Email marketing merupakan salah satu strategi digital marketing yang efektif diterapkan. Apabila kalian merupakan pebisnis yang ingin memperkenalkan produk secara meluas, strategi ini tepat digunakan. Mengapa begitu? Karena keberhasilan promosi produk melalui email terbukti 40 kali lebih baik dibanding melalui media sosial.
Nah, pasti kalian penasaran kan bagaimana penggunaan email marketing secara tepat untuk mencapai hasil maksimal? Di artikel ini, kami akan mengulas tentang apa itu email marketing, manfaatnya, hingga strategi yang tepat untuk diterapkan.
Mengenal Email Marketing
Bagi yang belum mengenal, pasti akan bertanya-tanya, apa itu email marketing? Email marketing adalah salah satu metode digital marketing yang dilakukan dengan mengirimkan email ke konsumen atau calon konsumen. Penggunaan pemasaran lewat email memiliki berbagai macam tujuan, seperti mengedukasi calon konsumen, melakukan branding, dan meningkatkan penjualan.
Cara kerja email marketing cukup sederhana. Kalian mendapatkan database email para pelanggan atau calon pelanggan dengan memberikan penawaran menarik. Seperti e-book gratis, webinar gratis, atau memberikan free trial akses dalam jangka waktu tertentu.
Setelah database email terkumpul, kalian bisa mengirimkan berbagai email menarik yang memiliki tujuan mengedukasi pelanggan dengan produk yang kalian miliki. Sehingga, para calon pelanggan akan tertarik untuk mengenal produk yang kalian lebih jauh dan melakukan pembelian.
Apa kalian tahu kapan email marketing pertama kali dikenalkan? pemasaran melalui email pertama kali ditemukan pada tahun 1978 dan saat itu berhasil mendapatkan penjualan sebesar 13 juta dollar. Sejak saat itu, promosi menggunakan email menjadi salah satu usaha pemasaran yang masih berguna hingga saat ini. Berikut ini contoh promosi melalui surel yang bisa ditemui di email kalian.
Manfaat Email Marketing
Ada beberapa manfaat dari penggunaan marketing melalui email ini. Penggunaan strategi marketing ini masih relevan dan banyak digunakan oleh pebisnis. Berikut beberapa kelebihan yang bisa dimanfaatkan untuk promosi:
- Tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Biaya yang dikeluarkan relative sedikit, namun memberi hasil yang maksimal.
- Jangkauan promosi yang dicapai sangat luas. Hampir seluruh orang di dunia memiliki email, sehingga di tahun 2023 diperkirakan ada 4,3 miliar pengguna email di seluruh dunia.
- Sekitar 90% konsumen mengecek email setiap harinya.
- Lebih efektif bila dibandingkan dengan media sosial.
- Mudah dijangkau konsumen meskipun menggunakan perangkat yang berbeda
- 80% pemasaran melalui email meningkat selama 12 bulan terakhir.
Itulah kelebihan penggunaan pemasaran melalui email. Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk melakukan pemasaran lewat email?
Strategi Penggunaan Terbaik
Berikut adalah penerapan strategi email marketing yang bisa kalian gunakan agar pemasaran produk lebih optimal:
- Menyiapkan Tools
Melakukan pemasaran melalui email jelas berbeda dengan mengirim email pribadi melalui Gmail atau Yahoo. Ada beberapa hal yang berbeda, yaitu tampilan email harus menarik, menambahkan gambar, video, landing page website, dan lainnya. Mengapa begitu? Hal ini dilakukan agar tujuan strategi marketing kalian tercapai.
Ada beberapa email marketing tool yang bisa kalian gunakan untuk membuat email yang menarik, seperti OptinMonster, Sumo, Maichimp. Penggunaan tools akan mempermudah kegiatan mempromosikan produk kalian melalui email.
- Membangun Database
Sebelum kalian mengirimkan promosi, pastinya kalian membutuhkan daftar email pelanggan atau calon pelanggan, bukan? Oleh karena itu kalian perlu membuat database terlebih dahulu. Database terdiri dari daftar email dan data diri lainnya dari target konsumen kalian.
Lalu bagaimana cara mendapatkan daftar email tersebut? kalian bisa menggunakan cara seperti memberi penawaran menarik, memberi CTA yang bervariastif, berikan form singkat untuk mengisi data berupa email dan data diri.
- Membuat Segmentasi Email List
Setelah mengumpulkan database email, kalian perlu melakukan segmentasi email list tersebut. segmentasi list adalah upaya menyeleksi calon konsumen sesuai kriteria tertentu. Dengan begini kalian bisa mengirimkan email campaign secara efektif dengan sasaran yang tepat.
Nah itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan promosi melalui email. Dibandingkan dengan media sosial, melakukan pemasaran menggunakan email dinilai lebih efektif. Ingin mengetahu strategi pemasaran lainnya? Kalian bisa mendapatkan pembahasan mengenai digital marketing di halaman blog DIGIMA.