Cara Mudah Bertindak Iklan Di Instagram

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Apa itu Iklan Instagram? Jika anda baru saja memulai perjalanan di dunia periklanan media sosial, bisa jadikan anda masih bingung bagaimana cara memasang iklan di Instagram. Atau bisa jadikan anda belum tentu terlalu mengenal apa yang dinamakan Iklan Instagram atau Instagram Ads.Iklan Instagram merupakan iklan yang ditampilkan di bagian Feed, Stories dan Reels Instagram . Jika anda pernah melihat unggahan dengan tulisan “Sponsored”, maka itulah iklan Instagram.

Dengan 91 juta pengguna Instagram per Juli 2021, cara beriklan di Instagram pun menjadikan salah satu keahlian yang harus dikuasai untuk mengembangkan bisnis. Dengan beriklan di Instagram, anda dapat menjangkau banyak calon konsumen baru berdasarkan lokasi, minat, jenis kelamin, usia dan atribut lainnya. Iklan Instagram banyak digunakan oleh para pembeli dan pelaku usaha untuk mempromosikan produk/jasa mereka kepada para calon pembeli potensial atau pun meningkatkan kesadaran bagi merek mereka. Meski begitu, tidak jarang pula iklan Instagram digunakan untuk membangun pengikut komunitas sebuah akun.

Iklan kampanye yang sedang berjalan dapat ditampilkan di Feed dan Stories para pengguna Instagram (jika anda memilih kedua penempatan tersebut). Mereka yang melihat iklan tersebut dapat berinteraksi dengan iklan anda dan diarahkan ke halaman tujuan yang telah anda tetapkan (Entah itu situs web profil Instagram, atau bahkan mengirimkan sebuah pesan).

Persiapan Beriklan di Instagram

Membuat iklan di Instagram tidaklah sulit. Anda bisa saja dengan mudah membuat akun, memasukkan produk/jasa yang ditawarkan, lalu langsung mengiklankannya. Namun, jika anda ingin iklan yang dipasang lebih efektif, anda harus mengikuti best practice yang disarankan:

  1. Lengkapi profil usaha anda, mulai dari nama, alamat, kontak (Email dan nomor telepon), website, dan lainnya. Buatlah pengunjung dapat dengan mudah menghubungi kontak yang tersedia ketika mereka sampai di profil Instagram anda. selain itu, sampaikan juga mengapa para pengunjung harus dijadikan follower di akun Instagram anda.
  2. Taruh logo usaha anda di bagian foto profil. Ukuran foto profil yang ideal adalah 320 x 320 piksel. Instagram akan menampilkan foto profil ini dalam bentuk lingkaran. Jika apa bila logo anda berbentuk kotak, anda perlu melakukan zoom out ketika memasangnya sehingga dapat ditampilkan keseluruhannya.
  3. Posting konten secara teratur, seimbangkan antara konsistensi dengan frekuensi. Lebih baik anda mengunggah konten sehari sekali secara konsisten dari pada dalam sehari mengunggah 3x, lalu besoknya 1x, lalu besoknya lagi tidak sama sekali selama 2 hari, lalu besoknya 5x sehari. Namun, frekuensinya juga jangan terlalu jatuh seperti sebulan sekali. Implementasi yang konsisten akan membantu yang dapat dipenuhi oleh produk atau jasa yang anda tawarkan.

4.Tentukan tujuan promosi anda di IG atau Instagram. Anda dapat memakai akronim SMART untuk membantu merumuskan tujuan. Tujuan anda harus:

Contohnya spesifik

Anda ingin beriklan untuk menambah followers IG menambah jumlah pengunjung website, atau supaya lebih banyak orang yang menghubungi CS anda? Berapa banyak jumlah followers Instagram, pengunjung website atau prospek yang ingin anda dapatkan? Sebutkan jumlahnya secara spresifik.

Tetapkan kriteria kriteria terukur menentukan apakah target anda sudah tercapai atau belum, atau pun untuk mengukur sejauh mana penjualan anda. Misalnya, dengan menetapkan jumlah omzet yang ingin dicapai, maka anda dapat mengetahui seberapa jauh anda dari target. Apakah target tersebut sudah terlampau atau belum. Mirip dengan Spesifik di atas, di sini kita berbicara menggunakan angka yang memudahkan pengukuran.

  • Achievable (Masuk akal dan bisa dicapai)
  • Relevan (Relevan dengan kebutuhan anda)
  • Time – bound (Ada tenggat waktunya)

5.Memetakan calon pelanggan potensi produk atau jasa anda. saat membuat iklan, anda dapat menargetkan audiens tertentu. Bebaskan audiens anda dengan seksama, maka iklan akan ditampilkan kepada orang – orang yang paling mungkin menggunakan produk atau jasa anda. pertanyaan  dibawah ini dapat membantu menentukan penonton anda:

  • Siapa yang ingin anda jangkau?
  • Seperti apa pelanggan ideal anda?
  • Apa saja yang mereka minati?
  • Bisnis apa yang menarik bagi mereka?

Demikian artikel diatas membahas tentang Cara mudah bertindak iklan di instagram, rasakan peningkatan nilai bisnis anda dengan mencoba cara diatas. Semoga berhasil.