Mempunyai bisnis sendiri merupakan suatu khayalan bagi kebanyakan masyarakat. Tetapi, memelihara dan mengelola perusahaan secara berkelanjutan bisa jadi sulit. Tidak jarang, UMKM melakukan banyak kesalahan promosi dalam menjalani bisnisnya. Indonesia saat ini jauh tertinggal dari berbagai negara lain yang mempunyai pelaku usaha lebih banyak. Di Indonesia, pengusaha pada UMKM masih minim pemahaman dalam berbisnis. Di antara penyebab keberadaan pengusaha di Indonesia masih kurang berkembang adalah pengelolaan bisnis mereka yang masih kurang baik. Berikut adalah 5 kesalahan promosi bisnis yang wajib dihindari oleh para pengusaha UMKM. Yuk, simak berikut ini!
5 kesalahan promosi pada pelaku UMKM
- Minimnya strategi dan persiapan pada saat ingin melaksanakan promosi
Kesalahan mendasar yang sering para pebisnis UMKM lakukan ialah kebanyakan mereka kurang bahkan tidak siap untuk melakukan promosi. Selain itu, pebisnis mungkin sudah mempunyai persiapan, tetapi mereka tidak mempunyai strategi yang tepat untuk berpromosi dan cara mengimplementasikannya. Persiapannya terdengar bagus, tetapi membiarkannya sendiri jelas merupakan suatu kesalahan. Makanya, sangat disarankan untuk Anda supaya mempunyai panduan atau pedoman yang memiliki isi tentang strategi melakukan promosi berbisnis dan mempersiapkannya dengan matang. Jangan lupa untuk terus menyesuaikan dengan pangsa pasar dan peluang bisnis Anda.
- Kurangnya tujuan untuk berpromosi
Kunci sukses dalam berpromosi pada bisnis terletak pada fokus dan tekad. Lihat saja bisnis besar seperti Go-Jek, Tokopedia, dan Traveloka yang semuanya bisa jadi bongkahan karena pemiliknya selalu mempunyai tujuan berpromosi dengan besar. Bahkan jika Anda memulai dengan modal biasa-biasa saja dan pengembalian yang rendah, jika Anda tetap fokus untuk mengembangkan bisnis Anda dan memiliki tujuan yang jelas, bisnis Anda akan mudah berkembang.
- Kurang memiliki pengetahuan bahwa strategi berpromosi itu sangat penting
Michael menambahkan bahwa sebagian besar pemula tidak memahami promosi khusus seperti pengiriman gratis yang dijalankan oleh platform marketplace. “Kalau banyak orderan, dia tidak bisa mengaturnya. Lalu, kurangnya orderan karena kurang memahami strategi berpromosi dengan tepat.” Makanya, promosi merupakan salah satu hal yang wajib Anda perhatikan manajemennya.
- Tidak memanfaatkan platform sosial sebagai media berpromosi
Minimnya pengetahuan untuk beradaptasi dengan internet dan perkembangan teknologi yang dialami oleh para pelaku bisnis UMKM yang kebanyakan dilakukan oleh generasi X merupakan suatu rintangan dan permasalahan yang perlu bantuan oleh anak muda yang memahami internet. Pada saat berpromosi, peran media sosial sangat dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan online pada saat menggunakan media sosial. Melakukan promosi secara online tidak terjadi dengan cepat dan memerlukan durasi yang cukup lama untuk melihat hasilnya. Walaupun Anda memiliki begitu banyak hal yang harus Anda lakukan sehingga Anda tidak bisa meluangkan waktu untuk berpromosi di berbagai media sosial.
- Percaya bahwa berpromosi hanya membuang-buang uang
Memang benar adanya bahwa berpromosi akan memotong biaya. Berpromosi tidak akan dianggap membuang-buang uang jika promosi tersebut berhasil. Promosi itu sangat penting bagi kelangsungan bisnis Anda. Sebaiknya, Anda mencoba untuk menghemat pengeluaran biaya UMKM untuk berpromosi produk Anda seminimal mungkin.
Itu saja pembahasan mengenai 5 kesalahan utama promosi pada pelaku UMKM. Semoga bermanfaat bagi Anda.