Search engine marketing (SEM) adalah bentuk pemasaran di internet untuk meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencarian. Dengan kata lain“membeli” traffic dengan membayar mesin pencarian seperti Google. Manfaat SEM sangat penting untuk pemasaran produk atau website melalui dunia maya. Dengan berkembangnya teknologi, pengoperasian bisnis menjadi lebih mudah, tetapi dapat membawa banyak manfaat. Seperti menggunakan SEM atau Search Engine Marketing untuk membantu dalam proses pemasaran. Pemasaran mesin pencari melibatkan teknik promosi yang akan meningkatkan visibilitas mesin pencari sekaligus meningkatkan trafik ke situs produk. Tentunya akan terbayar dengan bisnis online yang banyak dilihat orang tanpa adanya promosi yang besar dan mahal.
Tujuan menggunakan SEM
Fokus pada pemasaran yang ditargetkan. Tujuan pemasaran akan lebih spesifik dan relevan dengan website atau produk yang dipromosikan. Ini akan menghasilkan lalu lintas berkualitas baik dan membuka banyak peluang keuntungan. Tentu saja, dalam bisnis online, kehadiran pelanggan sangat penting. Tidak hanya pelanggan terdekat tetapi juga pelanggan dari daerah atau lokasi lain akan memberikan peluang besar untuk meningkatkan pemasaran website atau produk. Menggunakan SEM akan semakin meningkatkan lalu lintas pelanggan dari lingkungan geografis yang lebih luas. Menggunakan SEM sebagai alat periklanan memberi Anda fleksibilitas untuk mengontrol biaya, waktu, dan hasil yang ingin Anda capai. Kontrol ini juga mencakup pilihan kata kunci dan jenis iklan yang sesuai dengan situs web atau produk yang dipromosikan. SEM menargetkan pemasaran kepada pengunjung yang relevan dengan website atau produk yang dipromosikan. Ini akan meningkatkan tingkat konversi search marketing.
Search Engine Marketing menggunakan iklan berupa link yang jika diklik langsung menuju website produk yang dipromosikan. Tentu saja, Anda akan dikenakan biaya untuk membeli iklan. Namun, sejauh ini, SEM masih merupakan bentuk promosi iklan berbayar yang paling banyak digunakan karena biayanya lebih murah atau lebih murah daripada sistem periklanan berbayar lainnya. Namun sebelum menggunakan sistem Search Engine Marketing, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu.:
- Pemilihan keyword seperti halnya SEO, keyword merupakan kunci penting untuk mempromosikan website Anda secara optimal . Keyword yang relevan, spesifik dan relevan dengan website atau produk yang diiklankan akan membantu iklan tampil di mesin pencari dengan lebih mudah.
- Pemilihan konten iklan berupa pemilihan teks atau gambar yang sesuai dengan website atau produk promosi agar pelanggan juga tertarik. Pemilihan konten juga harus hati-hati karena jumlah teks yang tersedia juga terbatas
- Biaya Per Klik Ini mempengaruhi biaya iklan yang harus dibayar oleh pemilik situs web atau produk promosi. Setiap klik memiliki harga yang harus dibayar. Oleh karena itu, harus dihitung secara akurat dan efisien agar biaya per kliknya masuk akal dan sesuai anggaran. Pemasaran mesin pencari itu mahal, tetapi bisa lebih bertarget. Oleh karena itu, kemungkinan peningkatan kunjungan pengunjung ke website produk promosi akan lebih besar.
Nah jadi kalian sudah paham kan apa itu manfaat dan tujuan SEM. . Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang copywriting, manajemen konten, dan SEO Anda bisa mengunjungi blog pada laman DIGIMA