Bingung Menentukan Nama Brand? Yuk, Simak Tips Berikut!

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Nama brand atau nama merek merupakan suatu hal yang terpenting dalam bisnis Anda. Hal ini karena komponen-komponen tersebut menampilkan dan mewakili perusahaan Anda secara keseluruhan. Oleh karena itu, dalam menentukan nama brand ini tidak boleh dianggap sepele.

Dalam memutuskan nama brand tentu sangat tidak mudah. Nama brand bukan hanya sekedar keren, namun akan berjalan secara terus menerus. Nama brand yang baik merupakan suatu anugerah yang dapat mewakili perusahaan secara keseluruhan karena filosofi, visi dan misinya. Identitas suatu perusahaan berakar pada nama brand dan mungkin sangat sulit untuk diidentifikasi.

Saat membuat nama brand pada produk Anda, ada berbagai tips yang harus Anda gunakan sebagai pedoman dan harus Anda terapkan. Apa saja tips-tips tersebut? yuk, simak!

Tips menentukan nama brand

  • Tidak pernah digunakan oleh orang lain

Hindari menggunakan nama brand yang telah digunakan oleh orang lain. Cari brand baru, nama brand yang tidak dipatenkan(bebas hak paten). Anda dapat dengan mudah melakukan survei dengan memvalidasi nama brand yang ingin Anda gunakan. Jangan lupa untuk memastikan bahwa nama itu tidak sedang digunakan oleh siapa pun dan tidak berhubungan dengan apa pun yang berbahaya di Google. Selanjutnya, Anda juga dapat menanyakan tentang paten di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

  • Ringkas dan natural

Nama merek yang ringkas dan natural cenderung dapat membuat merek Anda gampang diingat oleh masyarakat umum. Tak hanya itu saja, merek Anda akan tampak lebih mencolok dari yang lain. Anda juga bisa mendemonstrasikannya dengan menulis seluruh hal yang berhubungan dengan niche bisnis Anda.

  • Mudah dikatakan dan dilafalkan

Memang, hal ini merupakan suatu ciptaan bagi setiap orang dalam memberikan nama pada merek. Tapi, bukan berarti harus dilakukan secara asal-asalan. Supaya nama brand Anda memiliki dampak positif pada penjualan Anda, perlu dipertimbangkan dan dipikirkan dalam menentukan nama brand produk Anda.

Mengapa dalam menentukan nama brand sebaiknya mudah dikatakan dan mudah dilafalkan? Nah, perlu Anda ketahui bahwa semakin nama brand Anda itu mudah dikatakan, maka nama brand Anda juga akan semakin mudah diingat dan dilafalkan oleh masyarakat umum terutama para pelanggan Anda.

Hindari memakai nama yang bermakna negatif. Banyak masyarakat yang mengungkapkan bahwa nama itu merupakan doa. Makanya, apabila nama brand Anda mempunyai makna yang negatif, kemungkinan besar akan mempunyai dampak bagi bisnis Anda, misalnya bisnis Anda tidak akan memiliki perkembangan.

  • Mempunyai sejarah

Suatu nama brand yang mempunyai sejarah akan gampang dikenali dan diyakini oleh pelanggan setia Anda. Sejarah merek juga termasuk ke dalam identitas perusahaan. Sejarah merek juga dapat diungkapkan dengan nama atau logo merek.

  • Nama brand harus reflektif dengan produk

Dalam menentukan nama merek, Anda juga dapat menentukan nama yang mencerminkan produk Anda. Pada saat yang sama, hal ini juga bisa mempermudah dalam beradaptasi dengan segmen pasar.

  • Konsisten

Apabila Anda memiliki nama yang tepat, Anda harus memeriksa ulang bahwa nama tersebut tidak sedang digunakan oleh orang lain. Jika sudah terlanjur memiliki nama yang sama, Anda dapat dengan cepat merancang nama brand yang baru. Harap perhatikan bahwa nama pengguna produk Anda harus sesuai dengan nama merek yang telah Anda tentukan.

Nah, supaya bisnis Anda bisa berkembang dengan pesat, coba untuk mempertimbangkan secara matang mengenai penentuan nama brand yang tepat. Jangan ragu untuk meminta saran kepada orang terdekat Anda mengenai nama brand yang telah Anda tentukan. Dengan begitu, Anda akan memperoleh berbagai saran dan feedback dari mereka. Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai artikel diatas Anda juga bisa mengunjungi akun media sosial kami.