Manfaat Content Marketing untuk Bisnis Anda!

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Sebagai pemilik bisnis, tentunya Anda harus melakukan promosi untuk mengenalkan produk/layanan yang Anda miliki kepada masyarakat. Ada berbagai banyak cara yang bisa Anda lakukan, seperti membagikan brosur, membuat iklan di media sosial, dan menawarkan secara door-to-door. Namun, hal ini tidak membangun hubungan dengan pelanggan dalam jangka waktu yang lama. Produk/layanan Anda juga tidak akan terkenang oleh audiens.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar produk/layanan Anda terkenang oleh audiens adalah dengan menggunakan strategi content marketing. Pastinya akhir-akhir ini Anda sering mendengar kata ‘content’ bukan? Nah, mudahnya, content marketing adalah konten yang dibuat untuk memasarkan produk atau layanan yang Anda miliki. Di artikel kali ini akan membahas tentang apa itu content marketing dan manfaatnya bagi bisnis Anda! Simak artikel berikut ini, ya!

Mengenal Content marketing

Content marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang dilakukan dengan menghasilkan berbagai jenis konten. Konten bisa berupa gambar, video, suara, atau tulisan. Di era yang serba konten saat ini, tentu saja segala hal bisa dijadikan konten!

Konten yang dihasilkan untuk pemasaran tidak hanya bisa digunakan pada dunia digital saja. Memang, saat ini digitalisasi sedang terjadi di mana-mana. Sehingga peluang untuk memasarkan produk Anda lebih berpeluang dilakukan di media digital. Content marketing yang bisa diterapkan pada media konvensional seperti baliho, poster, atau brosur. Konten yang Anda sajikan harus unik agar para audiens tertarik.

Konten yang menarik, relevan, dan melibatkan target konsumen akan menarik minat para audiens. Content marketing merupakan strategi pemasaran yang patut dicoba untuk memasarkan produk dari bisnis kecil. Tidak hanya hemat biaya, tapi juga berorientasi pada hasil.

Manfaat Content marketing untuk Bisnis

Bisa dibilang, strategi pemasaran ini merupakan pemasaran yang paling efektif bila direncanakan dan dikelola dengan baik. melalui konten yang dioptimalkan dengan baik, Anda bisa mencapai berbagai tujuan, terutama untuk meningkatkan jumlah penjualan dalam bisnis.

Singkatnya, tujuan content marketing adalah untuk mengenalkan produk Anda melalui konten yang dikelola dengan baik sehingga bisa meningkatkan jangkauan dan engagement. Bila dijabarkan ada beberapa poin manfaat content marketing terhadap bisnis Anda. Berikut penjabarannya.

1. Menciptakan Persona Bisnis Profesional

Konten yang menarik akan memberikan kesan kepada audiens, bahwa Anda menjalankan bisnis dengan serius. Calon pelanggan bisa berasumsi bahwa bisnis Anda dikelola dengan baik.

Apabila calon pelanggan mendapatkan kesan ini saat pertama kali menyimak konten Anda, pasti akan menaruh kepercayaan pada bisnis/produk Anda. Dengan begitu, mereka akan terus mengikuti konten yang Anda buat dan berpeluang meningkatkan konversi.

2. Produk Semakin Dikenal

Setelah calon pelanggan mendapatkan kesan baik pada produk Anda dan menaruh kepercayaannya, mereka akan mencoba produk itu sendiri. Apabila produk memberikan efek positif dan memberikan solusi bagi masalah merekan, maka mereka akan senang hati mempromosikannya kepada teman atau keluarganya. Proses ini terjadi berulang-ulang dan bisnis akan semakin dikenal secara luas.

3. Mendatangkan Traffic

Apabila bisnis semakin dikenal, otomatis bisa meningkatkan traffic yang masuk ke website atau media sosial Anda akan semakin tinggi. Dampak dari traffic yang tinggi adalah berpeluang meningkatkan pemasukan.

4. Meningkatkan Konversi

Traffic yang meningkat pada website atau media sosial Anda berpeluang menambah konversi. Konversi adalah perubahan dari calon pelanggan menjadi pembeli. Konten yang berkualitas dan relevan akan ‘merayu’ para pengunjung untuk membeli produk Anda. Oleh karena itu, penting untuk mengoptimalkan konten. Anda bisa mengoptimalkan konten dengan menambahkan gambar, meningkatkan kemampuan copywriting, mengunggah video agar bisa menjangkau calon pelanggan lebih luas.

5. Mempertahankan Retensi

Pelanggan yang menyukai konten Anda akan terus mengikuti konten yang Anda buat. Apabila bisa mempertahankan kualitas konten, orang-orang akan mulai mengikuti akun Anda untuk mengikuti konten tersebut. Dengan begitu orang-orang tersebut akan terus tertarik dengan produk Anda.

Berdasarkan pemaparan di atas dapat disimpulkan bila content marketing menjadi cara yang paling tepat untuk mengoptimalkan strategi pemasaran Anda. Konten yang disusun dengan baik akan menarik perhatian audiens. Hal ini berpeluang untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan konversi.