Bingung Mencari Keyword SEO yang Tepat? Yuk, Simak 5 Cara Berikut!

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Masih banyak yang belum memahami pentingnya menemukan kata kunci SEO yang tepat untuk website bisnis. Padahal, di era digital sekarang ini, optimasi mesin pencari yang tepat bisa mengangkat website Anda dan tampil di halaman pertama pencarian Google. Ini seperti membuka toko di jalan raya yang ramai kendaraan. Ketika situs web Anda berada di halaman pertama pencarian Google, pengunjung lebih cenderung datang ke situs tersebut. Jadi bagaimana Anda menemukan kata kunci SEO yang bagus untuk bisnis Anda? Berikut adalah 5 cara mencari keyword seo yang tepat!.

5 Cara mencari keyword seo yang tepat

1. Cara mencari keyword seo yang pertama yaitu Menentukan tujuan spesifikasi

Jika ini adalah pertama kalinya Anda melakukan pemasaran internet, Anda pasti sudah memikirkan tujuan Anda, bukan? Dan tentunya saat Anda melakukan SEO pada sebuah website, Anda memiliki satu tujuan utama yang perlu dicapai bukan?

Jadi apa tujuan utama Anda? Apakah ingin lebih banyak meningkatkan penjualan? Atau apakah Anda memiliki tujuan berbeda untuk situs web Anda? Apa pun tujuan Anda, tentu Anda harus sespesifik mungkin saat menetapkan tujuan utama Anda. Anda perlu menentukan target pasar, audiens atau semen pelanggan yang ingin Anda jangkau, seberapa cepat Anda perlu melihat hasilnya dan konten apa yang mendatangkan prospek.

2. Cara kedua yaitu Pahami jenis kata kunci atau keyword dan tentukan kata kunci yang paling banyak dicari

Jika kata kuncinya sulit, sebaiknya segera ditinggalkan. Misalnya kata kunci dengan persaingan yang kuat seperti belanja online, mesin pencari, jualan online, nonton film, dll. Biasanya kata kunci ini harus didukung oleh off-page seperti backlink PBN, media sosial dan lainnya. Nah, Anda perlu melihat persaingan kata kunci menggunakan alat premium, caranya adalah dengan melihat tingkat kesulitan kata kunci tersebut.

Untuk menentukan nilai kata kunci, Anda hanya perlu menggunakan alat gratis atau premium untuk melihat jumlah pengunjung bulanan dari kata kunci tersebut. Nah, cara ini yang saat ini paling banyak dicari di internet marketing, tapi juga terbukti ampuh. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan layanan PBN untuk meningkatkan kata kunci halaman Anda di Google.

3. Cara ketiga yaitu Amati tren

Topik yang sedang tren saat ini akan dimasukkan dalam kategori pencarian populer. Dengan mencari kata kunci berdasarkan tren yang terkait dengan industri Anda, Anda dapat melihat kata kunci terbaru. Karena topik yang sedang tren banyak diminati, konten Anda akan dengan cepat meningkatkan lalu lintas. Bagaimana Anda menemukan kata kunci yang sedang tren? Ada banyak cara, salah satunya adalah Google Trends.

4. Cara selanjutnya Analisis pesaing

Anda pastinya tidak pernah ingin berasumsi bahwa pesaing Anda baik-baik saja atau benar. Namun, Anda harus melihat apa artinya dan apa yang mereka lakukan. Apakah pesaing di sekitar Anda lebih baik dari Anda? apakah mereka menawarkan produk, layanan, atau konten yang sama? Maka mungkin saja Anda bisa belajar sesuatu dari mereka.

5. Cara mencari keyword seo yang terakhir yaitu Menempatkan diri Anda sebagai pelanggan

Menempatkan diri Anda sebagai pelanggan memudahkan Anda menemukan kata kunci yang sama dengan yang digunakan pelanggan. Meski tidak 100% sama, Anda tahu apa yang diketik pelanggan di Google saat mereka ingin mencari produk atau layanan yang Anda tawarkan. Semakin banyak Anda tahu tentang apa yang dicari audiens target Anda dan kata kunci apa yang mereka ketikan ke mesin pencari, konten Anda akan semakin sempurna. Ini tentu saja bagus untuk memobilisasi investasi dan menarik orang yang tepat.

Nah, inilah informasi yang bisa Anda dapatkan dari cara mencari keyword seo yang tepat. Anda juga perlu memahami hal ini untuk mendapatkan banyak pengunjung dari Google. Semoga berhasil.