Bayangkan, Anda membuat akun Instagram untuk bisnis Anda. Tiga bulan kemudian, tampaknya keterlibatan dan pertumbuhan pengikutnya telah memberikan lonjakan yang terus meningkat. Sayangnya, selama tiga bulan berikutnya, semuanya berhenti dan bahkan kembali lagi. Anda bingung mengapa hal itu terjadi?
Mengubah akun Instagram Anda menjadi bisnis, Anda dapat dengan mudah melacak strategi pemasaran dengan Wawasan Instagram. Berdasarkan jenis postingan feed atau story, Anda dapat menjangkau orang-orang yang mempromosikan bisnis Anda. Bagaimana Instagram Insights dapat membantu Anda mengelola bisnis Anda? Jadi apa itu insight Instagram? Temukan jawabannya dengan memahami artikel Instagram Insights berikut ini.
Pengertian Insight Instagram
Anda harus memahami bahwa Instagram Insight adalah salah satu fitur yang tersedia di Instagram sebagai alat untuk menganalisis dan memberikan informasi tentang demografi dan tindakan pengikut Anda dan konten Anda. Fitur ini dapat memudahkan Anda untuk membandingkan konten, mengukur kampanye, dan melihat kinerja setiap postingan. Fitur ini hanya tersedia untuk akun bisnis. Untuk menggunakan fitur Instagram Insights, Anda harus mengalihkan akun Anda dari akun pribadi ke akun bisnis.
Selain itu, fitur ini menampilkan kumpulan data yang dapat digunakan untuk mencari data yang dapat digunakan untuk optimalisasi akun. Informasi yang terdapat dalam Instagram Insights mencakup berbagai informasi tentang konten yang telah Anda publikasikan dan berapa banyak interaksi yang terjadi di akun Instagram Anda, serta pengetahuan tentang data pribadi yang Anda ikuti (jenis kelamin, usia, dan geografi). Instagram Insights adalah fitur Instagram terintegrasi yang tersedia secara gratis.
Insight Instagram memberikan grafik efektivitas strategi pemasaran Anda dan dampaknya terhadap pengikut Anda. Sama seperti strategi bisnis offline, Anda pasti membutuhkan laporan yang mencakup analisis kesuksesan masa lalu dan rencana bisnis untuk masa depan.
Fitur-fitur pada Instagram Insight
Ada enam fitur yang bisa Anda lihat di Instagram Insight. Setiap fiturnya memiliki fungsi tersendiri. Fitur-fitur ini termasuk permainan, akun yang dijangkau, suka, komentar, simpan, dan bagikan. Di bawah ini merupakan penjelasannya!
1. Plays
Pemutaran serupa dengan penayangan di YouTube, yang menjelaskan berapa kali orang telah melihat video Anda.
2. Account reached
Metrik Akun yang dicapai terkait dengan jangkauan postingan Reel Anda dan menjelaskan dengan tepat berapa banyak akun unik yang melihat video Anda.
3. Likes
Suka ini mengacu pada jumlah suka/klik yang diterima video Reels Anda.
4. Comments
Komentar mengacu pada jumlah komentar yang dibuat tentang gulungan Anda.
5. Saves
Fitur simpan mengacu pada jumlah akun unik tempat video Reels Anda disimpan.
6. Share
Fitur pembagian ini mengacu pada berapa kali video Reel Anda dibagikan.
3 Manfaat dari Instagram Insights
Seperti yang telah dijelaskan di atas, Instagram Insights dapat memberikan gambaran kepada kita tentang kondisi aktual sehingga Anda dapat melakukan analisis dan evaluasi ke depannya serta merencanakan strategi pemasaran yang lebih matang. Berikut adalah 3 manfaat yang bisa Anda dapatkan dari Instagram Insights.
1. Manfaat pertama dari Insight Instagram yaitu Karakteristik pengikut
Yang paling penting adalah mengetahui karakteristik pengikut Anda. Anda akan mempelajari konten apa yang paling mereka sukai, produk apa yang terbaik untuk dijual, dan strategi apa yang terbaik. Misalnya, jika audiens Anda terdiri dari wanita, akan lebih baik jika Anda membagikan lebih banyak konten tentang wanita, dan sebaliknya.
2. Manfaat kedua dari Insight Instagram yaitu Efektivitas Konten
Penonton tidak menyukai semua konten. Karena itu, cobalah untuk memperhatikan konten apa yang paling efektif atau menarik. Instagram bisa memberikan data yang sangat detail sehingga kita bisa mengatur kebijakan yang tepat untuk konten yang ada.
3. dan, manfaat terakhir yaitu Sebagai bahan evaluasi Instagram marketing
Wawasan Instagram memungkinkan Anda mengukur keefektifan konten Anda setiap minggu atau setiap bulan. Sehingga Anda tahu sudah sejauh mana tujuan pemasaran Anda tercapai. Jika hasilnya kurang memuaskan, Anda perlu melakukan evaluasi menyeluruh untuk mengetahui di mana letak kesalahannya.
Itu saja penjelasan mengenai insight instagram secara lengkap. Semoga memahami insight instagram di atas bisa menambah wawasan Anda!