untuk mengindeks situs web Anda dengan mesin pencari  (Google atau Yahoo) yang dikenal sebagai Search Engine Optimization (SEO).

Dampak Positif Dan Negatif Pemasaran Media Online

Dampak Positif Pemasaran Media Online

  1. Tidak membutuhkan banyak modal usaha.
  2. Menjangkau pasar yang lebih luas dari toko offline.
  3. Biaya operasional  cenderung lebih murah dibandingkan pemasaran lain
  4. Pemasaran online tanpa batas waktu
  5. Pemeliharaan konsumen
  6. Memudahkan industri untuk mengekspresikan diri
  7. Edukasi konsumsi tidak langsung.

Dampak Negatif Pemasaran Media Online Bagi Konsumen

  1. Penipuan
  2. Tidak sesuai dengan harapan
  3. Keterlambatan pengiriman
  4. Kesulitan transaksi
  5. Pelayanan buruk

Dampak Negatif Pemasaran Media Online Bagi Produsen

  1. Kerugian finansial langsung karena penipuan.
  2. Pencurian informasi rahasia yang berharga.
  3. Peluang bisnis telah hilang karena gangguan layanan.
  4. Penggunaan akses sumber daya yang tidak sah.
  5. Hilangnya kepercayaan konsumen.Kerugian tak terduga.

3 Tips Online Marketing Untuk Pemasaran Lebih Efektif

Lalu bagaimana cara supaya online marketing Anda menjadi lebih efektif. Berikut  beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

  1. Membuat website khusus

Ini akan menjadi seperti rumah khusus yang menyediakan informasi lengkap tentang barang yang dipromosikan. Konsep website ini adalah toko online yang berbeda dari toko offline yang ada di dunia nyata. Sebagaimana keprcayaan mereka pada produk yang memiliki took offline di dunia nyata. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat tampilan website seimpresif mungkin.  Melaui website, Anda dapat berintraksi sekaligus memantau traffic bulanan di semua platform yang Anda miliki.

  1. Mempelajari SEO untuk optimalisasi konten

Banyak pelanggan cerdas yang memutuskan untuk melakukan riset terlebih dahulu terhadap produk yang dibeli, banyak di antara mereka yang berniat untuk membandingkan satu brand dengan brand lainnya. Menggunakan teknik search engine optimization adlah salah satu langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat produk Anda dapat ditemukan dengan mudah di mesin pencarian.

  1. Endorsement dengan Influencer

Selain memanfaatkan media social dan platform digital, salah satu strategi marketing online yang jitu adalah mengadakan kerjasama dengan public figure atau influencer. Hal ini dikarenakan mereka memiliki followers dan penggemar, sehingga kemungkinan mereka akan melihat dan tertarik dengan produk Anda. Selain itu, produk Anda juga kan memperlihatkan kesan lebih berkelas dan menyakikan jika sudah dikenakan oleh para influencer atau public figure tersebut.

Langkah pemasaran online yang bisa Anda pelajari antara lain:

  1. Memahami peran dan fungsi media digital
  2. Memberikan segmen market bisnis Anda
  3. Memilih media digital yang tepat
  4. Memulai menerapkan internet marketing yang baik
  5. Membuat dan mendistribusikan content marketing
  6. Menggunakan iklan digital marketing
  7. Membangun database customer

Tidak rumitkan, demikianlah pengertian online marketing dan beberapa informasi tentang dasar pemasaran online yang sangat menarik untuk Anda simak. Dapat langsung dipraktikan untuk perkembangan bisnis Anda. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang copywriting, manajemen konten, dan SEO Anda bisa mengunjungi blog digima.