Halo! apakah kamu pernah beli buku gara-gara membaca review di book blogger favorit kamu? Atau kamu pernah mencari tips-tips untuk memilih buku yang original di blog tersebut?kalau memeang benar, selamat, kamu sudah terpengaruh oleh seorang Key Opinion Leader(KOL).Menggunakan jasa KOL yaitu hal yang sangat lumrah pada masa ini, bahkan banyak ahli digital marketing yang mewajibkan memakai jasa ini. Dikarenakan keuntungan yang di dapatkan oleh perusahaan dengan pengeluarannya sebnding. Yang untama dalam meningkatkan Brand Awareness.
Kita pantas berterima kasih pada tegnologi masa kini karena sudah ikut mengubah pola pada sistem pemasaran. Sekarang pun baliho ataupun poster sudah mulai jarang kita temui dan sudah mulai ditinggalkan. Sekarang banyak pihak perusahaan lebih memilih menggunakan KOL di media sosial sebagai teknik pemasaran.Tidak dipungkiri terkadang Kol tidak selalu berdampak pada peningkatan penjualan. Namun tetap saja,keuntungannya tidak bisa kita pungkiri. Mungkin masih banyak orang yang masih awam dengan Key Opinion Leader dan apasih KOL itu? Seberapa penting keberadaannya? Mari kita membahasnya mersama-sama.
Baca juga : Tips Sukses Marketing Expert dalam Dunia Pemasaran
Pengertian KOL
KOL atau Key Opinion Leader adalah individu yang memiliki pengaruh yang signifikan dalam sebuah komunitas maupun industri tertentu. Mereka mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi perilaku dan pendapat orang lain karena pengetahuan,otoritas, ataupun keahlian dalam bidang tertentu. KOL sering dianggap yang memimpin pendapat dan penggerak dalam suatu tren dalam industri atau komunitas tertentu. Mereka bisa menjadi figur publik, seleberitis, ahli industri, atau bahkan biasa yang memiliki kehadiranyang kuat di media sosialatau platfrom online lainnya. Dalam melakukan strategi pemasaran dan promosi, melibatkan KOL dapat menjadikan cara tersebut efektif untuk meninggkatkan kesadaran mereka dan mempengaruhi perilaku konsumen. Baca juga:
Perbedaan KOL dan Influencer
Banyak orang yang mengagap bahwa KOL sama dengan influncer. Alasannya pun sangat beragam, tetapi anggapan tersebut salah ya.karena mereka memang serupa tapi yang pasti mereka tidak sepenunya sama.KOL sering kali memiliki pengetahuan, keahlian, atau otoritas yang mapan dalam bidangnya ataupun industri tertentu. Mereka juga diakui sebagain pemimpin pendapat didalam komunitas maupun industri. Pengaruh KOL biasanya berdasarkan pada pengetahuan dan pengalaman yang kuat, bukan hanya popularitas atau keberadaanya di media sosial. Dan juga biasanya KOL diakui sesama profesional dlam industri yang di pegang da sebgai sumber yang kredibel dan di hormati.Sedangkan influencer membangun kredibilitasnya sendiri dengan menojolkan sosial medianya serta konten-konten yang mereka bagikan. Karena itulah infulecer sering kali menyapa yeng mengikuti nya di media sosial. Dan lebih menraiknya mereka bisa dianggap sebagai KOL oeleh pengikutnya. Merkipun beberapa dari mereka mungkin memiliki keahlian atau pengetahuan dalam bidang tertentu, pengaruh merea pun tidak selalu berakar pada keahlian tersebut.
Jenis-jenis Key Opinion Leader
Setiap jenis KOL memiliki keunikan dalam cara mereka mempengaruhi opini dan perilaku orang lain dalam konteks tertentu, dan strategi pemasaran biasnya akan di sesuaikan sesuai dengan jenis KOL yang diinginkan oleh merek ataupun perusahaan. Maka mari kita paparkan apa saja jenis-jenis KOL :
- Ahli Industri atau Profesional: mereka adalah individu yang mempunyai pengalaman, pengetahuan mendalam, dan otoritas dalam suatu industri atau bidang profesional tertentu.
- Seleberitas: ini mencakup tokoh publik, artis,atlet,atau figur terkenal lainnya yang memiliki pengaruh yang besar dalam kepopuleran. Mereka dapat memerangaruhi perilaku konsumen melalui kehadiran mereka di media massa dan media sosial.
- Bloger atau Pembuat Konten: individu ini menciptakan konten online dalam bentuk blog, video, atau posting media sosial. Mereka memiliki pengikut yang lumayan kuat dan bisa menjadi mendapat sumber informasi atau inspirasi bagi pengikut mereka.
