Pentingnya Penggunaan SEO dalam Digital Marketing

Table of Contents

SEO (Search Engine Optimization) dapat menjadi senjata yang penting dalam bersaing secara sehat di era pemasaran digital ini. Optimasi mesin pencari membantu masyarakat menemukan produk dan layanan Anda, membangun kepercayaan dengan merek, dan meningkatkan trafik pada website Anda.

Dengan mengoptimasi mesin pencari pada sebuah website, maka performa website akan semakin meningkat. Apabila performa meningkat, maka tingkat penjualan akan semakin meningkat, dan bisnis Anda akan semakin berkembang. Saat ini sudah banyak orang yang sadar pentingnya menggunakan SEO dan manfaat positif yang didapatkan, sehingga sayang untuk dilewatkan.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai apa itu SEO dan manfaatnya dalam digital marketing. Simak artikel berikut untuk penjelasan lebih lanjut.

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari search engine optimization, apabila diterjemhkan artinya adalah optimasi mesin pencari. Hal ini merujuk pada proses peningkatan kuantitas dan kualitas lalu lintas organic ke situs web.

Apabila Anda melakukan promosi melalui website, maka penting untuk menerapkan SEO agar lalu lintas organic semakin meningkat. Lalu lintas organic yang dimaksud adalah pengunjung situs web yang menemukan situs web Anda melalui pencarian manual, tanpa menggunakan iklan.

SEO dapat digunakan untuk memperluas jangkauan audiens Anda dan meningkatkan peringkat situs web Anda di mesin pencari utama. Sebagai contoh, ketika pengunjung melakukan pencarian dengan kata kunci “Tempat Gym di Malang”, maka Google akan menampilkan hasil yang relevan. Mesin akan melakukan proses crawling dan indexing untuk menemukan website berkualitas dan relevan untuk ditampilkan.

Dengan mempelajari tentang SEO, Anda kan memahami cara membuat konten untuk digital marketing yang berkualitas serta memiliki keyword yang banyak dicari oleh pengguna. Teknik SEO menjadi hal yang harus dipersiapkan dan diterapkan agar pemasaran digital sukses dijalankan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mulai mempelajari SEO yang memberikan banyak keuntungan bagi pemasaran digital Anda.

Optimasi pencarian akan lebih mudah dilakukan dengan bantuan tools SEO. Beberapa tools tersebut adalah Google Keyword Planner, Google Trend, SEMRush, dan MOZ.

Manfaatnya dalam Digital Marketing

Lantas, apa saja manfaat SEO bagi para pebisnis yang sedang melakukan digital marketing?

  1. Meningkatkan Pengunjung Website

Menerapkan SEO akan meningkatkan keterlihatan website dalam hasil pencarian. Dengan kata kunci yang disesuaikan dengan konten, maka lalu lintas web yang dihasilkan akan jauh lebih berkualitas dan relevan.

Semakin banyak lalu lintas yang didapatkan, maka kesempatan untuk konversi akan semakin besar. Apabila hal ini terjadi, maka pemasaran yang Anda lakukan melalui website akan mendatangkan keuntungan yang besar.

  1. Meningkatkan Penjualan

Berhubungan dengan jumlah pengunjung website yang semakin banyak, maka peluang meningkatkan profit semakin besar. Pengunjung website yang awalnya belum tahu tentang produk Anda, menjadi tahu, dan mencari tahu apa saja produk yang Anda miliki. Apabila sesuai kebutuhan dan membuat pengunjung tertarik, maka akan ada peluang mengubah prospek menjadi pelanggan.

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan visibilitas yang semakin meningkat di mesin pencari, produk/layanan yang Anda tawarkan akan lebih banyak dikenal. Apabila optimasi pencarian maksimal, situs website Anda akan berada di halaman pertama pencarian, sehingga semakin banyak orang yang tahu.

  1. Biaya Terjangkau

Dibandingkan dengan menggunakan iklan berbayar seperti Google Ads belajar optimasi mesin pencari akan lebih menghemat pengeluaran Anda. Memang, menggunakan iklan berbayar akan mendatangkan trafik lebih cepat daripada menerapkan SEO, namun tidak bertahan lama. Posisi yang Anda duduki di halaman pencarian pun akan lebih mudah tergeser saat masa iklan sudah selesai. Akan lebih mudah mempertahankan posisi web di peringkat atas dalam jangka waktu lama saat menggunakan SEO.

 

Setelah mengetahui manfaat optimasi mesin pencari bagi bisnis atau perusahaan Anda, tentunya akan lebih baik bila Anda langsung menerapkannya. Namun, menerapkannya membutuhkan waktu untuk mengembangkannya. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang merupakan pengguna jasa SEO untuk membantu pemasaran digital. Salah satu perusahaan tersebut adalah DIGIMA Indonesia yang berlokasi di Malang. Selain itu, kami juga menyediakan jasa manajemen konten, digital marketing, dan branding. Ingin mengetahui lebih banyak tentang SEO? Simak artikel selanjutnya!