Melakukan Email Marketing

Table of Contents

Email marketing adalah cara yang paling efektif untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan dan mengarahkan mereka menjadi pelanggan setia. Email marketing juga cara yang bersifat personal untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Tidak sembarang orang atau perusahaan mendapat suatu alamat email. Jika mendapatkan alamat email pun mereka mengirim sebuah pesan berdasarkan izin dari pengguna email yang tertuju.

Pemasaran email bekerja dengan sebaik-baiknya bila dipersonalisasi dengan lebih optimal. Email dapat disesuaikan dengan tindakan pelanggan sehingga setiap komunikasi bias relevan dengan minat mereka. Email dapat mencakup topic seperti perubahan di perusahaan, kesuksesan perusahaan, permintaan masukan atau saran dari pelanggan dan masih banyak topic lainnya yang dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan (customer engangement). Jika engangement perusahaan dengan customer meningkat, kemungkinan besar conversion rate meningkat juga.

Di sisi lain, pelanggan Anda tidak hanya menerima email dari Anda. Faktanya, sekitar 269 miliar email dikirim setiap hari. Tanpa strategi pemasaran email yang baik, pesan yang Anda kirim dapat dengan mudah dilupakan. Berikut adalah beberapa strategi pemasaran email yang dapat Anda gunakan untuk membuat kampanye pemasaran email Anda berhasil.

Manfaat Email Marketing

Pemasaran email memiliki beberapa keunggulan, tetapi masih relevan dan banyak digunakan di perusahaan. Keunggulan ini tentu mengecewakan jika tidak digunakan. Deskripsinya adalah sebagai berikut:

  • Biaya yang dikeluarkan relatif kecil, namun hasilnya maksimal.
  • Diperkirakan akan ada 4,3 miliar pengguna email diseluruh dunia pada tahun 2023.
  • Lebih dari 90% konsumen memeriksa email mereka setiap hari
  • Lebih efektif daripada media sosial
  • Mudah dijangkau konsumen di berbagai perangkat
  • 86% konsumen ingin menerima email promosi dari produk langganan mereka sebulan sekali.

Menentukan tujuan email marketing

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat menerapkan strategi email marketing adalah menentukan tujuan dari email yang Anda kirim. Tujuan umum untuk pemasaran email termasuk menyambut pelanggan dan prospek baru, meningkatkan keterlibatan konten, menarik pelanggan tidak aktif atau tidak aktif jangka panjang, atau melakukan promosi.

Membuat subjek yang menarik

Hal pertama yang dibaca pelanggan adalah subjek email. Karena itu, pastikan Anda memiliki tema yang akan menarik pelanggan Anda. Anda dapat menulis topik yang jelas dan runcing atau topik yang menarik. Namun, pastikan bahwa baris subjek sesuai dengan isi email yang Anda kirim. Topik yang tidak terkait dapat menyebabkan konsumen tidak membaca seluruh email dan akhirnya malas untuk membuka email Anda di kemudian hari. Juga, jangan membuat topik terlalu panjang. Sebaiknya subjek email Anda terdiri dari 60 karakter atau kurang sehingga pelanggan dapat membaca seluruh subjek saat membuka kotak masuk.

Strategi Email Marketing Terbaik

Berikut beberapa strategi email marketing yang bisa Anda coba untuk mengefektifkan pemasaran produk:

  1. Menyiapkan tools Email Marketing

Mengirim email pemasaran jelas berbeda dengan mengirim email pribadi melalui Gmail atau Yahoo. Pemasaran Email mencakup pembuatan iklan email yang menarik, menambahkan gambar, video, halaman arahan situs web, dan banyak lagi. Semua ini dilakukan untuk mencapai tujuan dari strategi pemasaran Anda. Untungnya, semua masalah pemasaran email ini dapat disederhanakan menggunakan platform atau alat pemasaran email.

  1. Membangun email list

Strategi email marketing selanjutnya adalah membuat daftar email. Apa itu milis? Sesuai dengan namanya, daftar email adalah daftar email dan informasi pribadi lainnya tentang target pelanggan Anda. Tujuan dari pembuatan milis ini adalah untuk mempromosikan produk atau jasa Anda kepada calon konsumen sasaran. Di , bagaimana cara mendapatkan daftar email potensial? Oleh karena itu, pantau terus chapter ini sampai selesai.

  1. Membuat Segmentasi Email List

Setelah Anda membuat daftar, jangan lupa untuk mengelompokkan daftar email Anda. Yang utama adalah. Segmentasi daftar ini merupakan upaya untuk mengurutkan daftar calon pelanggan berdasarkan kriteria tertentu. Sasaran adalah untuk mengoptimalkan kampanye email Anda dan mencapai konversi yang lebih tinggi. Oleh karena itu, alih-alih mengirim email ke semua daftar yang tidak disortir, kemungkinan besar Anda dapat mengirim email tertentu ke daftar tertentu.

 

Nah, diatas adalah penjelasan tentang memiliki Email marketing dan semoga dapat dipahami apasaja manfaat dan tujuan memiliki email marketing. Apakah kalian ingin memiliki Email Marketing tapi masih kurang paham? Tenang Anda bisa mengunjungi web kami. Semoga ini dapat membantu Anda yang memiliki Email Marketing