- Pemimpin Pendapat Online: individu ini memiliki kehadiaran yang kuat di media sosial atau platfrom online lainnya. Mereka melihatkan reputasi mereka sebagai pemikir dan penggerak trend dalam topik-topik tertentu, dan pengikut mereka sering kali mencari pandangan atau rekomendasi kepada pengikutnya.
- Penggiat Sosial atau Aktivis: mereka memiliki pengaruh dala masyarakat atau komunitas tertentu karena advokasi mereka dalam isu sosial, lingkungan, maupun politik. Mereka dapat menggiring dukungan untuk penyebab tertentu atau menggiring opini publik terhadap masalah- masalah penting.
- Pelanggan atau Pengguna berpengaruh: orang mempunyai pengaruh yang signifikn di antara sesama konsumen dalam komunitas atau platfrom tertentu.mereka bisa menjadi penentu utama dalam keputusan pembelian ata merek yang sudah dipilih orang lain.
Manfaat dari KOL
Setelah membaca uraian tentang pengertian dan jenis KOL diatas, kamu mungkin bertanya-tanya tentang manfaat dari KOL ini. Terlepas dari siapa dan berapa pengikutnya ataupun redcard nya, KOL merupakan yal yang sangat penting di era pemasaran digital seperti saat ini. Karena mereka punya beberapa manfaat, yaitu:
1. Membantu aktivitas promosi brand atau produk
Seorang KOL sangat bisa membatu kegiatan promosi sebuah brand atau produk, caranya dengan mengunggah konten di media sosial, blog, hingga Youtube pribadi mereka.Jumlah followers yang merka miliki dapat membantu aktivitas promosi semuah brand atau produk.
2. Menaikkan kredibilitas brand
Perlu diingat KOL bukanlah orang random yang tetiba viral lalu dikenal banyak orang. Mereka adalah orang yang berprofesional dan ahli dalam bidang masing-masing. Jad ketika sebuah brand menggunakan KOL dalam strategi pemasarannya, kredibilitasnya brand jadi lebih naik.
3. Meningkatkan followers dan pelanggan
Setelah itu kredibilitas brand naik karena manggunakan KOL dalam pemasarannya disitulah banyak maupun sedikit akan menambah jumlah atau kreditas followers maupun pelanggan produk tersebut.Alasanya bervariasi, bisa karena pengaruh dari Key Opinion Leader maupun bisa juga dari cara yang lebih tradisional dengan cara pelanggan mempengaruhi pelanggan yang lain dan membuat tertarik yang berujung membuat pelanggan mulai banyak dan terus mininggkat.Hal penting yang harus didimiliki jika ingin menjadi seorang KOL.
Namun bisa dibilang saat ini benyak peluang kesempatan untuk menjadi KOL cukup terbuka lebar untuk siapa saja, termasuk anda. Namun proses yang di tempuh bisa jadi lebih sulit dibanding dengan menjadi influencers.Seperti yang sudah tercantum diatas, dia adalah seseorang yang mempunyai profesi, pengalaman atau pengetahuan khusus di dalam suatu bidang. Bahkan bisa dibilang KOL adalah ahli dalam bidangnya sendiri. Jadi jika anda mau menjadi seorang yang bergelut di bidang KOL, sebaiknya anda menunjukkan barwa anda punya pengalaman atau pengetahuan khusus di dalam suatu bidang yang kamu geluti pada saat ini maupun sudah lampau.
Buka juga : Mengungkap Seputar Istilah Digital Marketing
Secara keseluruhan KOL merupakan individu yang memiliki pengaruh yang signifikan dalam suatu komunitas atau industri. Mereka sering diakui sebagai pemimpin pendapat atau penggerek tren di dalam bidang tertentu. Dengan memahami peran dan karakteristik KOL, merek ataupun perusahaan dapat merancang strategi pemasaran yang efektif untuk mencapai tujuan bisnis mereka.Untuk anda yang ingin meningkatkan bisnis anda yang lebih maksimal. Digima hadir sebagai solusi digital marketing yang tepat Kami menawarkan layanan lengkap, termasuk pembuatan konten berkualitas, mengoptimalkan landing page, dan produksi video pendek yang atraktif untuk mendukung pengembangan isi konten Anda. Jangan ragu untuk menghubungi tim kami melalui Admin DIGIMA atau langsung DM via instagram DIGIMA. Bersama DIGIMA, konsultasikan segala kebutuhan pemasaran digital bisnis Anda dan temukan strategi yang efektif bersama kami.
Penulis : Azhaar