Website Marketing: Strategi Pemasaran Mudah

Table of Contents

Website marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang tepat bagi Anda yang baru saja merintis bisnis. Situs web memiliki visual yang baik dan dapat dibangun dengan konten yang berkualitas. Hal ini dapat membedakan Anda dari pesaing bisnis serta dapat meningkatkan keuntungan Anda.

Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda untuk mengetahui cara menggunakan situs web untuk mendatangkan pelanggan. Anda tidak perlu menyiapkan perangkat yang mahal dan teknik yang rumit. Simak pembahasan tentang apa itu pemasaran melalui website, manfaatnya, dan tips optimasinya di artikel berikut ini.

Apa itu Website Marketing?

Website marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital melalui internet dengan menggunakan website untuk menjual produk, branding, atau pemberian informasi kepada pengunjung website dengan harapan mendapatkan pelanggan baru di dunia maya.

Artinya, website marketing ditujukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung website. Oleh karena itu, untuk membangun website marketing yang laris manis diperlukan desain website menarik, informatif, dan intuitif sehingga para pengunjung akan mudah mengerti dalam penggunaannya. Semakin banyak trafik yang datang ke situs web Anda berarti peluang terjualnya produk Anda semakin tinggi.

Tujuan utama dari strategi pemasaran ini adalah untuk mendapatkan peringkat teratas di halaman mesin pencarian dengan mengoptimalkan SEO, pemasaran konten, engagement media sosial, dan upaya digital dan offline lainnya. mengapa menarget peringkat teratas di mesin pencarian? Karena situs yang berada di peringkat teratas akan mendapat lebih dari 50% trafik untuk penggunaan kata kunci mereka. Sedangkan di halaman 5-20 akan mengalami penurunan tajam, dan mendapatkan kurang dari 5%.

Benefit Menggunakan Website Marketing

Setelah mengetahu apa itu pemasaran melalui website, saatnya kita membahas tentang manfaat penggunaan strategi pemasaran ini bagi bisnis Anda. Pemasaran menggunakan website akan memberikan manfaat unik yang tidak dapat Anda temukan dari strategi pemasaran offline.

  1. Hemat Biaya

Bila dibandingkan dengan strategi pemasaran offline, pemasaran menggunakan web dinilai lebih ramah di kantong. Misalnya, saat Anda menggunakan Facebook Ads untuk mengarahkan audiens ke website Anda, biayanya tiga kali lebih murah daripada iklan radio, televisi, atau cetak.

  1. Dapat Menentukan Target Audiens

Anda bisa dengan mudah menentukan target audiens yang ingin dijangkau. Anda bisa menargetkan berdasarkan demografi para pengunjung saat membuka situs web Anda. Dengan begini, peluang produk Anda tepat sasaran akan semakin meningkat.

  1. Membangun Relasi dengan Pelanggan

Meskipun pilihan media pemasaran semakin banyak, Anda tidak perlu takut tidak bisa menjangkau audiens dengan menggunakan pemasaran ini. Ketika dilakukan dengan benar, pemasaran melalui website dapat mewujudkan prospek Anda.

  1. Mudah untuk Diedit

Dunia digital memiliki perubahan yang dinamis. Begitu pula dengan pemasaran melalui website. Dengan perubahan yang terus terjadi, makan Anda perlu menyesuaikannya. Untungnya, konten yang terdapat di website dapat dengan mudah diedit untuk menyesuaikan tren.

Tips Optimasi Website Marketing

  1. Meninjau Desain Situs Web

Pastikan desain yang ditampilkan pada web Anda mewakili bisnis Anda. Buatlah struktur hierarki sederhana, ramah pengguna dan fungsional, mengandung informasi yang lengkap tentang perusahaan dan produk Anda, dan dapat diakses dengan cepat menggunakan smartphone.

  1. Mengoptimalkan SEO

Pastikan Anda merencanakan strategi SEO yang baik, dengan merencanakan strategi yang baik pada akhirnya akan berdampak pada peringkat dan trafik situs web secara organik dari mesin pencari.

  1. Mengoptimalkan Situs Web Untuk Media Sosial

Pastikan Anda mengoptimalkan situs web untuk media sosial Anda. Berikan fitur yang memudahkan para pengunjung website membagikan konten ke media sosial milik mereka. Hal ini sering kali dilupakan bagi para pebisnis yang menggunakan website untuk promosi.

Itulah pembahasan mengenai salah satu strategi pemasaran, website marketing. Pemasaran menggunakan website dinilai lebih efektif karena dapat memberikan info sebanyak-banyaknya mengenai perusahaan dan produk yang Anda tawarkan. Selain itu, kemudahan untuk mengedit konten menjadi keunggulan, karena dengan begitu sebuah konten akan selalu bisa dioptimasi dengan baik. Ingin mengetahui pembahasan mengenai strategi digital marketing lainnya? Simak blog DIGIMA selanjutnya, ya!