Manfaat Social Media Marketing untuk UMKM

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Dalam upaya untuk meningkatkan angka penjualan, Anda harus tahu pentingnya melakukan social media marketing. Perkembangan bisnis digital saat ini semakin pesat dan membuka banyak peluang bisnis baru. Siapa pun kini dapat membangun bisnisnya menggunakan media sosial. Salah satu kemungkinannya adalah dengan social media marketing (SMM).

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan dampak yang kuat terhadap perkembangan bisnis. Di sisi lain, perkembangan teknologi telah memudahkan perluasan pasar bagi setiap pengusaha. Di sisi lain, persaingan semakin ketat.

Mengusai social media marketing merupakan hal yang wajib Anda kuasai. Apalagi, jika Anda baru menjalankan bisnis skala kecil dan menengah seperti UMKM.

Anda perlu mengetahui kiat-kiat SMM agar pemasaran Anda bisa berjalan sesuai harapan. Lantas, seberapa penting SMM dan bagaimana strateginya?

Apa itu social media marketing?

SMM adalah penggunaan platform media sosial untuk berkolaborasi dengan konsumen untuk membangun merek, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan lalu lintas situs web.

SMM mencakup menerbitkan konten berkualitas, terlibat dengan pengikut, menganalisis hasil pemasaran, dan memanfaatkan fitur iklan.

Ada beberapa platform SMM yang paling umum digunakan yaitu Facebook, Instagram, Twitter, TikTok dan YoTtube.

Singkat kata, SMM bisa dimulai dengan memposting konten di media sosial. Konten ini kemudian dapat membujuk audiens untuk membuka tautan situs web dan melakukan pembelian. Selain itu, SMM juga bisa dibuat lebih interaktif.

Misalnya, akun perusahaan dapat menggunakan fitur QnA, feed thread, dan menjalankan iklan berbayar. Jadi, bisa dikatakan SMM adalah teknik pemasaran yang memanfaatkan media sosial. Penggunaan media sosial nantinya bisa dilakukan dengan menggunakan fungsi yang sudah ada atau menggunakan fungsi berbayar seperti iklan.

Mengapa social media marketing penting bagi UMKM?

Memaksimalkan SMM penting bagi UMKM, sebab SMM memiliki beberapa manfaat yang bisa membantu perkembangan bisnis UMKM. Lantas, apa saja manfaat social media marketing?

  • Memperluas jangkauan pasar

Keunggulan pertama dari SMM adalah perluasan pasar. Seperti yang Anda ketahui, media sosial dapat menghubungkan siapa saja dari mana saja.

Media sosial melebur jarak dan waktu. Setiap orang dapat terhubung secara real time.

Keunggulan perusahaan SMM adalah dapat menjangkau beberapa target pasar dalam waktu yang bersamaan. Anda dapat membuat pesan dan membaginya dengan semua pengikut Anda sekaligus. Jika ingin jangkauan yang lebih luas, Anda bisa menggunakan fitur periklanan.

  • Lebih mudah menentukan segmen

Keunggulan lain dari SMM adalah Anda dapat dengan mudah menentukan segmen pasar. Pengguna dari latar belakang tertentu menggunakan media sosial tertentu secara ekstensif.

Misalnya, LinkedIn banyak digunakan oleh para profesional dan bisnis. Anda dapat menggunakan LinkedIn untuk mencari mitra bisnis atau vendor. Selain itu, jika segmen pasar Anda masih muda, maka Anda bisa memanfaatkan aplikasi Tiktok. Selain itu, Anda dapat menggunakan Facebook jika ingin membagi segmen pasar Anda menjadi beberapa grup. Anda dapat bergabung dengan beberapa grup atau komunitas Facebook untuk membuat penawaran.

  • Biaya social media marketing gratis

Pada umumnya penggunaan SMM bersifat free atau gratis. Hal ini karena SMM lebih mengandalkan kreativitas dan kejelian dalam melihat peluang. Anda dapat mengunduh semuanya secara gratis.

Bahkan, media sosial memiliki beberapa fitur berbayar seperti iklan. Namun, Anda tidak diwajibkan untuk menggunakan fitur iklan ini. Pada prinsipnya yang utama adalah menentukan strategi konten yang tepat dan berkualitas.

  • Membangun kepercayaan konsumen

Membangun kepercayaan konsumen sangat penting untuk menjalankan bisnis, terutama saat berbelanja online.

Seringkali calon konsumen ragu untuk membeli suatu produk karena tidak dapat membayangkan bentuk asli dari produk Anda. Ini adalah salah satu kendala dalam berjualan melalui toko online.

Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan SMM untuk mempromosikan produk Anda dari berbagai sudut. Anda dapat mengunduh gambar dan video terperinci. Ini karena beberapa pembeli online mencoba mencari akun Instagram atau Tiktok toko Anda untuk melihat gambar produk yang lebih jelas.

  • Meningkatkan penjualan

Manfaat terakhir dari QMS, tentu saja, meningkatkan penjualan. Penerapan SMM perusahaan, jika dilakukan dengan benar, dapat berdampak pada pertumbuhan bisnis.

Anda cukup membuka forum diskusi atau QnA di media sosial secara rutin. Kemudian Anda dapat menanggapi dan menjawab setiap pertanyaan. Respons Anda sangat penting untuk membangun kepercayaan pembeli. Pembeli yang puas lebih cenderung membeli produk Anda lagi nanti atau merekomendasikannya kepada orang lain.

Dengan demikian, penggunaan SMM memang memiliki banyak keuntungan bagi UMKM. Anda bisa melihat dan menganalisis persaingan pasar, serta menemukan ide baru untuk bisnis Anda. Disamping itu, yang paling penting adalah Anda bisa meningkatkan penjualan jika mampu mengoptimalkan fungsi dari SMM. Apabila Anda ingin lebih lanjut mengetahui tentang kami Anda dapat mengunjungi akun media sosial kami.