Cara Meningkatkan Branding Produk di Website

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Bagaimana cara meningkatkan branding website yang bagus dalam  strategi promosi bisnis Anda? Ada banyak cara untuk meningkatkan Branding produk di website Anda, tetapi tentu saja Anda harus memilih dengan bijak. Di zaman sekarang ini, para milenial semakin berlomba-lomba  membangun bisnis sendiri, salah satunya bisnis online. Adanya teknologi internet  memudahkan dalam melakukan berbagai aktivitas  secara online, termasuk bisnis. Pangsa pasar yang lebih besar membuatnya menarik untuk memulai perusahaan semacam itu. Namun jika hanya sekedar bergerak, jangan harap bisa membangun bisnis online yang menguntungkan.

Meningkatkan branding produk sangat penting untuk bisnis apa pun. Ini akan membuat konsumen membeli produk Anda dan membuat mereka tetap membeli produk Anda. Berikut ini cara penting yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan Branding produk di website.

2 cara untuk meningkatkan branding produk di website

  • Gunakan strategi “Share to Unlock”

Untuk membuat konten Anda viral. Ketika Anda berbicara tentang viralitas, Anda ingat Dropbox, bukan? Startup ini adalah perusahaan dengan pertumbuhan tercepat dengan nilai $1 miliar ($1 miliar) hanya dalam 8,3 tahun sejak didirikan pada tahun 2007, menjadikannya perangkat lunak atau layanan-sebagai-a- layanan Diakui sebagai perusahaan layanan melalui perangkat lunak (SaaS):

Dropbox, sekarang berkembang menjadi hampir 1 miliar pengguna, tumbuh  cepat, tetapi ingat strateginya? Ya, benar! Setiap kali Anda berbagi konten atau mengundang orang lain untuk membuat akun di Dropbox, Anda mendapatkan penyimpanan gratis sebesar gigabyte. Metode ini meningkatkan jumlah pengguna baru sebesar 60%. Maka mungkin Anda adalah salah satu orang yang berkontribusi pada pertumbuhan pesat itu.

Contoh kasus menggunakan strategi share to unlock  

Misalkan Anda memiliki toko online, Anda dapat menawarkan kupon diskon untuk pembelian berikutnya jika  pembeli ingin berbagi pengalaman belanja mereka sebelumnya. Anda dapat menambahkan pengunjung blog dengan menawarkan e-book gratis dan produk digital menarik lainnya saat pengunjung blog berbagi artikel di media sosial media.

Anda juga dapat menggunakan metode “share to unlock content”. dimana Ketika ada pengunjung website yang ingin mengakses informasi tertentu dari artikel kamu maka mereka akan “dipaksa” untuk share artikel tersebut agar informasinya terbuka, jika kamu pengguna WordPress maka metode ini sangat mudah dilakukan dengan men-download plugin dengan keyword “share to unlock content atau “like to unlock” dan sejenisnya

Ada banyak juga penyedia jasa untuk mem-viral konten kamu menggunakan share  atau referral, seperti: Referral Candy, Ambassador, Refersion, Socialwist, Friendbuy, Talkable, UpViral, Viral Loops.

Apakah strategi ini dapat digunakan di semua kategori bisnis?

Tentu bisa! Karena Teknik ini cocok digunakan untuk semua jenis kategori dan tentu saja mudah di terapkannya.

  • Buat user merasa telah berbuat baik

Dengan berbagi manfaat produk Anda. Social Currency, yang suka berbagi (share) konten yang muncul secara psikologis positif. Misalnya kamu suka berbagi postingan ilmiah, kamu suka terlihat pintar, kamu suka berbagi postingan lucu, dan kamu senang jika tidak terlihat membosankan. share postingan Anda dengan “sentuhan” itu kita ingin tampil peka dan peduli.

Jadi, jika Anda memanfaatkan psikologi ini, pastikan untuk memberikan contoh teks bersama yang akan membuat orang yang Anda bagikan merasa positif, dan hindari pernyataan promosi seperti “Beli produk ini!” Namun, “Dulu saya 1 minggu bikin website gak selesai-selesai pake (nama produk) Cuma 10x klik langsung jadi..kemana ajee..coba deh” atau misalkan “Bahagia itu Ketika pulang kerja lihat si kecil enggak megang hape tapi main (nama produk), berasa berhasil menyelamatkan masa kecilnya.” Dan sejenisnya.

Contoh kasus penerapan strategi social currency

Salah satu perusahaan media sosial, linkedin, menerapkan strategi ini pada 2012-2013, mengirimkan email  berisi pesan ucapan selamat yang menjadi persentase profil yang paling banyak dilihat di antara 200 juta penggunanya.

Manfaat menggunakan website untuk branding

Dibandingkan media promosi lainnya, website merupakan sarana promosi yang murah, efektif dan interaktif. Berikut ada beberapa manfaat membangun branding website:

  • Sarana informasi dan komunikasi

Website dapat menjadi wahana untuk berbagi informasi dan alat komunikasi dengan audiens (dalam hal ini konsumen). Fleksibilitas platform situs memudahkan untuk memasukkan berbagai informasi penting seperti contact person, nomor WhatsApp, opsi pemesanan, saluran pengaduan, dan banyak lagi.

  • Platform transaksi 24 jam

Mirip dengan e-commerce, situs web dapat menawarkan layanan transaksi 24/7. Hal ini tentunya sangat membantu dalam meningkatkan keuntungan bisnis perusahaan terutama dalam hal penjualan produk.

  • Media soft selling dan hard selling

Sebuah website bisa dikatakan sebagai media periklanan tanpa batas baik  soft selling maupun hard selling. Anda dapat menambahkan berbagai informasi menarik dan teks promosi untuk memaksimalkan penjualan untuk bisnis Anda.

  • Memudahkan konsumen untuk menghubunginya Kembali

Jika mereka puas dengan produk dan layanan yang ditawarkan  perusahaan Anda, kemungkinan mereka akan kembali. Sayangnya, tidak semua orang  mengingat detail kontak , tetapi dapat mengingat nama perusahaan dan merek. Jadi, hanya dengan memasukkan kata kunci ke mesin pencari, pelanggan ini dapat menemukan  situs web tempat mereka  membeli produk atau layanan Anda. Hal ini  memudahkan konsumen untuk menelepon kembali.

Seperti yang telah disebutkan, Anda dapat menggunakan tips dan metode untuk meningkatkan branding situs web Anda. Mulai merek situs web Anda hari ini. Semakin cepat Anda melakukannya, semakin cepat bisnis Anda dikenal  masyarakat luas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi perusahaan Anda.